GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Manisnya Bisnis Minuman Boba & 5 Tips Memulainya

2. Tentukan lokasi yang paling tepat

Lokasi menjadi salah satu faktor paling penting yang harus Anda perhatikan dalam tips memulai bisnis boba. Faktor ini juga masih berhubungan dengan konsep bisnis yang sudah Anda tentukan.

Misalnya, jika Anda sudah berencana membangun bisnis minuman kekinian dalam bentuk kafe, maka pilihlah lokasi dengan traffic tinggi dan area parkir luas. Namun, apabila Anda lebih memilih untuk menjalankan bisnis boba dengan konsep food truck, Anda harus mencari tahu tempat-tempat mana yang bisa didatangi dan pada pukul berapa Anda harus berjualan.  

3. Kembangkan menu minuman boba

Bubble tea memang sebetulnya merupakan produk yang cukup spesifik. Namun, masih banyak varian dan rasa yang harus kamu tentukan. Jadi, sebelum membuka bisnis minuman boba, pikirkan menu apa saja yang akan Anda tawarkan. Anda bisa menyediakan minuman boba dalam beragam rasa teh buah, milk tea, atau brown sugar.

Coba lakukan riset terhadap menu yang ditawarkan kompetitor, tapi jangan mencontohnya begitu saja. Anda bisa mengembangkan menu-menu tersebut untuk membuat bisnis Anda berbeda dan lebih unggul dari kompetitor. Lalu, saat mendesain buku menu, pastikan Anda menerapkan desain yang memudahkan pengunjung untuk membaca tulisan menunya.

4. Cari sumber bahan-bahan

Setelah menentukan menu yang akan dijual, tips memulai bisnis minuman boba selanjutnya adalah dengan mencari bahan-bahan. Mengingat bahwa minuman ini berasal dari Taiwan, mungkin Anda bisa menyuplai bahan-bahan dari sana, Namun, apabila dirasa terlalu jauh, lakukan riset untuk mencari supplier yang menawarkan bahan-bahan berkualitas tinggi, tapi tetap dengan harga terjangkau. 

Manisnya Bisnis Minuman Boba & 5 Tips Memulainya
Sumber gambar: nationalpost.com

Beberapa bahan yang wajib Anda cari adalah pearls, sirup aneka rasa, es batu, air mineral, krim, gula, teh, dan aneka topping lain. Tidak ketinggalan peralatan penting lain seperti cup plastik, penutup cup, dan sedotan dengan lubang besar agar minuman ini bisa dinikmati dengan nyaman.

5. Pertimbangkan kompetitor yang sudah ada

Mengingat popularitas minuman kekinian ini yang begitu tinggi, bukan hanya konsumennya saja yang banyak, tapi juga pemilik bisnisnya. Artinya, ada banyak kompetitor yang harus Anda “lawan” agar Anda sendiri juga bisa sukses berbisnis minuman boba. Itulah kenapa Anda perlu memperhatikan kompetitor yang sudah ada.

Cari tahu apa saja menunya, konsep seperti apa yang ditawarkan, hingga harga jualnya di pasaran. Dari sini, Anda bisa tahu hal-hal apa yang sekiranya belum atau kurang maksimal dilakukan oleh kompetitor. Di situlah Anda bisa mengisi kekosongan tersebut dan mencuri hati para konsumen.

Itulah beberapa tips bisnis minuman boba bagi Anda yang ingin terjun menggeluti usaha tersebut. Selain kelima poin di atas, pastikan juga konsumen bisa melakukan transaksi pembayaran dengan mudah, praktis, dan cepat.

Untungnya, saat ini sudah ada sistem kasir Point of Sales (POS) dari GoBiz yang tidak hanya menyediakan fasilitas kasir, tapi juga hingga pemantauan profit harian. Semua dalam satu aplikasi saja!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya