Pastinya Mitra Usaha Gojek sudah pernah dengar tentang JAGA, bukan?
JAGA adalah 4 langkah jitu yang dapat Anda terapkan untuk melindungi usaha Anda dari berbagai upaya penipuan yang mengatasnamakan Gojek/GoFood/GoBiz:
- J: Jangan transfer uang ke siapa pun
- A: Amankan data usaha & data pribadi, seperti kode OTP, 16 digit nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, kode PIN, dll
- G: Gunakan fitur peran pengguna di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda
- A: Adukan hal mencurigakan menu Bantuan pada aplikasi GoBiz
Pada artikel Panduan JAGA yang pertama ini, mari kita bahas pentingnya menerapkan langkah J (Jangan transfer uang ke siapa pun) bila ada oknum mencurigakan yang menghubungi Anda dengan modus berikut:
1. Transfer uang untuk pendaftaran GoFood
“Mau daftar GoFood? Kalau Anda transfer uang ke saya, saya bisa mempercepat prosesnya.”2. Transfer uang untuk aktivasi GoBiz
“Jangan khawatir, saya bisa bantu aktivasi akun GoBiz Anda biar semuanya lancar, tapi Anda harus transfer sejumlah uang dulu.”3. Deposito Merchant Wallet untuk aktivasi GoBiz
“Agar akun GoBiz Anda bisa diaktivasi, Anda harus terlebih dulu melakukan top up ke Merchant Wallet sebagai deposito.”4. Deposito untuk mengikuti promo GoFood
“Kalau mau ikutan GoFood promo, harus deposit uang dulu. nanti biaya promo akan dipotong langsung dari deposito tersebut.
Penting diingat bahwa Gojek (termasuk GoFood & GoBiz) tidak pernah memungut biaya apa pun untuk pendaftaran GoFood, aktivasi GoBiz, atau keikutsertaan promo GoFood.
Oleh karena itu, selalu waspada terhadap pihak tidak bertanggung jawab yang menghubungi Anda dan meminta transfer uang dengan mengatasnamakan Gojek/GoFood/GoBiz. Laporkan pesan dan tindak mencurigakan melalui menu Bantuan pada aplikasi GoBiz Anda.
Ayo, selalu ingat dan terapkan langkah JAGA, agar usaha Anda dapat senantiasa berjalan lancar dan #AmanBersamaGojek.