GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

9 Tips Memulai Usaha Bakso, Modal Awal 20 Jutaan

Bakso adalah makanan yang banyak dijumpai. Mulai dari penjual pinggir jalan hingga rumah makan besar menjual menu bakso sebagai salah satu hidangannya.

Bakso menjadi makanan yang selalu disukai oleh banyak orang. Oleh karena itu, usaha bakso seolah tidak pernah mati. Usaha ini adalah jenis usaha yang tidak membutuhkan biaya yang cukup besar untuk memulainya.

Jika Anda ingin membuka usaha bakso, Anda hanya perlu membutuhkan biaya untuk membeli gerobak untuk digunakan berjualan dengan berkeliling atau Anda bisa menjual bakso di depan rumah dengan gerobak.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulainya. Berikut ini beberapa tipsnya.

Ingin mulai usaha bakso?

1. Lokasi Penjualan

Tips pertama yaitu dengan menentukan lokasi penjualan. Anda perlu menentukan lokasi yang tepat ketika akan membuka usaha. Anda bisa memilih lokasi-lokasi yang strategis untuk berjualan bakso.

Beberapa pilihan lokasi yang bisa Anda jadikan opsi untuk berjualan bakso adalah sekitar kampus atau sekolah, area pabrik atau perkantoran, stasiun atau terminal dan juga di area pasar. Area kampus atau sekolah bisa Anda pilih dikarenakan banyak anak sekolah atau mahasiswa yang akan mencari makan siang atau sekedar nongkrong. 

Lalu untuk area pabrik dan perkantoran juga dapat Anda jadikan tempat untuk berjualan bakso. Meskipun pabrik atau perkantoran sudah mempunyai kantin untuk karyawannya namun ada beberapa karyawan yang memilih makan di luar kantor sambil menghirup udara segar.

Kemudian Anda juga bisa berjualan di stasiun atau terminal. Lokasi ini sangat ramai dengan orang yang akan bepergian dan tentunya merasa lapar karena melakukan perjalanan yang cukup jauh. Dan lokasi yang terakhir adalah area pasar.

Anda bisa memulai usaha ini dengan berjualan di pasar. Ada banyak orang yang berbelanja di pasar. Hal tersebut bisa menjadi peluang untuk menjajakan bakso Anda.

2. Harga Bakso

Tips lainnya untuk memulai yang perlu Anda perhatikan adalah harga menu bakso yang Anda jual. Pastikan Anda mematok harga yang sesuai dengan pasaran. Jangan sampai Anda mematok harga yang terlalu mahal dari harga bakso pada umumnya.

Harga bakso yang terlalu mahal tentunya tidak akan diminati oleh konsumen. Hal tersebut tentunya akan membuat usaha bakso Anda sepi konsumen. 

3. Kualitas Rasa Bakso

Selain lokasi berjualan dan harga bakso, Anda juga perlu memperhatikan kualitas rasa bakso yang akan Anda jual. Tidak masalah jika Anda berkreasi dengan bakso untuk membuat menu bakso yang berbeda dengan bakso pada umumnya. Namun Anda harus tetap memperhatikan kualitas rasanya.

Rasa bakso menjadi faktor penting apakah pelanggan akan kembali datang untuk membeli bakso jualan Anda atau malah tidak kembali lagi. Rasa bakso yang gurih dan enak akan membuat pelanggan ketagihan dan pastinya akan kembali lagi untuk membeli.

Hindari membuat variasi rasa bakso yang terlalu aneh. Bukan membuat pelanggan ketagihan, rasa bakso yang kurang diminati malah akan membuat pelanggan enggan kembali lagi untuk membeli. 

4. Pelayanan Kepada Pembeli

Hal lainnya yang perlu diperhatikan ketika membuka usaha bakso adalah tingkat pelayanan kepada pembeli. Jika rasa bakso Anda diminati oleh pembeli tetapi pelayanan yang Anda berikan kepada pembeli kurang baik maka hal tersebut juga akan mempengaruhi pembeli.

Jika pembeli mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan saat membeli bakso Anda maka bisa membuat pembeli tidak ingin membeli bakso lagi di tempat usaha bakso Anda. Oleh karena itu sangat penting untuk memberikan pelayanan yang baik dan juga memuaskan kepada pembeli.

Anda bisa mengajak pembeli berbincang atau sedikit memberikan lelucon untuk membuat pembeli merasa nyaman. Dengan begitu pembeli akan merasa dekat dan bisa menjadi pelanggan setia. 

5. Menghiasi Gerobak

Anda juga bisa menghias gerobak Anda agar terlihat lebih menarik. Anda bisa menghiasi gerobak bakso Anda dengan hiasan gambar bakso yang ditempel di gerobak. Tidak hanya akan membuat gerobak Anda menjadi lebih menarik, gambar bakso yang ditempel juga dapat mengundang selera makan.

Hal tersebut bisa membuat orang-orang yang melewati gerobak bakso Anda dapat tertarik untuk membeli bakso setelah melihat hiasan gambar bakso yang tampak lezat. 

Tidak hanya akan membuat gerobak Anda menjadi lebih menarik, gambar bakso yang ditempel juga dapat mengundang selera makan. Hal tersebut bisa membuat orang-orang yang melewati gerobak bakso Anda dapat tertarik untuk membeli bakso setelah melihat hiasan gambar bakso yang tampak lezat. 

6. Mempunyai Variasi Menu

Dalam membuka usaha bakso, Anda juga bisa menyiapkan beberapa variasi menu untuk pembeli. Menu bakso biasa tentunya akan membuat pembeli merasa bosan. Oleh karena itu, Anda bisa  membuat varian menu yang unik.

Dengan memberikan varian menu yang beragam, maka dapat meningkatkan selera makan para pembeli. Anda bisa menambah varian menu seperti mie ayam bakso atau bakso dengan berbagai isian seperti keju atau jamur.

Dengan berbagai varian menu bakso yang beragam juga akan membuat orang penasaran dengan rasa menu bakso tersebut. 

7. Memberikan Diskon 

Untuk dapat menarik pelanggan tentunya Anda harus mempunyai sesuatu yang menarik. Tidak hanya dengan memberikan varian menu bakso yang mempunyai rasa lezat, Anda juga bisa memberikan diskon kepada pembeli bakso di tempat usaha bakso Anda.

Anda tidak perlu memberikan diskon setiap hari kepada pembeli. Anda bisa memberikan diskon di waktu-waktu tertentu seperti jam tertentu atau hari-hari tertentu. Misalnya pada saat jam warung Anda sepi pembeli atau hari perayaan lainnya. 

Selain itu Anda juga bisa mengakali diskon tersebut dengan cara yang lain. Misalnya memberikan free minuman kepada pembeli. Meskipun tidak memberikan diskon atau free minuman setiap hari akan tetapi pembeli akan merasa terkesan dengan sajian bakso Anda. Hal tersebut akan membuat pembeli datang kembali untuk membeli bakso di tempat Anda. 

8. Kebersihan Tempat Usaha Bakso

Kebersihan juga menjadi poin penting dalam memulai bisnis kuliner. Tempat usaha makan yang terlihat bersih tentunya akan disenangi oleh pembeli. Tempat makan yang bersih juga berkaitan dengan kenyamanan pembeli. Pembeli tentunya tidak akan merasa nyaman ketika makan di tempat yang kotor.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan tempat usaha Anda. Dengan begitu, pembeli akan merasa nyaman dan juga betah ketika makan di tempat usaha Anda. Pembeli tentunya tidak akan merasa nyaman ketika makan di tempat yang kotor.

Tempat makan yang bersih juga berkaitan dengan kenyamanan pembeli. Pembeli tentunya tidak akan merasa nyaman ketika makan di tempat yang kotor. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan tempat usaha Anda.

Dengan begitu, pembeli akan merasa nyaman dan juga betah ketika makan di tempat usaha Anda. Pembeli tentunya tidak akan merasa nyaman ketika makan di tempat yang kotor.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan tempat usaha Anda. Dengan begitu, pembeli akan merasa nyaman dan juga betah ketika makan di tempat usaha bakso Anda. 

9. Melakukan Strategi Promosi

Ketika baru memulai usaha bakso tentunya Anda perlu melakukan strategi promosi untuk menarik orang agar datang dan membeli bakso di tempat jualan Anda.

Anda bisa melakukan promosi saat hari-hari pertama mulai berjualan. Promosi yang bisa Anda lakukan misalnya pembelian bakso 2 porsi akan mendapatkan free minuman yang bebas dipilih atau mendapatkan voucher free makan.

Kemudian yang lainnya adalah dengan buy 1 get 1 untuk hari pertama. Anda juga bisa memberikan souvenir keren untuk pembeli yang melakukan pembelian mencapai Rp100.000. Hal tersebut tentunya akan menarik minat orang-orang untuk membeli bakso di tempat usaha Anda. 

Modal dan Estimasi Keuntungan Usaha Bakso

Beberapa tips membuka usaha bakso di atas bisa dilakukan untuk membantu Anda memulai dan mengembangkan usaha yang sedang dirintis. Selain itu, pastikan Anda juga menghitung estimasi modal awal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini.

Sebelum membuka suatu usaha tentunya modal sangat perlu diperhatikan. Berikut ini estimasi biaya modal yang perlu diperhitungkan untuk membuka usaha bakso. 

Beli gerobak: Rp3 juta

Beli peralatan memasak: Rp2 juta

Beli peralatan makan: Rp1 juta

Biaya lain-lain: Rp500 ribu

Total: Rp6,5 juta

Membuat usaha bakso bisa Anda coba mulai dengan memiliki modal sekitar Rp6 juta. Selain biaya modal, Anda juga masih perlu memperhatikan biaya lain yang dibutuhkan seperti biaya operasional. 

Bahan makanan: Rp 10 juta

Sewa tempat: Rp 1 juta

Biaya lain-lain: Rp500 ribu

Total: Rp11,5 juta

Bakso masih menjadi salah satu jenis kuliner yang paling diminati. Penggemar bakso pun berasal dari segala jenis usia. Jadi meskipun modal yang dikeluarkan untuk membuka usaha bakso tidak terbilang sedikit, tapi keuntungan dan pertumbuhannya cukup menjanjikan.

Misalnya dengan estimasi 30 orang membeli bakso Anda dan membayar makanan dan minuman sekitar Rp20 ribu per orang, maka selama satu bulan atau 30 hari, Anda akan mendapatkan penghasilan kotor sekitar Rp18 juta. 

Anda bisa mengetahui keuntungan yang didapatkan dengan mengurangi pendapatan kotor dengan biaya operasional bulanan. Jadi dari jumlah estimasi di atas, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan tiap bulannya sekitar Rp6,5 juta. 

Untuk membantu Anda yang sedang memulai usaha bakso, cobalah untuk memanfaatkan platform online seperti aplikasi GoBiz dari Gojek. Anda bisa mempromosikan bisnis kuliner dengan mudah dan efektif melalui GoBiz. 

Selain itu, GoBiz juga memiliki fitur promo yang bisa Anda gunakan untuk menarik pembeli. Anda bisa mengatur sendiri promo apa yang ingin ditawarkan kepada pembeli. Oleh karena itu, Anda juga bisa langsung mengatur dan mengevaluasi promo yang telah dilakukan.

Menariknya, aplikasi ini juga dapat memudahkan Anda untuk mendapatkan laporan keuangan yang akan otomatis dikirim ke e-mail. GoBiz memang menawarkan banyak sekali kemudahan, jadi kapan Anda akan memulai usaha bakso dengan bantuan aplikasi ini?

Sumber gambar: flickr.com/photos/raimie/

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Resume adalah: Pengertian, Tips Membuat, dan Contohnya

Resume adalah salah satu dokumen yang dibutuhkan saat melamar pekerjaan. Ketika Anda selengkapnya

15 Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha, Sudah Tahu?

15 Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha – Memulai usaha selengkapnya