GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Ide Bisnis yang Cocok untuk Transaksi Non-tunai

Semakin pesatnya perkembangan teknologi di era digital berdampak pada metode pembayaran yang ada di masyarakat. Jika sebelumnya masyarakat lebih mengutamakan pembayaran secara langsung atau tunai, kini berangsur beralih pada transaksi non-tunai atau cashless.

Ditambah lagi sejak 3 bulan lalu, selama bulan Maret 2020, nominal transaksi uang elektronik mencapai Rp 15,03 triliun atau meningkat hingga 67,9 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu sebesar Rp 8,95 triliun.

Peningkatan ini disebabkan oleh perubahan pola belanja masyarakat yang menjadi lebih sering melakukan transaksi online. Usaha Anda juga bisa melayani transaksi non-tunai dengan menerima GoPay sebagai pilihan pembayaran, agar lebih mudah melakukan physical distancing di era New Normal. Transaksi non-tunai dapat mengurangi kontak fisik sehingga dapat membantu menurunkan risiko penyebaran virus dan bakteri.

Apa yang dimaksud transaksi non-tunai?

Non-tunai adalah sistem pembayaran digital yang tidak melibatkan uang tunai/fisik, seperti kertas atau pun logam. Ada berbagai macam tipe pembayaran non-tunai, tapi uang elektronik yang cukup banyak digunakan akhir-akhir ini.

Uang elektronik atau Electronic Money(e-money), mulai dikenalkan di Indonesia pada tahun 2007. Uang elektronik mudah dijumpai penggunaannya untuk transaksi di pasar modern, pom bensin, layanan parkir, transportasi perkotaan, pintu jalan tol dan lainnya.

Bisnis di era transaksi non-tunai

Sebenarnya, untuk menghadapi tren ini ada beberapa ide bisnis yang menguntungkan. Berikut beberapa di antaranya.

1. Bisnis kuliner

Kini, ide bisnis kuliner merupakan yang paling dominan di antara bisnis lainnya di masyarakat. Hampir setiap bulan selalu ada saja tren baru dalam usaha kuliner ini.

Selain mempertahankan cita rasa, kunci dari usaha kuliner ini yang membuatnya semakin berkembang adalah metode pembayaran yang digunakan. Sebab, dari sebagian besar usaha kuliner, selain menyediakan metode pembayaran konvensional juga menyediakan metode pembayaran cahsless yang membuat transaksi semakin mudah.

2. Toko online

Tren transaksi non-tunai sangat berhubungan erat dengan dunia online. Oleh karena itu, bila Anda memiliki ide bisnis membuka toko online ini merupakan hal yang tepat. Ada banyak keuntungan dari usaha ini. Salah satunya adalah jangkauan pasarnya pun lebih luas dan memiliki biaya promosi yang tidak begitu besar.

Kemudian, dari segi metode pembayaran sangat mudah, cepat, aman, dan nyaman. Anda bisa menjadi seorang dropshipper ataupun seorang reseller untuk produk-produk tertentu yang diminati oleh sebagian besar masyarakat.

3. Bisnis laundry

Berikutnya, Anda bisa mencoba untuk membuka ide bisnis laundry di sekitar tempat tinggal. Mengingat kesibukan seseorang baik itu bekerja atau mahasiswa yang sedang kuliah, biasanya tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian.

Maka dari itulah, dengan adanya usaha laundry bisa menjadi salah satu solusi terbaik bagi mereka.  Anda bisa merintis usaha laundry kiloan dengan harga yang terjangkau namun tetap mempertahankan kualitas hasil laundry.

Usaha laundry memang menjamur di tempat-tempat perumahan atau pemukiman strategis. Misalnya saja, di dekat komplek perkantoran ataupun komplek di sekitar kampus. Akan tetapi, sangat jarang usaha laundry yang menerima pembayaran secara cashsless. Jika laundry Anda menawarkan pembayaran seperti ini tentu akan sangat menguntungkan. 

4. Layanan jastip

Ide bisnis jasa titipan atau jastip juga sangat diminati dan seolah menjadi tren baru di era transaksi non-tunai bagi mereka yang suka belanja. Memulainya pun sangat mudah, terutama jika Anda pecinta traveling. Anda hanya cukup datang ke pusat perbelanjaan di tempat tertentu dan memiliki produk unik dan lengkap. Atau bisa dengan cara mendatangi pameran.

Kemudian, carilah produk yang unik dan foto produk tersebut untuk dipajang di akun media sosial seperti Instagram. Anda bisa memberikan promosi yang menarik dan menawarkan jasa titip barang untuk mendapatkan produk tersebut. Jika pelanggan berminat, pastikan sudah mentransfer sejumlah biaya yang sudah dirinci dan Anda bisa mengirimnya menggunakan layanan ekspedisi. Cukup mudah bukan?

5. Bisnis kreatif

Pada era saat ini jika Anda berbicara mengenai usaha yang menguntungkan, maka industri di bidang usaha kreatif adalah salah satunya. Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar dan hanya perlu kemampuan diri atau skill yang mumpuni. Banyak dari unit usaha ini yang bisa Anda coba baik sebagai ide bisnis sampingan atau untuk penghasilan utama.

Contohnya saja untuk pembuatan jasa desain grafis atau menjadi seorang content writer atau copywriter. Mengingat kini perusahaan besar sangat membutuhkan kedua jasa tersebut untuk sarana promosi maupun pemasaran mereka. Anda bisa mencari klien melalui media sosial atau situs khusus bagi freelancer dan memiliki metode pembayaran yang mudah.

Anda juga bisa mempertimbangkan usaha di bidang event organizer yang saat ini banyak dibutuhkan, terutama di kota-kota besar. Apapun ide bisnis yang Anda jalankan, sebaiknya gunakan aplikasi yang mendukung pembayaran cahsless seperti mesin edc ataupun aplikasi kasir.

Salah satu penyedia aplikasi yang dilengkapi dengan fitur Point of Sale adalah GoBiz. Keunggulannya adalah kenyamanan dalam memonitor usaha, mudah dan aman untuk transaksi pembayaran, dan Anda pun tidak perlu melakukan perhitungan secara manual.

Sebab semua dilakukan secara otomatis, sehingga lebih mudah dalam memantau omzet bisnis dengan rekapan transaksi yang bisa dikirim setiap harinya.

Sumber gambar: cermati.com

Read more about:

Artikel Terkait

16 Ide Usaha Jualan Online Yang Banyak Dicari Pembeli

Tidak semua orang punya modal dan niat yang cukup untuk membuka bisnis sendiri. Ada selengkapnya

7 Inspirasi Usaha Kuliner Home Industri Modal Kecil

Memulai usaha kuliner dengan menjalankan usaha rumahan atau home industri bisa jadi selengkapnya