GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Usaha Parcel Lebaran agar Laku Keras, Ini 6 Tipsnya

6 Tips Memulai Usaha Parcel Lebaran Agar Laku untuk Pemula – Tertarik untuk mulai usaha parcel lebaran pada tahun 2022 ini? Memberikan parcel merupakan salah satu tradisi lebaran yang umum di Indonesia. Parcel lebaran bertujuan untuk menyambung tali silaturahmi sekaligus melengkapi ucapan Selamat Hari Raya Idulfitri.

Tradisi tersebut membuat parcel identik dengan lebaran. Maka, tak mengherankan jika pengusaha parcel terus ada, bahkan naik dari tahun ke tahun. Apakah Anda tertarik untuk mulai usaha parcel sendiri? Yuk, simak tips lengkapnya berikut ini!

1. Cari Supplier Barang yang Tepat

Anda bisa mulai usaha parcel lebaran dengan mencari supplier barang yang tepat. Sebelumnya, pastikan Anda sudah tahu apa saja isian parcel, entah itu kue kering atau barang kebutuhan seperti pakaian dan sembako.

Coba datangi toko grosir di kota Anda. Biasanya, mereka menawarkan harga miring jika Anda membeli dalam jumlah banyak. Tak ada salahnya juga untuk mencari supplier online. Pilihan barang yang ditawarkan oleh supplier online sangat beragam. Namun, Anda juga harus memperhatikan adanya ongkir (ongkos kirim) agar tetap hemat, ya!

Baca juga: Cara Membuat Brand Sendiri dan Menjadi Pemimpin di Industri

2. Pelajari Teknik Membungkus dan Merangkai Parcel

Jika sudah menemukan supplier yang cocok untuk isian parcel Anda, sekarang waktunya belajar teknik membungkus dan merangkai parcel. Meski kelihatannya sepele dan mudah, sebenarnya membungkus parcel ada teknik khususnya agar efisien. Jadi, Anda tidak akan membutuhkan terlalu banyak bahan pembungkus. Begitu pula dengan proses merangkai. Dengan teknik yang benar, isi parcel tidak akan tenggelam dan bisa menarik perhatian lebih banyak calon pelanggan.

Sekarang ini sudah ada banyak sekali tutorial membungkus dan merangkai parcel yang bisa Anda pelajari secara gratis di YouTube. Video-video tersebut bisa dijadikan bahan latihan.

3. Kreasikan Tampilan Agar Usaha Parcel Lebaran Anda Sukses

Langkah selanjutnya adalah berkreasi dengan tampilan parcel agar calon pelanggan tertarik. Anda dapat mencari inspirasi desain parcel dari internet.

Setelah menemukan desain yang cocok, buat kreasi versi Anda sendiri. Cara ini akan melatih Anda terbiasa membuat kreasi parcel baru. Jangan pernah berhenti belajar agar desain parcel Anda tidak ketinggalan zaman dan tetap disukai pelanggan.

Baca juga: 7 Cara Membuat Parcel Lebaran untuk Dijual

4. Lakukan Pemasaran

Sekarang parcel sudah siap. Lalu, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Segera cari calon pelanggan untuk usaha parcel lebaran Anda. Lakukan pemasaran secara gencar. Jangan sampai calon konsumen diambil kompetitor Anda.

Pastikan parcel yang Anda tawarkan memang sesuai dengan target pasar. Misalnya, Anda menjual parcel berisi sembako. Maka, target pasarnya bisa menyasar individu yang ingin memberikan parcel kepada keluarga kerabat atau perusahaan yang ingin membagikan parcel kepada karyawan mereka.

5. Tentukan Target Konsumen Supaya Usaha Lebaran Anda Sukses

Poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Agar pemasaran Anda tepat sasaran, jangan lupa untuk menentukan target pelanggan yang jelas. Langkah ini nantinya juga akan memudahkan Anda untuk menentukan barang yang dijadikan isi parcel.

Anda bisa menarget individu atau perusahaan. Untuk individu, biasanya keuntungan yang didapat tidak terlalu besar. Sebab, jumlah pesanan yang harus dipenuhi tidak terlalu banyak. Pelanggan individu cocok bagi Anda yang baru merintis usaha parcel lebaran.

Sebaliknya, konsumen perusahaan pasti akan memesan parcel dalam jumlah besar. Ini karena mereka harus mengirimkan parcel ke banyak orang. Jika Anda belum memiliki sumber daya yang cukup, sebaiknya tidak mengambil konsumen perusahaan karena bisa berpotensi menimbulkan kewalahan menangani pesanan.

6. Manfaatkan media sosial e-commerce

Kesulitan memasarkan usaha parcel lebaran Anda? Jangan ragu untuk memanfaatkan teknologi yang ada. Gunakanlah media sosial untuk promosi usaha Anda. Apabila ada bujet lebih, Anda bisa mencoba layanan Ads atau iklan digital agar produk dikenal masyarakat luas.

Tak ada salahnya juga jika Anda memanfaatkan e-commerce. Buat online shop di e-commerce dan kemudian tambahkan produk parcel Anda. Sekarang ini, penggunaan e-commerce di Indonesia sedang tinggi. Itu berarti, peluang untuk mendapatkan calon pelanggan baru pun lebih besar.

Baca juga: 12 Fungsi Kemasan Produk yang Penting Diketahui Pengusaha

Terakhir, jangan pernah berhenti untuk berinovasi. Inovasi akan membuat pelanggan lama bertahan dan pelanggan baru semakin mendekat. Selalu pantau tren pasar agar Anda tahu seperti apa model parcel yang sedang disukai masyarakat.

Selain langkah-langkah di atas, agar usaha parcel lebaran berjalan lancar, jangan lupa untuk menyusun komponen perencanaan usaha terlebih dulu. Anda masih merasa ragu untuk mulai menggeluti usaha parcel lebaran? Dapatkan dukungan terbaik dengan bergabung ke KOMPAG alias Komunitas Partner GoFood. Di KOMPAG, Anda bisa terhubung dengan pelaku usaha lain sehingga koneksi pun makin luas. Yuk, jadi bagian dari KOMPAG sekarang juga!

CTA Banner KOMPAG Komunitas Partner GoFood

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

#JAGOAturCuan dengan Buka Rekening Jago Lewat GoBiz & Dapatkan Rewards Menarik!

Kabar gembira! Bagi Anda yang ingin mengelola keuangan dengan lebih baik dan selengkapnya

Benarkah Pembayaran QRIS Tingkatkan Penjualan? Ini Rahasianya

Memanfaatkan pembayaran QRIS untuk bisnis akan membuat transaksi jadi lebih praktis. QRIS selengkapnya