Pusat Pengetahuan

15 Usaha Tanpa Modal yang Bisa Dimulai Segera

Meski telah bekerja dan memiliki penghasilan tetap, terkadang Anda mungkin masih merasa kurang. Sebab, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari memang terkadang membutuhkan biaya yang besar.

Maka dari itu, Anda bisa menekuni usaha sampingan, termasuk usaha tanpa modal yang untungnya bisa besar. Apa sajakah? Berikut beberapa di antaranya.

15 Usaha Tanpa Modal yang Bisa Dimulai Segera

1. Menjual Foto di Website

Siapa bilang hobi fotografi tidak menghasilkan? Anggapan tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Sebab, di era teknologi seperti sekarang Anda bisa mendapatkan keuntungan finansial dengan menjual foto hasil jepretan di website jual-beli foto. 

Misalnya seperti di Shutterstock, 123RF, dan masih banyak lagi situs lainnya. Asalkan foto yang Anda buat sesuai dengan standar dan memiliki kualitas tinggi.

2. Jasa Desain Grafis

Usaha tanpa modal yang bisa dimanfaatkan di era teknologi selanjutnya adalah jasa desain grafis. Kini, banyak perusahaan maupun individu mencari jasa desain grafis untuk keperluan desain mereka. 

Contohnya, perusahaan ingin mendesain banner, kartu nama, dan sebagainya. Anda bisa mencari ide usaha sampingan ini di situs freelancer dan tawarkan sesuai kemampuan desain Anda.

3. Jasa Penulisan Artikel

Selain desain grafis, perusahaan dan individu juga butuh jasa content writer maupun copy writer untuk memasarkan produk atau desain website mereka. 

Jika Anda memiliki kemampuan menulis dan mendeskripsikan produk dengan baik, mengapa tidak mencoba usaha tanpa modal ini? Anda pun bisa mengerjakan di mana saja asalkan terdapat jaringan maupun koneksi internet.

4. Influencer di Media Sosial

Menjadi seorang influencer di media sosial tidak hanya bermodal wajah atau paras menarik. Di sisi lain, Anda juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Apabila hal tersebut ada dalam diri Anda, maka bisa dioptimalkan untuk menjadi sumber penghasilan tambahan. Di sini Anda bisa menawarkan endorse untuk produk tertentu. Pendapatannya pun lumayan menjanjikan.

5. Les Privat

Sejak dulu sampai sekarang, jasa les privat banyak dicari masyarakat, terutama menjelang tahun ajaran baru. Anda bisa memberikan pelajaran tambahan kepada saudara, anak, teman, dan tetangga dengan harga yang relatif terjangkau sesuai pelajaran yang ditekuni.

Bisa pelajaran matematika, Bahasa Inggris, dan lainnya. Untuk menunjang aktivitas, Anda bisa membawa peralatan lainnya, contohnya spidol, pensil, kertas, dan sebagainya.

6. Penerjemah

Di samping les privat, usaha tanpa modal yang dapat Anda jalankan adalah menjadi seorang penerjemah bahasa asing. Terlebih lagi jika penerjemah tulisan dokumen, penghasilannya cukup menjanjikan. 

Misalnya untuk tarif per kata di antaranya Rp50. Bayangkan jika dalam satu halaman ada 500 kata, maka per halaman tersebut adalah Rp25 ribu. Kemudian jika 10 lembar, tinggal dikalikan saja, jadi keuntungannya dalam sehari bisa mencapai Rp250 ribu.

7. Marketing Properti

Usaha di bidang properti sama halnya dengan usaha kuliner. Bisa dibilang tidak akan pernah mati. Anda dapat memanfaatkan peluang usaha ini dengan menjadi agen atau marketing properti. 

Anda hanya perlu bermodal pengetahuan di bidang properti dan mempelajari kondisi perusahaannya. Komisi dari marketing properti ini biasanya 1-3 persen dari penjualan. Jadi, jika harga properti Rp1 miliar, bisa dibayangkan berapa keuntungannya.

8. Dropshipper Online Shop

Menekuni usaha online shop memang menjadi pilihan banyak orang saat ini. Alasannya, pangsa pasar yang luas dan dikenal sebagai usaha tanpa modal menjanjikan. Anda tidak harus membeli barang tersebut, bisa dengan menjadi seorang dropshipper

Bisa dibilang usaha ini adalah mendistribusikan barang dagangan kepada penjual lainnya. Keuntungan bagi hasil yang didapat pun tidak kalah menjanjikan.

9. Jasa Pencari Tiket Murah

Anda bisa menjaring calon pelanggan untuk segmentasi tertentu. Misalnya saja untuk para traveler, bisa menawarkan tiket murah. 

Untuk mencari tiket murah dan menjualnya kembali, Anda harus rajin mengecek di travel agent. Setelah itu, barulah tawarkan dengan harga yang tepat dan hitung pula mengenai ongkos jasanya.

10. Jual Pulsa Elektrik

Saat ini, semua orang pasti memiliki smartphone untuk komunikasi dan mengakses informasi. Untuk mengakses informasi tersebut pastilah dibutuhkan pulsa.

Meski begitu, Anda tetap membutuhkan modal namun tidaklah besar. Caranya, Anda bisa mendaftar ke provider pulsa elektronik tersebut untuk melakukan top-up dan dijual kembali.

11. Marketing Asuransi

Sama halnya dengan marketing properti, marketing asuransi juga dikenal sebagai salah satu usaha tanpa modal. Anda perlu memiliki wawasan yang cukup luas mengenai asuransi. 

Pendapatan dari polis yang dijual kepada pelanggan akan berkelanjutan dan keuntungannya berlipat. Ini juga tergantung produk asuransi yang dijual.

12. Reseller

Masih ingin menekuni bisnis online tapi minim modal? Cobalah untuk menjadi reseller. Anda hanya menjual barang dari distributor dalam jumlah tertentu. 

Beda halnya dengan dropshipper yang menjual dengan jumlah cukup besar, maka jika reseller, Anda hanya bisa menjual beberapa saja. Contohnya untuk bisnis online shop kuliner maupun produk fashion yang paling banyak dicari orang.

13. Jasa Titip Barang atau Jastip

Usaha jasa titip atau jastip pun bisa Anda pilih sebagai usaha tanpa modal menjanjikan. Misalnya, ketika Anda bepergian ke sebuah tempat atau luar negeri dan ada barang unik, tawarkan ke teman Anda. Dari situlah nanti bisa didapat jasa penitipan, misalkan 10 persen dari harga jual barang.

14. Makelar Kendaraan Bermotor

Makelar kendaraan bermotor terkadang dianggap sebelah mata. Namun, jangan salah, usaha tanpa modal ini dapat menghasilkan keuntungan besar. Anda bisa menjadi perantara pemilik dan menghubungkan dengan calon pembeli dan menawarkannya di media sosial misalnya.

15. Jasa Servis Komputer

Terakhir, usaha tanpa modal yang dapat dicoba ialah jasa servis komputer. Jasa ini tidaklah membutuhkan peralatan yang cukup banyak. Terlebih jika untuk meng-install software. Kuncinya di sini adalah Anda harus mahir dan memiliki pengetahuan lebih di bidang komputer

Itulah beberapa jenis usaha tanpa modal yang dapat dicoba sebagai usaha sampingan dan menambah penghasilan. Apapun usaha tersebut, ada baiknya bila Anda memiliki software penjualan secara terintegrasi seperti GoBiz untuk menunjang usaha. Selamat mencoba!

Read more about:

Artikel Terkait

12 Tips Membuka Stand Bazaar & Festival Kuliner

Bazaar adalah salah satu kegiatan yang sudah umum untuk masyarakat Indonesia. Bazaar selengkapnya

9 Cara Menarik Pelanggan Kembali ke Toko Anda

Pada era digital saat ini, persaingan bisnis ritel kian hari semakin ketat. Banyak orang selengkapnya