Syarat & Ketentuan

KETENTUAN UMUM
RUANG LINGKUP
MASA BERLAKU
BIAYA JASA DAN CARA PEMBAYARAN
PROMOSI
SETTLEMENT, KOREKSI DAN KLAIM
KUASA PENDEBETAN REKENING MERCHANT
MANAJEMEN KONTEN
HAK DAN KEWAJIBAN PARA PIHAK
AKUN GOBIZ
PERSYARATAN PENGGUNAAN LAYANAN OLEH MERCHANT
HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
KEAMANAN DAN PERLINDUNGAN INFORMASI
KORESPONDENSI
TINDAKAN KECURANGAN
GANTI RUGI DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB
PERNYATAAN DAN JAMINAN
FORCE MAJEURE
PENGALIHAN
PENGAKHIRAN SYARAT DAN KETENTUAN
HUKUM YANG MENGATUR DAN PENYELESAIAN SENGKETA
LAIN-LAIN

SYARAT DAN KETENTUAN GOFOOD (GOBIZ)

Syarat dan Ketentuan GoFood (GoBiz) ini mengatur hubungan antara anda ("Merchant") dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa ("AKAB"), dengan ketentuan-ketentuan sebagaimana tertera di bawah ini yang dituangkan dalam bentuk Kontrak Elektronik.

  1. a. AKAB adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang penerbitan aplikasi (piranti lunak) untuk komputer dan telepon genggam serta marketplace dengan merek dagang ‘Gojek’. Gojek menyediakan layanan jasa pemesanan dan pengantaran makanan dan minuman melalui fitur dalam aplikasinya dengan nama "GoFood".

  2. b. Gojek tidak menyediakan jasa transportasi, ataupun bertindak sebagai penyedia transportasi, kurir, penyedia jasa pos, penyedia jasa pengiriman, pemasok atau operator makanan dan minuman, operator taxi atau supir pribadi, dan tidak bertindak sebagai agen dari salah satu pihak atau badan hukum tersebut.

  3. c. Merchant adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa makanan dan/atau minuman, yang merupakan pemilik dan pengelola Restoran, yang bertindak secara independen, menjalankan bisnisnya dengan kebijakannya sendiri, yang bermaksud untuk berpartisipasi menjadi salah satu peserta dalam skema kegiatan GoFood dan memiliki akses terhadap GoBiz.

  4. d. Para Pihak sepakat untuk mengadakan kerja sama sesuai dengan syarat dan ketentuan yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan ini.

  5. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka Para Pihak setuju atas syarat dan ketentuan sebagaimana tercantum di bawah ini:

  1. 1. KETENTUAN UMUM

    Kecuali secara tegas ditentukan lain dalam Syarat dan Ketentuan, istilah-istilah yang digunakan memiliki arti sebagai berikut:

    1. a) Afiliasi adalah (i) setiap perusahaan atau badan lainnya yang memiliki kendali atas AKAB, (ii) setiap perusahaan atau badan lainnya yang mana AKAB memiliki kendali atas perusahaan atau badan lainnya tersebut atau (iii) setiap perusahaan atau badan lainnya yang berada di bawah kendali yang sama dengan AKAB.

    2. b) Aplikasi Gojek berarti aplikasi piranti lunak yang disediakan oleh AKAB dengan nama dagang ‘Gojek’ yang didalamnya terdapat fitur GoFood yang merupakan suatu sarana elektronik yang mempertemukan pengguna Aplikasi Gojek dengan barang dan jasa yang ditawarkan oleh penyedia jasa.

    3. c) Dana Settlement adalah jumlah dana Transaksi yang ditransfer ke Rekening Bank Merchant terdaftar setelah dikurangi dengan Biaya Jasa dan biaya-biaya lainnya, jika ada.

    4. d) GoBiz berarti aplikasi piranti lunak yang disediakan oleh AKAB yang merupakan suatu sarana elektronik untuk membantu Merchant mengelola Restoran yang terdaftar di dalam GoFood, termasuk namun tidak terbatas pada pengelolaan Informasi Pesanan dan Merchant Wallet.

    5. e) GoFood adalah suatu fitur dalam Aplikasi Gojek yang menyediakan layanan kepada Pelanggan untuk pemesanan Produk dari Restoran yang akan dijual oleh Merchant sesuai dengan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan, termasuk namun tidak terbatas pada pengantaran dilakukan oleh Mitra Gojek.

    6. f) GoPay adalah layanan uang elektronik yang diselenggarakan oleh PT Dompet Anak Bangsa, yang merupakan Afiliasi AKAB, yang dapat digunakan oleh Pelanggan, dan/atau Merchant, dan/atau Mitra Gojek yang telah mendaftar dan tercatat sebagai pengguna layanan GoPay.

    7. g) Hak Kekayaan Intelektual adalah:

      1. a. hak paten, merek dagang, hak cipta (termasuk hak dalam perangkat lunak), nama dagang, nama domain internet, topografi, hak desain, hak moral, hak-hak dalam data basis, rahasia dagang, cara penggunaan and informasi rahasia lainnya, ilmu pengetahuan (know-how), ciptaan, kode piranti lunak dan hak-hak kekayaan intelektual lainnya, baik terdaftar maupun tidak terdaftar, dan termasuk sedang dalam aplikasi untuk pendaftaran, dan seluruh hak atau bentuk lain dari perlindungan yang memiliki efek yang serupa dimanapun di dunia ini yang daripadanya merupakan Hak Kekayaan Intelektual;

      2. b. hak berdasarkan lisensi, persetujuan, perintah, peraturan perundang-undangan atau berdasarkan apapun sehubungan dengan poin a di atas;

      3. c. hak yang memiliki dampak atau asal yang sama atau serupa dengan poin a dan b yang saat ini atau dikemudian hari mungkin timbul; dan

      4. d. hak untuk menuntut pelanggaran yang sudah ada dari hak-hak yang disebutkan di atas.

    8. h) Hari Kerja adalah setiap hari Senin sampai dengan Jumat pada kalender masehi, kecuali hari libur resmi yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Negara Republik Indonesia.

    9. i) Informasi Pesanan adalah detil informasi terkait dengan pesanan Produk yang dipesan oleh Pelanggan, termasuk namun tidak terbatas pada nomor order, jenis dan jumlah Produk yang dipesan Pelanggan, alamat tujuan pengantaran pesanan dan nomor telepon Mitra Gojek yang melaksanakan pengambilan dan pengantaran pesanan.

    10. j) Informasi Rahasia adalah data dan/atau informasi yang:

      1. a. diberikan baik oleh AKAB kepada Merchant, ataupun oleh Merchant kepada AKAB, sehubungan dengan pelaksanaan pemberian Layanan dari AKAB kepada Merchant;

      2. b. merupakan hak milik dari, mengenai atau dibuat oleh salah satu Pihak; dan

      3. c. mengenai salah satu Pihak yang memberikan Pihak tersebut suatu manfaat bisnis atau kesempatan untuk memperoleh manfaat tersebut atau pengungkapan dari hal mana dapat merugikan kepentingan Pihak tersebut.

