GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

7 Strategi Pemasaran Produk Makanan untuk Menarik Banyak Pelanggan

7 Strategi Pemasaran Produk Makanan untuk Menarik Banyak Pelanggan – Menjual menu kuliner ke calon pelanggan dibutuhkan ide-ide kreatif dan ketepatan strategi pemasaran produk makanan. Sekarang, membangun hubungan dengan konsumen adalah kebutuhan utama bagi sebuah usaha agar bisa berhasil menarik lebih banyak keuntungan. 

Mampu membangun basis pelanggan setia dapat meningkatkan penjualan dan menghasilkan pendapatan, lho. Nah, ada beberapa strategi pemasaran produk makanan untuk menarik banyak pelanggan yang bisa Anda terapkan. Berikut 7 di antaranya!

7 Strategi Pemasaran Produk Makanan untuk Menarik Banyak Pelanggan

Persaingan Usaha Kuliner Teratasi dengan 5 Cara Ini - Strategi Pemasaran Produk Makanan

1. Ciptakan kesan pertama yang baik lewat kemasan

Menciptakan kesan pertama yang baik lewat kemasan adalah strategi pemasaran produk makanan yang sangat krusial. Mengingat kemasan makanan memiliki begitu banyak pengaruh pada persepsi konsumen dan interaksi dengan merek, penting untuk memahami beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat merancang kemasan.

Misalnya, pastikan kemasan nyambung dengan merek, faktor estetika, dan kesederhanaannya.

Saat memilih berbagai produk serupa, desain kreatif menjadi titik penjualan penting di mata konsumen. Pastikan kemasan produk Anda berbeda dengan para pesaing sehingga menghasilkan faktor unik yang mudah diingat. Anda bisa bermain dengan desain yang menciptakan daya tarik, seperti kemasan dengan warna cerah yang diusung resto AyamAyaman

2. Buat beberapa menu unik yang beda dari lainnya

Keunikan itu penting, lho. Jika menunya tidak unik, maka akan terlihat sama dengan usaha makanan lainnya dan pelanggan malas berlangganan ke toko Anda karena sudah bisa mendapatkan produk makanan yang sama dari toko lain.

Di samping menu utama yang memang jadi andalan, tidak ada salahnya membuat beberapa menu unik yang dapat menambah nilai plus untuk usaha Anda. Contoh, jika Anda ingin menjual ketoprak, Anda bisa menawarkan menu ketoprak indomie yang unik dan cocok di lidah generasi muda. 

3. Upload foto makanan yang menggugah selera

Untuk meningkatkan branding, penjualan, dan menarik pelanggan baru, penting untuk berinvestasi dalam fotografi makanan yang berkualitas. Meng-upload foto makanan yang menggugah selera akan langsung menarik pelanggan dan membuat mereka langsung ingin mencicipinya.

Foto makanan yang menggugah selera juga membantu pelanggan membuat keputusan saat memesan makanan. Dengan angle yang menarik, pencahayaan yang terang, dan biasanya semakin zoom in akan membuat pelanggan semakin bikin ngiler.

Nah, KOMPAG (Komunitas Partner GoFood) juga pernah bikin sesi belajar fotografi makanan yang berkualitas lewat kamera HP, lho

4. Adakan promosi secara berkala

Promosi adalah penawaran menarik yang ditawarkan bisnis kepada pelanggan hanya untuk waktu yang terbatas. Tujuan terpenting dari promosi adalah membuat usaha Anda jadi pilihan nomor satu karena harganya yang lebih bersahabat. 

Jika ada usaha lain yang menjual produk atau layanan serupa dengan Anda, mengadakan promosi khusus dapat membuat usaha Anda mendapat lebih banyak pelanggan.

Cobalah mengadakan promosi secara berkala, mungkin di momen tertentu atau diskon di jam tertentu, guna menarik dan mempertahankan minat pelanggan.

5. Ajak kerja sama dengan usaha lain

Untuk membuat penawaran yang cukup menggiurkan dan mendatangkan pelanggan baru, biasanya Anda perlu menawarkan pengurangan harga yang cukup besar.

Menawarkan diskon beli satu dapat satu dan penjualan serupa dapat menarik pelanggan, tetapi mungkin tidak bisa dilakukan jangka panjang. Solusi yang bisa diandalkan adalah kerja sama dengan usaha lain.

Sebagai pengusaha makanan, Anda adalah mitra yang sempurna untuk promosi dengan bioskop dan tempat hiburan lainnya. Anda bisa berkolaborasi dengan produk minuman untuk membuat menu paket dan mendapatkan keuntungan lewat strategi promosi yang menguntungkan kedua belah pihak. Begitu pula sebaliknya. 

6. Rekrut reseller supaya produk makanan jadi meluas

Reseller adalah pelaku usaha (baik perusahaan maupun individu) yang bertindak sebagai perantara antara produsen dan pelanggan. Peran utama reseller adalah menjadi tenaga penjual tambahan usaha yang dapat membuat pelanggan lebih mudah membeli produk Anda.

Manfaat reseller juga termasuk membantu memangkas biaya operasional, seperti biaya transportasi penjualan, sewa gedung, hingga gaji karyawan. Sederhananya, mempunyai reseller sebagai strategi pemasaran produk makanan sama dengan mempunyai perwakilan usaha dalam memasarkan atau menjual produk Anda kepada pelanggan.

7. Bergabung ke layanan pesan antar online

Strategi pemasaran produk makanan yang terakhir adalah bergabung ke layanan pesan antar online. Anda bisa mendaftar ke GoFood untuk meningkatkan penjualan usaha makanan Anda.

Cara daftar GoFood bisa dilakukan lewat aplikasi GoBiz. Siapkan dan lengkapi dulu berbagai dokumen data usaha sebelum mendaftar. Setelahnya, lanjutkan dengan mengunduh aplikasi GoBiz dari Google PlayStore dan lanjutkan dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi GoBiz
  • Klik tombol Daftar GoBiz
  • Pada tampilan jenis pendaftaran, pilih Usaha milik pribadi
  • Lengkapi data usaha yang dibutuhkan

Itulah informasi tentang strategi pemasaran produk makanan. Jangan lupa gunakan aplikasi GoBiz untuk bergabung ke layanan pesan antar online. Cara daftar GoFood cukup sederhana dan dapat meningkatkan penjualan. Semoga bermanfaat!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya