Pusat Pengetahuan

Peluang Usaha Sosis Bakar & Perhitungan Modalnya

Panganan sederhana ini memang punya rasa yang khas di lidah, siapapun hampir dapat dipastikan akan menikmati dengan lahap sosis bakar dengan lumuran topping saus di atasnya. Cocok dinikmati sebagai snack ringan saat sedang sendiri maupun saat sedang bersama-sama. Proses pengolahannya cukup mudah, tidak heran kalau banyak orang mulai melihat peluang usaha sosis bakar.

Tertarik usaha sosis bakar?

Menjual sosis bakar sendiri dianggap memiliki peluang yang cukup menguntungkan juga karena modal usaha yang dibutuhkan juga tidak begitu besar. Sementara keuntungan yang mungkin bisa Anda dapatkan cukup besar. Jadi, niatan Anda untuk memulai usaha sosis bakar sudah sangat tepat.

Berikutnya yang harus Anda ketahui juga adalah perihal persiapan untuk memulai usaha kekinian yang satu ini. Ulasan ini Akan membantu Anda untuk lebih paham terkait hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk usaha sosis bakar ini.

Bagaimana harus memulainya

Setelah melihat peluang yang menguntungkan tersebut, Anda dapat memulai usaha dengan beberapa persiapan sederhana yang perlu Anda lakukan. Tidak heran kalau Anda akan mendapat kemudahan, tetapi sekaligus juga tantangan. Maka persiapan yang tepat adalah langkah awal yang harus diambil.

Cari tahu lebih jauh apa-apa saja yang harus Anda persiapkan untuk memulai usaha sosis bakar. Termasuk perlengkapan operasional, bahan-bahan, serta pilihan sosis yang sebaiknya dipakai. Jangan lupa jenis saus yang akan dipakai juga karena akan sangat menentukan rasa dari sosis Anda.

Lakukan riset kecil-kecilan juga untuk mengecek tempat paling strategis untuk membuka booth usaha Anda ini agar mudah ditemukan oleh banyak orang dan tentunya dengan biaya sewa yang tidak begitu mahal.

Tentukan harga jual yang paling tepat, sesuai dengan anggaran pengeluaran untuk bahan-bahan pembuatannya, sekaligus memastikan bahwa harga tersebut masih terjangkau bagi pembeli.

Pertimbangkan juga range harga jual sosis bakar pada umumnya serta besaran porsi yang ditawarkan untuk harga tersebut. Secara umum, Anda dapat menjual sosis bakar di harga Rp10.000,- hingga Rp15.000,- per porsinya.

Siapkan juga rencana Anda untuk memasarkan serta mempromosikan usaha sosis bakar ini. Anda dapat memanfaatkan sosial media seperti Instagram dengan mengunggah foto-foto sosis bakar yang menggiurkan. 

Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi makanan online yang sudah terintegrasi dengan GoBiz. Sehingga, jangkauan penjualan jadi semakin luas dan memudahkan orang untuk membeli sosis bakar buatan Anda.

Tidak sedikit jenis usaha kecil-kecilan yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan aplikasi GoBiz. Sistemnya yang sudah terintegrasi dengan alat kasir Android, membuat Anda dapat melakukan operasional usaha sosis bakar lebih praktis.

Dari segi fitur, GoBiz memungkinkan Anda berjualan dengan metode pembayaran online, termasuk memesan sosis bakar secara online ini yang akan menguntungkan Anda lebih jauh.

Estimasi modal awal serta keuntungan

Untuk menghitung estimasi modal awal, Anda dapat menyertakan pembelian peralatan yang akan dibutuhkan selama operasional usaha sosis bakar ini berlangsung.

Lalu, sertakan juga anggaran belanja bahan-bahan untuk operasional selama bulan pertama, termasuk biaya sewa tempat dan gaji jika Anda mempekerjakan tenaga bantuan untuk membuat sosis bakar. Berikut perhitungan estimasi modal awal dalam tabel.

Jenis anggaran yang dihitungJumlahKeterangan
Peralatan tetapRp2.700.000,-Peralatan yang dipakai dalam jangka panjang (gerobak, alat panggang, dst)
Belanja bahanRp2.000.000,-Bahan-bahan yang dipakai untuk mengolah sosis bakar setiap bulan (sosis, saus, minyak, dst)
Pengeluaran operasionalRp1.800.000,-Biaya operasional setiap bulan (sewa tempat, gaji, listrik, air, dst)
Biaya penyusutanRp60.000,-Biaya penyusutan alat-alat operasional setiap bulan (1/lama bulan pemakaian X harga barang)
TotalRp6.560.000,-

Dari tabel ini berarti, biaya operasional setiap bulan Anda adalah Rp3.860.000,- karena dikurangi anggaran untuk peralatan tetap. 

Berikutnya adalah menghitung estimasi keuntungan yang bisa didapatkan setiap bulannya dari usaha sosis bakar Anda ini. Seperti yang sudah disebutkan di awal, pastikan Anda sudah menentukan terlebih dahulu harga jual per porsi untuk setiap varian menunya. Berikut ini adalah penghitungan contoh yang dapat Anda terapkan untuk melihat estimasi profit.

EstimasiHitungan Total
Pendapatan per bulan25 porsi/hari X Rp10.000,- Rp250.000,-
Rp250.000,- X 30 hari Rp7.500.000,-
Keuntungan per bulanTotal pendapatan – Biaya operasional
Rp7.500.000,- – Rp3.860.000,- Rp3.640.000,-

Dari tabel ini, Anda akan mendapat keuntungan setiap bulannya sekitar Rp3.640.000,-. Dengan begitu, Anda hanya membutuhkan waktu satu bulan untuk mendapatkan modal untuk biaya peralatan tetap. Dua bulan kemudian, Anda sudah dapat membalikkan semua modal awal yang Anda keluarkan.

Read more about:

Artikel Terkait

14 Tips Kemasan Makanan yang Menarik & Aman untuk Delivery

Di tengah pandemi yang disebabkan penyebaran COVID-19 dan penerapan Pembatasan Sosial selengkapnya

Tingkatkan Penjualan Usaha Kuliner dengan 15 Cara Ini

Saat Anda sudah memulai usaha kuliner dan sudah mulai menguasai tempo operasional selengkapnya