    11. k) Kebijakan Privasi adalah kebijakan privasi atas penggunaan Layanan yang dapat diakses pada https://www.GOJEK.com/privacy-policy/, sebagaimana diterapkan serta dapat diubah atau ditambahkan dari waktu ke waktu oleh AKAB yang merupakan bagian dan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini.

    12. l) Kontrak Elektronik adalah perjanjian Para Pihak yang dibuat melalui sistem elektronik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

    13. m) Layanan adalah jasa layanan termasuk namun tidak terbatas pada pemesanan Produk melalui GoFood oleh Pelanggan, pengelolaan pemesanan dan pembayaran yang diproses melalui GoBiz dan pengantaran Produk oleh Mitra Gojek.

    14. n) Merchant Wallet adalah salah satu fitur yang terdapat di dalam GoBiz dimana seluruh pembayaran Transaksi akan tercatat didalamnya dan Merchant dapat melakukan Settlement atas saldo yang dimilikinya.

    15. o) Mitra Gojek adalah pihak yang melaksanakan pengantaran Produk yang dipesan Pelanggan melalui fitur GoFood di dalam Aplikasi Gojek atau melalui Situs.

    16. p) Para Pihak adalah AKAB dan Merchant secara bersama-sama.

    17. q) Pelanggan adalah pengguna terdaftar yang menggunakan Aplikasi Gojek atau Situs.

    18. r) Perangkat adalah telepon genggam, alat, mesin dan/atau perangkat lainnya yang disediakan oleh AKAB dan/atau Afiliasi AKAB yang digunakan untuk Transaksi untuk mendukung Layanan sebagaimana penyediannya akan disepakati bersama oleh Para Pihak.

    19. s) Pihakadalah AKAB dan Merchant secara sendiri-sendiri.

    20. t) Produk adalah makanan dan/atau minuman yang dijual oleh Merchant di Restoran dan dibeli oleh Pelanggan melalui fitur GoFood melalui Aplikasi Gojek maupun Situs.

    21. u) Rekening Bank Merchant adalah rekening bank yang ditentukan oleh Merchant untuk penerimaan Dana Settlement sebagaimana diinformasikan kepada AKAB dan/atau Afiliasinya.

    22. v) Restoran adalah restoran yang dimiliki, dikelola dan didaftarkan oleh Merchant untuk mendapatkan Layanan sebagaimana dapat diubah dan ditambah dari waktu ke waktu berdasarkan kesepakatan Para Pihak.

    23. w) Settlement adalah proses pengkreditan dana hasil pembayaran Transaksi yang telah dikurangi Biaya Jasa dan biaya-biaya lainnya (jika ada) yang diproses melalui GoBiz ke Rekening Bank Merchant, baik berdasarkan perintah dari Merchant atau yang secara otomatis dilakukan secara terjadwal sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini dan SOP.

    24. x) Situs adalah setiap situs yang dioperasikan oleh AKAB dan/atau Afiliasinya dari waktu ke waktu.

    25. y) SOP adalah prosedur operasi standar penggunaan Layanan yang dapat diakses di https://www.gojek.com/gobiz/sop/, sebagaimana dapat diubah atau ditambahkan dari waktu ke waktu melalui pemberitahuan kepada Merchant.

    26. z) Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan GoFood (GoBiz) ini beserta seluruh bagian-bagian dan lampiran-lampirannya sebagaimana diubah dan/atau ditambah dari waktu ke waktu.

    27. aa) Syarat dan Ketentuan GoPay adalah Syarat dan Ketentuan Pemberian Layanan GoPay yang wajib disetujui oleh Merchant untuk pengaktivasian fitur Merchant Wallet yang terdapat di dalam GoBiz.

    28. bb) Transaksi adalah kegiatan pemesanan dan pembayaran Produk yang dipesan melalui GoFood dan/atau kegiatan pembelian dan pembayaran Produk dari Merchant yang dilakukan oleh Pelanggan yang diproses melalui GoBiz.

  2. 2. RUANG LINGKUP

    1. 2.1 Para Pihak sepakat untuk melakukan kerjasama pengadaan Layanan di seluruh Restoran yang dimiliki, dikelola dan didaftarkan oleh Merchant.

    2. 2.2 Apabila fitur GoBiz telah diaktivasi, Merchant akan memberikan rencana pengaktivasian GoBiz untuk seluruh Restoran kepada AKAB.

  3. 3. MASA BERLAKU

    1. 3.1 Para Pihak sepakat untuk melakukan kerjasama pengadaan Layanan di seluruh Restoran dimulai sejak tanggal disetujuinya Syarat dan Ketentuan ini dan berlangsung untuk periode 1 (satu) tahun ("Masa Berlaku").

    2. 3.2 Masa Berlaku akan diperpanjang secara otomatis untuk jangka waktu 1 (satu) tahun dan demikian seterusnya, kecuali jika salah satu Pihak menyampaikan pemberitahuan tertulis untuk tidak memperpanjang Masa Berlaku paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender sebelum habisnya Masa Berlaku.

  4. 4. BIAYA JASA DAN CARA PEMBAYARAN

    1. 4.1 Atas Layanan yang diberikan oleh AKAB, Para Pihak sepakat bahwa AKAB memiliki hak untuk mendapatkan biaya jasa sebesar 20% (dua puluh persen) dari setiap Transaksi pembelian Produk yang dipesan oleh Pelanggan termasuk biaya lainnya yang dikenakan oleh Merchant, jika ada ("20% (dua puluh persen)").

    2. 3.2 Masa Berlaku akan diperpanjang secara otomatis untuk jangka waktu 1 (satu) tahun dan demikian seterusnya, kecuali jika salah satu Pihak menyampaikan pemberitahuan tertulis untuk tidak memperpanjang Masa Berlaku paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender sebelum habisnya Masa Berlaku.

    3. 4.2 Penghitungan Biaya Jasa akan dihitung berdasarkan Transaksi yang tercatat pada sistem GoBiz yang terdiri dari jumlah harga Produk yang dipesan oleh Pelanggan tidak termasuk Pajak Restoran (PB1) dan service charge, jika ada ("Penjualan Bersih"). Biaya Jasa sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku. Apabila Merchant menerapkan Pajak Restoran (PB1) dan service charge, Merchant wajib menginformasikan terlebih dahulu kepada AKAB besaran persentase yang diterapkan.

    4. 4.3 Pemotongan Biaya Jasa akan dilakukan dari harga Penjualan Bersih Produk.

    5. 4.4 Biaya Jasa akan didapatkan oleh AKAB dengan melakukan pemotongan dari Merchant Wallet atas setiap pembayaran Transaksi yang diterima oleh Merchant dan AKAB dapat menunjuk Afiliasinya untuk melakukan pemotongan Biaya Jasa dari Merchant Wallet.

    6. 4.5 Kecuali ditentukan lain dalam Syarat dan Ketentuan ini, semua jenis pajak, biaya ataupun pungutan lainnya, baik yang ada saat ini maupun yang ada dikemudian hari, yang wajib dibayarkan ke pemerintah yang berkaitan dengan Transaksi berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, wajib ditanggung oleh masing-masing Pihak sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

    7. 4.6 Jika diperlukan, Para Pihak setuju untuk saling memberikan dokumen yang berkaitan dengan pembayaran pajak sehubungan Syarat dan Ketentuan ini.

  5. 5. PROMOSI

    1. 5.1 Untuk mendukung penyediaan layanan GoFood dan/atau GoBiz, Merchant setuju untuk melakukan pemasaran sebagaimana disepakati dengan AKAB.

    2. 5.2 Setiap materi promosi dan/atau pemasaran yang dibuat dan akan ditampilkan oleh Merchant terkait GoFood dan/atau GoBiz harus mematuhi pedoman pemasaran sebagaimana terdapat di SOP.

    3. 5.3 Setiap kegiatan promosi dan/atau pemasaran yang dilakukan oleh Merchant melalui GoBiz harus mematuhi syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh AKAB serta pedoman pemasaran sebagaimana terdapat dalam SOP.

  6. 6. SETTLEMENT, KOREKSI DAN KLAIM

    1. 6.1 Ketentuan mengenai Settlement, laporan dan rekonsiliasi akan diatur lebih lanjut dalam SOP sebagaimana disampaikan dan dapat diubah dari waktu ke waktu oleh AKAB.

    2. 6.2 Dalam hal AKAB menganggap ada kesalahan dalam Transaksi, AKAB dapat sewaktu-waktu melakukan koreksi atas kesalahan Transaksi tersebut, termasuk namun tidak terbatas dengan melakukan pendebetan dan/atau pengkreditan Merchant Wallet. AKAB akan memberitahukan Merchant secara tertulis mengenai koreksi tersebut.

    3. 6.3 Ketentuan mengenai koreksi dan klaim akan diatur lebih lanjut dalam SOP sebagaimana disampaikan dan dapat dibuah dari waktu ke waktu oleh AKAB.

  7. 7. KUASA PENDEBETAN REKENING MERCHANT

    1. 7.1 Merchant dengan ini memberi kuasa kepada AKAB dan/atau Afiliasinya untuk mendebet atau mengkredit Merchant Wallet sebagaimana dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan ini, Syarat dan Ketentuan GoPay dan SOP yang berlaku, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Merchant dan menggunakan dana hasil pendebetan atau pemotongan tersebut untuk pemenuhan kewajiban Merchant kepada AKAB.

    2. 7.2 Kuasa yang diberikan oleh Merchant sebagaimana dimaksud di atas tidak akan berakhir oleh sebab apapun termasuk alasan-alasan sebagaiman dimaksud dalam Pasal 1813, 1814, 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata selama Merchant masih memiliki kewajiban terhadap AKAB.

  8. 8. MANAJEMEN KONTEN

    1. 8.1 AKAB dengan ini memberikan Merchant hak untuk mengunggah dan/atau mengubah data dan/atau informasi mengenai Restoran, termasuk namun tidak terbatas pada menu, alamat, jam operasional, nomor telepon, yang ditampilkan dalam sistem Aplikasi Gojek, GoFood, GoBiz, ataupun AKAB dan/atau Afiliasinya sesuai dengan pedoman manajemen konten sebagaimana diatur dalam SOP yang dapat diperbaharui dari waktu ke waktu oleh AKAB.

    2. 8.2 Merchant bertanggung jawab secara penuh atas seluruh konten atau substansi yang diunggahnya dan laporan atau pengaduan mengenai konten yang diunggah oleh Merchant tersebut.

    3. 8.3 Dalam hal Merchant melakukan pelanggaran atas ketentuan manajemen konten sebagaimana diatur pada Pasal ini, maka AKAB berhak untuk:

      1. a. Melakukan tindakan penghapusan dan/atau pemblokiran terhadap konten yang dilarang;

      2. b. Menghentikan Layanan dengan menutup akses Restoran pada fitur GoFood dalam Aplikasi Gojek; atau

      3. c. Dengan segera mengakhiri Syarat dan Ketentuan secara sepihak, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Merchant.

  9. 9. HAK DAN KEWAJIBAN PARA PIHAK

    1. 9.1 Hak dan Kewajiban AKAB

      1. a. Mendapatkan dan akan menampilkan informasi mengenai Restoran, termasuk namun tidak terbatas pada menu, alamat, jam operasional, nomor telepon, yang diberikan oleh Merchant dan dapat di perbaharui dari waktu ke waktu pada fitur GoFood sehingga memudahkan Pelanggan mendapatkan informasi mengenai Restoran secara lengkap dan melakukan pemesan Produk dari Restoran.

      2. b. Dalam hal Mitra Gojek melakukan pengantan Produk yang disediakan oleh Restoran kepada Pelanggan, maka AKAB berkewajiban untuk memastikan bahwa Mitra Gojek yang bersangkutan akan bertanggung jawab atas semua kewajiban yang mungkin timbul dari kerusakan kemasan Produk yang terjadi pada saat pengantaran dari gerai Restoran kepada Pelanggan, maupun setiap kerugian yang timbul dari pemrosesan pesanan Produk yang salah atau ganda atas Produk.

      3. c. Mendapatkan Biaya Jasa atas pemberian Layanan kepada Merchant.

      4. d. AKAB berhak untuk menahan, menangguhkan, menolak pembayaran dan/atau memotong bagian dari Dana Settlement, termasuk namun tidak terbatas jika terdapat kesalahan yang dilakukan oleh Merchant yang menimbulkan kerugian terhadap AKAB dan/atau pelanggaran oleh Merchant terhadap ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini.

      5. e. Menambahkan dan/atau mengurangi fitur-fitur yang terdapat didalam GoFood dan/atau GoBiz dari waktu ke waktu untuk meningkatkan kualitas pelayanan GoFood dan/atau GoBiz.

      6. f. Menggunakan Hak Kekayaan Intelektual milik Merchant yang dapat digunakan AKAB dan/atau Afiliasinya terkait dengan tampilan pada GoFood dan/atau GoBiz atau untuk tujuan pemasaran sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini.

      7. g. Menempatkan materi pemasaran GoFood dan GoBiz di Restoran.

      8. h. Menyediakan SOP untuk kebutuhan operasional yang dapat diubah atau ditambahkan dari waktu ke waktu sebagaimana disampaikan kepada Merchant.

      9. i. Menyediakan layanan Merchant Call Unit (MCU) untuk melayani pertanyaan Merchant terkait penggunaan GoFood dan/atau GoBiz.

      10. j. Hak dan kewajiban lain yang dinyatakan di dalam SOP yang merupakan satu kesatuan dari Syarat dan Ketentuan ini

    2. 9.2 Hak dan kewajiban Merchant:

      1. a. Memberikan informasi mengenai Restoran, termasuk namun tidak terbatas pada menu, alamat, jam operasional, nomor telepon kepada AKAB untuk memudahkan Pelanggan dalam melakukan pemesanan Produk maupun informasi mengenai ketersediaan Produk pada setiap gerai Restorannya, kepada AKAB. Merchant mempunyai kewajiban untuk memastikan bahwa setiap informasi yang diberikan merupakan informasi yang terkini dan akurat dan dalam halnya ada perubahan informasi, Merchant berjanji untuk menginformasikan kepada AKAB atas perubahan tersebut selambat-lambatnya 2 (dua) hari kalender sebelum berlakunya perubahan tersebut. Merchant berjanji bahwa ia mempunyai setiap hak yang diperlukan untuk memberikan informasi yang diberikannya kepada AKAB.

      2. b. Memastikan bahwa setiap Produk yang dipesan oleh Pelanggan melalui Layanan adalah Produk dengan kualitas dan kebersihan yang tinggi dan dalam keadaan yang layak dikonsumsi oleh Pelanggan. Sehubungan dengan kewajiban ini, Merchant dengan ini menyatakan bahwa ia bertanggung jawab atas semua kewajiban yang mungkin timbul dari atau sehubungan dengan konsumsi makanan dan minuman oleh Pelanggan yang dipesan dari Restoran, apabila dapat dibuktikan bahwa makanan atau minuman yang diberikan oleh Merchant (atau karyawan dan agennya) itidak dalam standar kualitas yang mencukupi.

      3. c. Mengirimkan pemberitahuan kepada AKAB dikala adanya perubahan terhadap informasi Restoran yang dikelolanya.

      4. d. Memastikan bahwa setiap informasi yang diterima dari AKAB atas Pelanggan hanya digunakan untuk keperluan penyelesaian Transaksi berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dan tidak dipergunakan untuk tujuan lain.

      5. e. Memastikan bahwa Restoran yang dikelolanya telah siap untuk menjalankan GoFood dan/atau GoBiz.

      6. f. Merchant wajib untuk melaporkan kepada AKAB apabila terdapat indikasi penyalahgunaan GoFood dan/atau GoBiz.

      7. g. Menerima edukasi terkait penggunaan GoFood dan/atau GoBiz.

      8. h. Dalam hal AKAB dan/atau Afiliasinya menyediakan Perangkat kepada Merchant sehubungan dengan Layanan yang diberikan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, Merchant bertanggungjawab atas Perangkat tersebut dan wajib untuk mengembalikan Perangkat kepada AKAB dan/atau Afiliasinya setelah pengakhiran Layanan dalam kondisi yang baik. Dalam hal Perangkat rusak dan/atau hilang, AKAB dan/atau Afiliasinya berhak untuk memotong harga Perangkat dari Merchant Wallet.

      9. i. Merchant wajib mematuhi ketentuan mengenai pelaksanaan dan prosedur yang berkaitan dengan layanan GoFood dan GoBiz, baik yang tercantum di dalam Syarat dan Ketentuan ini maupun dokumen-dokumen pendukung lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada SOP yang dapat disampaikan oleh AKAB dari waktu ke waktu.

      10. j. Merchant dilarang mencantumkan besaran Biaya Jasa ke dalam bukti/kwitansi/bon (baik dalam bentuk fisik maupun elektronik) yang dikeluarkan Merchant yang akan diterima oleh Pelanggan sebagai bukti pembelian Produk melalui GoFood.

      11. k. Menjaga kerahasiaan Informasi Rahasia dan sepakat untuk tidak memberitahukan dan/atau memberikan Informasi Rahasia, baik sebagian ataupun seluruhnya, kepada pihak ketiga manapun juga. Untuk menghindari keraguan, ketentuan kerahasiaan sebagaimana diatur dalam Ayat ini akan berlaku dan mengikat sejak Syarat dan Ketentuan ini berlaku efektif dan akan tetap bertahan dan berlaku sampai dengan 5 (lima) tahun setelah Syarat dan Ketentuan ini berakhir.

    3. 9.3 Hak dan kewajiban bersama Para Pihak:

      1. a. Menerima informasi secara lengkap dan jelas jika terjadi kendala dan/atau masalah pada sistem yang dimiliki oleh ParaPihak.

      2. b. Melaksanakan kewajiban-kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

      3. c. Menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

      4. d. Menjaga nama baik, reputasi dan citra masing-masing Pihak.

  10. 10. AKUN GOBIZ

    1. 10.1 Apabila Layanan GoBiz sudah diaktivasi, segera setelah Merchant melakukan pendaftaran dan setelah diverifikasi oleh AKAB, Merchant akan dibuatkan akun GoBiz pribadi ("Akun GoBiz"), yang dapat digunakan untuk akses dan/atau penggunaan GoBiz beserta seluruh fitur lain yang tersedia didalamnya. Akun GoBiz hanya dapat digunakan oleh Merchant dan tidak bisa dialihkan kepada orang lain dengan alasan apapun. AKAB berhak menolak untuk memberikan Layanan maupun akses dan/atau penggunaan GoBiz dalam hal AKAB mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Merchant telah mengalihkan atau membiarkan Akun GoBiz digunakan oleh orang lain.

    2. 10.2 Keamanan dan kerahasiaan Akun GoBiz, termasuk namun tidak terbatas pada nama terdaftar, alamat surat elektronik terdaftar dan nomor telepon genggam terdaftar, serta kode verifikasi yang dihasilkan dan dikirim oleh sistem AKAB sepenuhnya merupakan tanggung jawab Merchant. Semua kerugian dan risiko yang ada akibat kesalahan dan/atau kelalaian Merchant menjaga keamanan dan kerahasiaan sebagaimana disebutkan dalam ayat ini akan ditanggung oleh Merchant. Dalam hal demikian, AKAB akan menganggap setiap penggunaan Layanan maupun akses dan/atau penggunaan GoBiz yang dilakukan melalui Akun GoBiz sebagai permintaan yang sah dari Merchant.

    3. 10.3 Merchant bertanggung jawab sepenuhnya kepada AKAB atas kebenaran setiap penggunaan Layanan maupun akses dan/atau penggunaan GoBiz yang dilakukan melalui Akun GoBiz dan Merchant dengan ini membebaskan AKAB dari segala klaim/gugatan dan tuntutan hukum dalam bentuk apapun dan dari pihak manapun sehubungan dengan setiap penggunaan Layanan maupun akses dan/atau penggunaan GoBiz yang dilakukan melalui Akun GoBiz tersebut.

    4. 10.4 Merchant wajib untuk memberitahukan AKAB dalam hal Merchant mengetahui atau menduga bahwa Akun GoBiz telah disalahgunakan dan/atau digunakan tanpa sepengetahuan dan persetujuan Merchant. AKAB akan melakukan tindakan yang dianggap perlu dan dapat AKAB lakukan terhadap penggunaan tanpa persetujuan tersebut.

    5. 10.5 AKAB memiliki hak untuk menolak atau memblokir akses Merchant ke Akun GoBiz, dan/atau memblokir fitur yang tersedia di dalam GoBiz apabila, diantaranya: (a) berdasarkan pertimbangan dan kebijakan AKAB, Merchant telah melanggar ketentuan Syarat dan Ketentuan ini atau SOP terkait, dan/atau (b) Merchant sedang berada dalam investigasi atas dugaan Tindakan Kecurangan sebagaimana diuraikan dalam Pasal 15, dan/atau (c) Merchant memiliki kewajiban pembayaran kepada AKAB yang belum dilunasi, dan/atau (d) berakhirnya Syarat dan Ketentuan ini.

  11. 11. PERSYARATAN PENGGUNAAN LAYANAN OLEH MERCHANT

    1. 11.1 Layanan hanya dapat diberikan kepada Merchant yang telah menyetujui Syarat dan Ketentuan ini beserta Syarat dan Ketentuan GoPay.

    2. 11.2 Sebagai bagian dari proses pendaftaran sebagai Merchant, Merchant setuju untuk memenuhi persyaratan administrasi yang diperlukan untuk menggunakan Layanan sebagaimana diatur berdasdarkan Syarat dan Ketentuan GoPay.

    3. 11.3 AKAB dan Afiliasinya memiliki diskresi untuk tidak melanjutkan proses pendaftaran Merchant atau memberhentikan Layanan kepada Merchant karena alasan-alasan tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada:

      1. a. Merchant pernah dan/atau sedang terlibat dalam tindakan kriminal atau tindakan melanggar norma hukum, sosial, agama dan moral;

      2. b. Merchant pernah dan/atau sedang terlibat dalam kelompok atau organisasi terlarang;

      3. c. Merchant pernah dan/atau sedang masuk ke dalam daftar hitam AKAB dan Afiliasinya, Bank Indonesia dan Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI);

      4. d. Merchant melakukan dan/atau melakukan percobaan tindakan penipuan (fraud);

      5. e. Merchant melakukan dan/atau melakukan percobaan kerjasama dengan pelaku kejahatan (fraudster);

      6. f. Merchant mengenakan biaya tambahan atas pembayaran Transaksi oleh Pelanggan; dan/atau

      7. g. Merchant melakukan penyalahgunaan data dan/atau informasi Pelanggan.

    4. 11.4 Selain yang telah ditentukan dalam SOP, Merchant wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis dan memberikan salinan dokumen sebagai bukti kepada AKAB apabila terdapat:

      1. a. perubahan jenis usaha dan/atau jenis barang atau jasa yang ditawarkan oleh Merchant serta dalam hal terjadi perubahan dalam susunan kepemilikan, Direksi atau penanggung jawab dalam waktu 5 (lima) Hari Kerja setelah perubahan tersebut dilakukan; dan

      2. b. perubahan Rekening Bank Merchant yang terdaftar dalam waktu 10 (sepuluh) Hari Kerja sebelum perubahan tersebut dilakukan

  12. 12. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

    1. 12.1 Para Pihak mengakui dan menjamin bahwa seluruh data-data yang diberikan kepada masing-masing Pihak memiliki Hak Kekayaan Intelektual yang melekat pada masing-masing Pihak dan Para Pihak hanya menggunakannya untuk pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini. Para Pihak tidak akan menggunakan data-data tersebut untuk kepentingan lain, kecuali apabila mendapat persetujuan tertulis dari Pihak yang memiliki Hak Kekayaan Intelektual yang bersangkutan. Hal ini sebagai bentuk itikad baik Para Pihak dalam menjaga dan turut melindungi Hak Kekayaan Intelektual milik Pihak terkait. Pelanggaran atas Pasal ini akan diproses sesuai hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia baik secara perdata maupun pidana.

    2. 12.2 Syarat dan Ketentuan ini tidak akan dianggap sebagai pengalihan atau transfer dari setiap Hak Kekayaan Intelektual yang dimiliki masing-masing Pihak kepada Pihak lainnya.

    3. 12.3 Merchant dengan ini setuju untuk menjamin dan membebaskan AKAB dari dan terhadap setiap klaim, biaya, tuntutan, kerugian, pertanggungjawaban, kehilangan, ongkos, dan pertanggungjawaban yang timbul atau diajukan oleh pemegang lisensi atau pemegang hak lainnya atas merek dagang yang digunakan Merchant dan ditampilkan pada Aplikasi Gojek, GoFood dan/atau GoBiz.

    4. 12.4 Ketentuan dalam Pasal ini akan terus berlaku kepada Para Pihak baik setelah berakhirnya Syarat dan Ketentuan ini.

  13. 13. KEAMANAN DAN PERLINDUNGAN INFORMASI

    1. 13.1 Kecuali diatur lain secara tegas dalam Syarat dan Ketentuan ini, setiap pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, penggunaan dan pembagian data dan/atau informasi pribadi dan sensitif Merchant ("Data Merchant""), termasuk namun tidak terbatas pada nama, alamat, tanggal lahir, pekerjaan, nomor telepon seluler, nomor fax, alamat surat elektronik, nomor rekening dan rincian kartu kredit, gender, identitas (termasuk KTP, SIM, atau paspor) atau identitas lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah, yang diberikan oleh Merchant, akan tunduk pada Kebijakan Privasi.

    2. 13.2 Tanpa membatasi Pasal 16 yang berlaku umum, sejauh dimungkinkan berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Merchant setuju untuk melepaskan AKAB dari klaim apapun yang timbul sehubungan dengan virus, kerusakan, gangguan, atau bentuk lain dari gangguan sistem, termasuk akses tanpa otorisasi oleh pihak ketiga yang tidak berwenang. Merchant wajib untuk memberitahukan AKAB sesegera mungkin apabila Merchant mengalami gangguan sistem apapun sebagaimana disebutkan di atas sehingga AKAB dapat berusaha memperbaiki gangguan tersebut.

    3. 13.3 Merchant menjamin bahwa Merchant tidak akan melakukan hal-hal sebagai berikut:

      1. a. Menghapus setiap pemberitahuan hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam Aplikasi Gojek, GoFood, GoBiz ataupun AKAB dan/atau Afiliasinya;

      2. b. Menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, memberikan lisensi, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum baik sebagian maupun seluruhnya, merekayasa balik (reverse engineering), mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi Aplikasi Gojek, GoFood, GoBiz ataupun AKAB dan/atau Afiliasinya;

      3. c. Memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak lain Aplikasi Gojek, GoFood, GoBiz ataupun AKAB dan/atau Afiliasinya dan/atau perangkat lunak dengan cara menciptakan tautan (link) internet ke Aplikasi Gojek, GoFood, GoBiz ataupun AKAB dan/atau Afiliasinya atau "frame" atau "mirror" setiap perangkat lunak pada server lain atau perangkat nirkabel atau yang berbasis internet;

      4. d. Meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, web spiders, web crawlers, web robots, web ants, web indexers, bots, virus atau worm, atau segala program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja Aplikasi Gojek, GoFood, GoBiz ataupun AKAB dan/atau Afiliasinya;

      5. e. Menggunakan aplikasi pencarian atau pengambilan kembali situs, perangkat manual atau otomatis lainnya untuk mengambil (scraping), indeks (indexing), survei (surveying), tambang data (data mining), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Aplikasi Gojek, GoFood, GoBiz ataupun AKAB dan/atau Afiliasinya, atau isinya;

      6. f. Menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi lain yang AKAB miliki tanpa persetujuan tegas terlebih dahulu dari AKAB atau pemilik hak yang melisensikan hak-nya kepada AKAB;

      7. g. Menggunakan dan/atau mengakses secara tidak resmi Aplikasi Gojek, GoFood dan/atau GoBiz untuk (a) merusak, melemahkan atau membahayakan setiap aspek dari Aplikasi Gojek, GoFood, GoBiz dan/atau sistem dan jaringan terkait, dan/atau (b) membuat produk atau layanan tandingan serupa menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafik menyerupai Aplikasi Gojek, GoFood dan/atau GoBiz;

      8. h. Melakukan hal-hal yang mengakibatkan kerusakan terhadap sistem Aplikasi Gojek, GoFood, GoBiz, ataupun AKAB dan/atau Afiliasinya dengan sengaja; atau

      9. i. Melakukan hal-hal yang bertujuan untuk mencuri data Aplikasi Gojek, GoFood, GoBiz, ataupun AKAB dan/atau Afiliasinya dan/atau Pelanggan.

    4. 12.4 Ketentuan dalam Pasal ini akan terus berlaku kepada Para Pihak baik setelah berakhirnya Syarat dan Ketentuan ini.

  14. 14. KORESPONDENSI

    1. 14.1 Semua pemberitahuan atau komunikasi lainnya antara Para Pihak sehubungan dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini, akan dilakukan secara tertulis dalam Bahasa Indonesia dan akan dianggap dikirimkan secara sah apabila dialamatkan kepada dan dikirimkan melalui surat tercatat, kurir, atau e-mail (diikuti dengan dokumen hard copy) sesuai dengan data yang tercatat dalam database AKAB.

    2. 14.2 Dalam membuktikan bahwa suatu pemberitahuan atau komunikasi lainnya telah dikirimkan dari suatu Pihak ke Pihak lain, Pihak pengirim cukup menunjukkan bahwa:

      1. a. dalam hal pengiriman dilakukan melalui kurir, bahwa pemberitahuan atau komunikasi lainnya telah dikirimkan dengan sah, dengan dibuktikan dengan adanya tanda terima dari Pihak lainnya;

      2. b. dalam hal pengiriman dilakukan melalui surat tercatat, Hari Kerja ke-5 (lima) setelah hari dimana surat tercatat tersebut dikirimkan.

      3. c. dalam hal pengiriman dilakukan melalui e-mail, 2 (dua) jam setelah e-mail dikirimkan (sebagaimana yang dicatat oleh perangkat yang dipakai oleh pengirim e-mail), kecuali pengirim menerima pesan otomatis bahwa e-mail tidak terkirim.

    3. 14.3 Perubahan data di atas atau alamat korespondensi hanya berlaku apabila diberitahukan oleh satu Pihak kepada Pihak lainnya dengan cara tersebut di atas, dan berlaku bila dilakukan dalam waktu 5 (lima) Hari Kerja sebelum perubahan tersebut, dan sebelum hal demikian dilakukan maka pengiriman kepada alamat yang terakhir diketahui oleh Pihak yang mengirim dianggap sebagai alamat korespondensi yang sah.

  15. 15. TINDAKAN KECURANGAN

    1. 15.1 "Tindakan Kecurangan" adalah adanya indikasi dan/atau terbukti terjadinya salah satu dari hal-hal berikut ini:

      1. a. transaksi mencurigakan pada Merchant Wallet; dan/atau

      2. b. penyalahgunaan (abuse) dan/atau transaksi fiktif, baik yang dilakukan oleh Merchant dan/atau karyawannya atau dengan bekerja sama dengan penipu (fraudster); dan/atau

      3. c. penipuan (fraud) yang dilakukan oleh Merchant dan/atau karyawannya.

    2. 15.2 Adanya indikasi dan/atau terbukti terjadinya Tindakan Kecurangan, memberikan hak bagi AKAB, berdasarkan pertimbangan dan kebijakannya sendiri, untuk seketika dan secara langsung:

      1. a. tidak melanjutkan proses pendaftaran Merchant;

      2. b. menghentikan setiap kegiatan promosi dan/atau pemasaran dengan Merchant;

      3. c. menghentikan sementara Layanan yang diberikan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini kepada Merchant;

      4. d. menahan dan/atau menangguhkan Dana Settlement;

      5. e. menolak pembayaran dan/atau memotong bagian dari Dana Settlement sebagai pemulihan atas kerugian yang dialami oleh AKAB dan/atau pihak ketiga lainnya; dan/atau

      6. f. mengajukan klaim, gugatan dan/atau tuntutan hukum dalam bentuk apapun atas setiap kerugian yang dialami oleh AKAB.

    3. 15.3 AKAB dapat meminta Merchant untuk menyerahkan bukti pendukung sebagai bagian dari proses banding Merchant terhadap pelaksanaan dari hak-hak AKAB tersebut, dimana bukti pendukung tersebut harus diserahkan oleh Merchant paling lambat 7 (tujuh) hari kalender setelah diwajibkan oleh AKAB. AKAB akan menilai bukti pendukung dan semata-mata atas kebijakannya sendiri memutuskan untuk melakukan Settlement atau terus menggunakan haknya sebagaimana disebutkan dalam Ayat (2) pasal ini.

  16. 16. GANTI RUGI DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB

    1. 16.1 Merchant dengan ini setuju untuk mengganti kerugian dan membebaskan AKAB dari setiap dan seluruh klaim, kewajiban, atau tuntuan kerugian terhadap, atau diancam untuk dibawa terhadap AKAB, oleh pihak manapun, sehubungan dengan: (a) tindakan penipuan, kriminal atau tindakan tidak sah yang dilakukan Merchant atau karyawannya; (b) setiap akses pihak ketiga yang tidak sah atau ilegal terhadap Informasi Rahasia yang diakibatkan oleh kesalahan dan/atau kelalaian Merchant; (c) setiap tindakan kelalaian atau kesalahan oleh Merchant atau karyawannya; (d) setiap pelanggaran atas ketentuan manajemen konten yang disebabkan oleh tindakan kelalaian atau kesalahan dari Merchant atau karyawannya; dan (e) setiap hal sehubungan dengan Produk dan/atau layanan Merchant kepada Pelanggan.

    2. 16.2 AKAB dengan ini setuju untuk mengganti kerugian dan membebaskan Merchant dari setiap dan seluruh klaim, kewajiban, atau tuntuan kerugian terhadap, atau diancam untuk dibawa terhadap Merchant, oleh pihak manapun, sehubungan dengan: (a) tindakan penipuan, kriminal atau tindakan tidak sah yang dilakukan AKAB atau karyawannya; (b) setiap akses pihak ketiga yang tidak sah atau ilegal terhadap Informasi Rahasia yang diakibatkan oleh kesalahan dan/atau kelalaian AKAB; (c) setiap tindakan kelalaian atau kesalahan oleh AKAB atau karyawannya; dan (d) setiap hal sehubungan dengan Produk dan/atau layanan AKAB kepada Pelanggan.

    3. 16.3 Kewajiban AKAB atas setiap klaim yang diajukan sehubungan dengan jasa yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak akan melebihi jumlah yang setara dengan keseluruhan Biaya Jasa yang dibayarkan oleh Merchant kepada AKAB sehubungan dengan pemberian Layanan dalam periode 1 (satu) bulan sebelum terjadinya pelanggaran.

    4. 16.4 AKAB tidak akan bertanggungjawab atas segala bentuk kerugian tidak langsung, kerugian insidental, kerugian dalam bentuk hilangnya peluang, pendapatan, keuntungan, gangguan usaha, atau biaya asuransi.

  17. 17. PERNYATAAN DAN JAMINAN

    Masing-masing Pihak menyatakan dan menjamin hal-hal sebagai berikut:

    1. a. Masing-masing Pihak (i) jika orang perorangan: ia adalah orang perorangan: ia adalah orang perorangan yang berwenang untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia dan tidak sedang dalam pengampuan; atau (ii) jika badan hokum: ia adalah badan hukum yang didirikan berdasarkan hukum dan peraturan perundang- undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia;

    2. b. Masing-masing Pihak memiliki kewenangan yang sah secara hukum untuk menyetujui Syarat dan Ketentuan ini dan dokumen yang terkait serta melaksanakan kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dan mempunyai segala izin dan persetujuan dalam menjalankan kegiatan usahanya;

    3. c. Dalam penandatanganan, pelaksanaan hak dan/atau kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan tidak melanggar ketentuan anggaran dasar masing- masing Pihak (bagi Pihak yang berbentuk badan hukum), perjanjian apapun di mana masing-masing Pihak terikat menjadi Pihak di dalamnya dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

    4. d. Masing-masing Pihak akan menaati hukum dan perundang-undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas kepada setiap peraturan perundang-undang anti korupsi yang berlaku di Negara Repubik Indonesia; dan

    5. e. Dalam melaksanakan Syarat dan Ketentuan ini, masing-masing Pihak tidak menawarkan, menjanjikan, menyetujui atau mensahkan setiap pembayaran atau pemberian, baik secara langsung maupun tidak langsung, barang atau materi yang mempunyai nilai (termasuk, namun tidak terbatas kepada hadiah, hiburan, makanan, diskon atau kredit pribadi, atau manfaat lainnya yang tidak dibayarkan pada nilai pasar) yang mempunyai tujuan atau efek penyuapan publik atau komersil dan tidak akan mengambil tindakan yang akan membuat Para Pihak melanggar setiap ketentuan dalam peraturan dan hukum anti-penyuapan dan korupsi yang berlaku di Negara Republik Indonesia atau peraturan dan hukum yang melarang setiap tindakan yang melanggar hukum untuk tujuan mendapatkan manfaat komersil bisnis.

  18. 18. FORCE MAJEURE

    1. 18.1 Apabila dalam pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini menjadi tidak mungkin dilaksanakan oleh salah satu Pihak dan berakibat berakhirnya Syarat dan Ketentuan ini karena keadaaan di luar kuasa Pihak tersebut termasuk namun tidak terbatas dalam hal ini kejadian-kejadian yang alamiah, kecelakaan lalu lintas, pemogokan umum, kerusuhan, peledakan bom, bencana alam, perang, kebakaran, kebanjiran, epidemia, karantina, pemberontakan dan kebijakan Pemerintah serta peraturan-peraturan Pemerintah ("Force Majeure"), maka masing- masing Pihak tidak dapat dinyatakan wanprestasi karena kegagalan untuk melaksanakan Syarat dan Ketentuan ini.

    2. 18.2 Pihak yang terkena Force Majeure wajib memberitahukan secara tertulis dalam waktu selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kalender setelah terjadinya Force Majeure kepada Pihak lainnya, demikian pula jika Force Majeure tersebut telah berakhir. Pihak yang mengalami Force Majeure tersebut akan mengajukan penangguhan kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dengan dasar Force Majeure. Apabila Pihak tersebut tidak dapat membuktikan adanya Force Majeure dalam waktu paling lambat 7 (tujuh) hari kalender setelah terjadinya Force Majeure tersebut, maka Pihak lainnya berhak menolak pengajuan penangguhan kewajiban tersebut.

    3. 18.3 Dalam hal terbukti terjadinya suatu Force Majeure, Para Pihak bersepakat menyelesaikan secara musyawarah untuk mufakat dan mencari jalan penyelesaian untuk mengatasi akibat dari Force Majeure tersebut, yang disepakati bersama oleh Para Pihak dengan ketentuan, seluruh hak dan kewajiban masing-masing Pihak yang timbul sebelum terjadinya Force Majeure tersebut tetap wajib dilaksanakan oleh masing-masing Pihak.

    4. 18.4 Semua kerugian dan biaya yang diderita oleh salah satu Pihak sebagai akibat terjadinya Force Majeure akan menjadi tanggung jawab Pihak yang mengalami Force Majeure tersebut dan tidak akan dalam bentuk apapun menimbulkan kewajiban ataupun beban kepada Pihak lainnya.

  19. 19. PENGALIHAN

    1. 19.1 Baik Syarat dan Ketentuan ini maupun setiap hak dan kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat dialihkan atau dipindahkan oleh salah satu Pihak kepada pihak lain, baik sebagian maupun seluruhnya tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Pihak yang lainnya kecuali pengalihan yang dilakukan oleh AKAB kepada afiliasi atau anak usahanya atau induk usahanya dengan pemberitahuan tertulis kepada Pihak lainnya sebelum pengalihan tersebut.

    2. 19.2 AKAB berjanji dalam halnya ia mengalihkan haknya atas fitur GoFood dalam Aplikasi Gojek, ia akan mengirimkan pemberitahuan tertulis kepada Merchant sebelum tanggal efektif pengalihan tersebut dan akan memberikan opsi kepada Merchant untuk melanjutkan kerja sama berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dengan pihak penerima pengalihan setelah berlakunya pengalihan tersebut.

  20. 20. PENGAKHIRAN SYARAT DAN KETENTUAN

    1. 20.1 Syarat dan Ketentuan berakhir jika terdapat salah satu dari kejadian-kejadian sebagai berikut:

      1. a. Berakhirnya Masa Berlaku;

      2. b. Terjadinya satu Tindakan Kecurangan sebagaimana diatur dalam Pasal 15 di atas; dan/atau

      3. c. Pemberitahuan tertulis terlebih dahulu dari salah satu Pihak kepada Pihak lainnya untuk mengakhiri Syarat dan Ketentuan sebelum berakhirnya Masa Berlaku.

    2. 20.2 AKAB, berdasarkan pertimbangan dan kebijakannya sendiri, berhak untuk menghentikan (baik secara sementara atau permanen) Layanan yang diberikan berdasarkan Syarat dan Ketentuan untuk seketika dan secara langsung.

    3. 20.3 Apabila pada saat berakhirnya Syarat dan Ketentuan masih terdapat hak dan kewajiban yang belum diselesaikan oleh masing-masing Pihak, maka ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan tetap berlaku dan mengikat sampai dengan diselesaikannya hak dan kewajiban tersebut oleh masing-masing Pihak.

    4. 20.4 Para Pihak sepakat untuk mengesampingkan berlakunya ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sehingga pengakhiran yang dimaksud dapat dilakukan tanpa memerlukan putusan pengadilan dan cukup dilakukan dengan pemberitahuan tertulis dari masing-masing Pihak.

  21. 21. HUKUM YANG MENGATUR DAN PENYELESAIAN SENGKETA

    1. 21.1 Syarat dan Ketentuan ini diatur berdasarkan dan dibuat sesuai dengan hukum dan ketentuan Negara Republik Indonesia.

    2. 21.2 Apabila terjadi perselisihan atau perbedaan pendapat yang disebabkan atau yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini ("Sengketa"), maka Para Pihak sepakat akan menyelesaikan secara musyawarah untuk mufakat antara Para Pihak dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak salah satu Pihak menyampaikan pemberitahuan mengenai adanya Sengketa. Para Pihak akan menuangkan hasil kesepakatan antara Para Pihak sehubungan dengan Sengketa tersebut dalam sebuah berita acara penyelesaian sengketa yang ditandatangani oleh kedua belah Pihak. Ketentuan lebih lanjut sehubungan dengan proses penyelesaian Sengketa antara Para Pihak akan tertuang dalam SOP.

    3. 21.3 Apabila Sengketa tidak dapat diselesaikan melalui musyawarah mufakat dalam kurun waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak Sengketa diberitahukan oleh salah satu Pihak ke Pihak lainnya, maka Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan Sengketa secara final melalui arbitrase yang diselenggarakan oleh Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) sesuai dengan ketentuan-ketentuan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) yang berlaku pada saat itu. Arbitrase akan dipimpin oleh 1 (satu) orang arbiter yang ditunjuk oleh Ketua Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) dan dilaksanakan di Jakarta, Indonesia, menggunakan Bahasa Indonesia. Putusan arbitrase akan dianggap sebagai putusan yang berkekuatan hukum tetap, mengikat dan tidak dapat digugat kembali dan tidak ada satu Pihak pun yang dapat memulai suatu persidangan atau memasukan suatu gugatan di pengadilan manapun sehubungan dengan Sengketa yang timbul dari dan sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini.

    4. 21.4 Dalam hal Para Pihak, sedang dalam proses penyelesaian perselisihan sebagaimana dimaksud pada Ayat (2) atau Ayat (3) di atas, maka Para Pihak tetap melaksanakan kewajibannnya kecuali disepakati lain oleh Para Pihak.

  22. 22. LAIN-LAIN

    1. 22.1 Merchant bertanggung jawab sepenuhnya atas kebenaran data dan/atau keterangan dan/atau dokumen lainnya yang diserahkan oleh Merchant kepada AKAB dan Merchant dengan ini membebaskan AKAB dari segala klaim/gugatan dan tuntutan hukum dalam bentuk apapun dan dari pihak manapun termasuk dari Merchant sehubungan dengan setiap informasi dan/atau data yang disampaikan oleh Merchant kepada AKAB.

    2. 22.2 Syarat dan Ketentuan ini mencakup keseluruhan perjanjian dari Para Pihak sehubungan dengan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini dan menggantikan seluruh perjanjian sebelumnya diantara Para Pihak.

    3. 22.3 Segala lampiran yang tercantum pada Syarat dan Ketentuan ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini.

    4. 22.4 Segala hal yang belum diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini akan diatur dalam SOP. SOP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan dan dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Merchant setuju untuk tunduk pada SOP.

    5. 22.5 Para Pihak setuju dan sepakat bahwa segala perubahan, amandemen atas Syarat dan Ketentuan ini serta SOP yang berlaku, perubahan mana dapat dilakukan oleh AKAB atas dasar pertimbangannya sendiri, dapat dibuat secara elektronik salah satunya dalam bentuk Kontrak Elektronik. Perubahan atas Syarat dan Ketentuan ini dan SOP akan berlaku setelah AKAB mengumumkan perubahan atas ketentuan Syarat dan Ketentuan dan/atau SOP tersebut baik melalui Aplikasi Gojek ataupun melalui media lainnya yang dipilih oleh AKAB (termasuk dengan mengirimkan pemberitahuan tertulis secara langsung kepada Merchant). Merchant dapat mengajukan keberatan atas setiap perubahan atau amandemen atas Syarat dan Ketentuan dan/atau SOP dengan mengirimkan pemberitahuan tertulis kepada AKAB selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kalender setelah tanggal pemberitahuan atas perubahan tersebut oleh AKAB. Apabila AKAB tidak menerima keberatan Merchant dalam waktu yang ditentukan di atas, Merchant akan dianggap telah menyetujui perubahan atau amandemen tersebut dan setuju untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan dan/atau SOP sebagaimana telah diubah atau ditambahkan. Dalam hal Mechant berkeberatan atas perubahan dan/atau penambahan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan dan/atau SOP yang berlaku, AKAB berhak untuk menghentikan Layanan kepada Merchant.

    6. 22.6 Dalam hal terdapat perbedaan ketentuan antara Syarat dan Ketentuan ini dan SOP, maka yang berlaku adalah ketentuan yang terdapat dalam SOP.

    7. 22.7 Kontrak Elektronik

      1. a. Para Pihak setuju dan sepakat bahwa Syarat dan Ketentuan ini dibuat dalam bentuk Kontrak Elektronik dan tindakan mengklik persetujuan secara elektronik merupakan bentuk pernyataan persetujuan atas ketentuan Syarat dan Ketentuan ini sehingga Syarat dan Ketentuan ini sah, mengikat Para Pihak dan dapat diberlakukan.

      2. b. Para Pihak setuju bahwa tidak ada Pihak yang akan memulai atau melakukan tuntutan atau keberatan apapun sehubungan dibuatnya maupun keabsahan Syarat dan Ketentuan ini berikut amandemen atau perubahannya dalam bentuk Kontrak Elektronik.

    8. 22.8 Syarat dan Ketentuan ini dibuat dan diberikannya persetujuan secara elektronik oleh AKAB dan Merchant dalam keadaan sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun juga. Setelah tindakan mengklik persetujuan secara elektronik atas Syarat dan Ketentuan ini, maka AKAB dan Merchant setuju untuk dianggap bahwa Merchant telah membaca, mengerti serta menyetujui setiap dan keseluruhan pasal dalam Syarat dan Ketentuan ini dan akan mematuhi dan melaksanakan setiap pasal dalam Syarat dan Ketentuan dengan penuh tanggung jawab.