GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

7 Strategi Pemasaran di Bulan Ramadhan untuk Tingkatkan Penjualan

Momen Ramadhan adalah saat yang paling bahagia bagi umat Muslim. Selain itu, Ramadhan juga menjadi momen emas bagi para pelaku usaha untuk meraup lebih banyak keuntungan. Lantas, bagaimana cara memaksimalkan usaha dengan memanfaatkan momen Ramadhan? Berikut ini adalah strategi pemasaran di bulan Ramadhan yang patut Anda pertimbangkan.

Baca juga: Proses Riset Pemasaran: Kenali Fungsi, Tujuan, dan Langkahnya


Strategi Pemasaran di Bulan Ramadhan untuk Meningkatkan Penjualan

1. Sediakan Produk Khusus di Bulan Ramadhan

Produk berlabel khusus, seperti misalnya limited edition atau special edition, selalu menarik bagi masyarakat. Ada kepuasan tersendiri yang dirasakan ketika membeli barang atau produk berlabel seperti ini. Nah, ini bisa menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan, lho. Dengan menambah label Ramadhan Special Edition, suatu produk akan mendapatkan nilai daya tarik lebih. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan variasi produk khas Ramadhan, seperti misalnya susu dengan rasa kurma.

2. Tawarkan Promo Menarik Spesial Ramadhan

Nah, ini dia yang selalu menjadi incaran masyarakat, yaitu strategi pemasaran di bulan Ramadhan berupa promo spesial. Siapa, sih, yang tidak tergiur dengan promo? Karenanya, coba tambahkan berbagai promo yang menarik, seperti misalnya paket bundling Ramadhan yang sudah termasuk camilan, sirup, dan buah-buahan, atau sembako hemat dengan harga diskon sebesar 15%.

Menawarkan produk dengan promo spesial Ramadhan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa juga dengan menawarkan kopi dan susu sachet dengan promo beli 3 gratis 1. Atau Anda juga bisa menawarkan mi instan yang berhadiah piring dan gelas cantik. Wah, kalau begini, pelanggan ibu-ibu pasti akan tergiur!

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran Produk Makanan untuk Menarik Banyak Pelanggan

3. Desain Ulang Kemasan dengan Nuansa Ramadhan

Menawarkan produk spesial Ramadhan tidak selalu dengan membuat produk baru. Anda dapat mendesain ulang kemasan produk yang sudah ada dengan desain yang sangat menggambarkan nuansa Ramadhan. Kemasan bernuansa Ramadhan dapat didesain dengan warna atau ilustrasi Ramadhan, atau bisa juga ditambah dengan tulisan ucapan selamat Ramadhan. Kemasan baru ini dapat Anda promosikan juga ketika momen Ramadhan tiba.

4. Kolaborasi dengan Pemilik Usaha Lain

Strategi pemasaran di bulan Ramadhan

Untuk menggencarkan promosi Ramadhan, Anda bisa juga, lho, mengadakan kolaborasi dengan pemilik usaha lain. Misalnya, Anda dapat mengeluarkan hampers kue kering yang berkolaborasi dengan minuman boba kekinian, atau hampers makanan yang berkolaborasi dengan produsen buah kurma.

5. Gencarkan Promosi Lewat Media Sosial

Zaman sekarang, orang-orang pasti mencari dan mendapatkan informasi dari media sosial. Insight yang besar dapat membuat produk Anda lebih banyak dikenal orang. Gencarkan strategi pemasaran di bulan Ramadhan secara besar-besaran lewat media sosial, seperti TikTok, Instagram, YouTube, Facebook, dan sebagainya. Agar lebih ramai, adakan challenge berhadiah atau giveaway bagi para pengguna media sosial untuk membuat konten tentang produk Anda. Dengan begitu, Anda sudah mendapatkan bantuan pemasaran secara instan.

6. Gandeng Influencer untuk Tingkatkan Awareness

Selain mengadakan kolaborasi dengan usaha lain, Anda juga bisa menggandeng influencer-influencer yang dapat disesuaikan dengan target pasar Anda. Ajak influencer untuk menggencarkan produk Anda lewat media sosial mereka atau bisa juga dengan menyematkan foto mereka di kemasan produk Anda. Misalnya, Anda bisa membuat kemasan gula pasir bergambar wajah bintang sinetron yang disukai ibu-ibu, atau kemasan susu bergambar penyanyi terkenal favorit anak muda.

Baca juga: 10 Cara untuk Menghadapi Persaingan Usaha

7. Sediakan Layanan Pesan Antar

Saat bulan Ramadhan, orang akan merasa lebih malas untuk keluar rumah karena panas atau jalanan yang ramai ketika waktu berbuka tiba. Bagi mahasiswa rantau yang jauh dari rumah, pasti juga akan malas keluar beli makanan untuk sahur. Namun, hal ini tidak akan menjadi penghalang, malah bisa menjadi peluang bagi Anda untuk mencoba layanan pesan antar seperti GoFood agar Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan daripada yang lain!

Untuk mulai jualan makanan online, Anda hanya perlu melakukan tiga langkah pendaftaran di GoBiz. Selain itu, Anda juga bisa menerima berbagai pembayaran nontunai melalui GoPay lewat fitur GoKasir yang dapat membuat laporan penjualan serta memaksimalkan penghasilan! Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi GoBiz tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis!

Yuk, terapkan strategi pemasaran di bulan Ramadhan seperti di atas dan bergabunglah dengan GoBiz!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya