GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Rebus Telur Berapa Menit: Berbeda setiap Tingkat Kematangan

Rebus Telur Berapa Menit: Berbeda setiap Tingkat Kematangan – Anda menjalankan bisnis makanan dengan telur rebus sebagai bahan utamanya? Atau mungkin menggunakan telur rebus sebagai bahan pelengkap menu seperti ramen Jepang? Nah, tentu saja Anda perlu mengatahui rebus telur berapa menit agar menghasilkan tingkat kematangan yang pas. 

Bisa dibilang, merebus telur itu gampang-gampang susah. Sebab, selera pelanggan berbeda-beda. Ada yang lebih suka telur matang sempurna, tapi ada juga yang lebih suka setengah matang. Dengan merebus telur sesuai tingkat kematangan yang diinginkan pelanggan, mereka pun akan merasa puas sehingga tak akan ragu kembali membeli makanan buatan usaha Anda.

Namun, sebenarnya untuk rebus telur berapa menit waktu yang diperlukan? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat kematangan tertentu? Daripada hanya menebak-nebak, mari cari tahu jawabannya di sini!

Baca juga: 20 Peluang Usaha Makanan yang Menguntungkan   


Sebelum Ketahui Rebus Telur Berapa Menit, Siapkan Dulu Bahan dan Caranya

Untuk menghasilkan telur rebus yang enak dan memuaskan pelanggan, Anda harus menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dulu.

Pertama-tama, siapkan panci dengan ukuran yang pas. Ada baiknya Anda tidak merebus terlalu banyak telur dalam satu waktu. Untuk itu, tidak perlu gunakan panci yang terlalu besar. Lalu selain panci, siapkan air bersih dan peralatan lain seperti sendok sayur dan saringan.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan telur. Pastikan telur yang Anda pakai dalam keadaan segar. Untuk mengecek kondisi telur, goyangkan telur beberapa kali. Jika Anda mendengar bunyi cairan yang berguncang, tandanya telur kemungkinan besar sudah tidak segar atau busuk.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana cara rebus telur untuk mendapatkan tingkat kematangan sesuai keinginan? Berikut cara-caranya.

1. Panaskan air hingga mendidih

Jika semua alat dan bahan sudah siap, masukkan air ke dalam panci. Nyalakan kompor dan tunggu hingga air mendidih. Gunakan api kecil agar lebih mudah dikontrol. Dengan begini, risiko telur rebus terlalu matang pun bisa dihindari.

2. Masukkan telur ke air mendidih dalam panci

Setelah air mendidih, masukkan telur ke dalam panci. Ada baiknya jika seluruh telur terendam dalam air. Hindari menggunakan api besar karena gelembung air yang terlalu kuat bisa menyebabkan cangkang telur mudah retak.

3. Ketahui tingkat kematangan berdasarkan waktu rebus telur berapa menit

Waktu rebus telur berapa menit untuk berbagai tingkat kematangan

Sekarang, mari kita kembali pada pertanyaan utamanya; untuk rebus telur berapa menit waktu yang diperlukan? Tiap tingkat kematangan punya durasinya masing-masing. Berikut penjelasan detailnya:

1. Kuning telur meleleh: Waktu rebus 6 menit

Untuk telur dengan bagian kuning yang seolah meleleh, perlu rebus telur berapa menit, ya? Jawabannya adalah 6 menit. Dengan merebus telur selama 6 menit, Anda akan mendapatkan telur rebus dengan bagian putih yang lembut dan bagian kuning seolah meleleh. Telur rebus seperti ini cocok untuk dijadikan isian toast.

2. Kuning telur bertekstur: Waktu rebus 8 menit

Bagi Anda yang menjual ramen Jepang, biasanya ada menu yang menggunakan telur sebagai pelengkap. Nah, untuk keperluan tersebut, biasanya bagian kuning telur cenderung bertekstur namun masih sedikit cair. Untuk mencapai tingkat kematangan seperti ini, Anda bisa rebus telur selama 8 menit.

3. Kuning telur padat: Waktu rebus 10 menit

Anda menjual usaha makanan salad sayur dengan tambahan telur? Untuk mendapatkan tingkat kematangan yang cocok dengan salad dan tidak terasa eneg, rebus telur selama 10 menit. Dalam 10 menit, bagian kuning telur akan menjadi lebih padat namun tetap terasa lembut.

Baca juga: 7 Rekomendasi Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari  

4. Matang sempurna: Waktu rebus 12-14 menit

Untuk hidangan seperti telur balado atau telur bacem untuk gudeg, sebaiknya telur berada dalam kondisi matang sempurna. Tujuannya adalah agar telur tidak pecah saat dicampur dengan bumbu.

Nah, untuk mencapai tingkat kematangan ini, perlu rebus telur berapa menit, ya? Penjelasannya, Anda bisa merebus telur selama 12 hingga 14 menit untuk mencapai tingkat kematangan sempurna yang dibutuhkan telur balado atau telur bacem.


Rebus Telur Berapa Menit? Jika Terlalu Lama, Hilanglah Khasiatnya

Waktu rebus telur berapa menit untuk berbagai tingkat kematangan

Jika memperhatikan penjelasan di atas, sebenarnya merebus telur tidak perlu terlalu lama. Ini karena merebus telur terlalu lama justru akan membahayakan kesehatan. Bagian kuning telur akan mengalami reaksi oksidasi yang berisiko menghilangkan nutrisi pada makanan. Jadi, hindari merebus telur terlalu lama, ya!

Nah, itu dia panduan dan informasi rebus telur berapa lama untuk mencapai tingkat kematangan yang diinginkan.

Sudah tahu cara merebus tapi belum tahu tempat yang tepat untuk membeli telur berkualitas? Tenang, serahkan saja pada GoFresh. Lewat GoFresh, Anda bisa belanja sayur online dan bahan makanan lain seperti telur untuk keperluan bisnis!

Caranya mudah, Anda cukup men-download aplikasi GoBiz sekarang juga dan nikmati kemudahan belanja bahan baku berkualitas di GoFresh!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Mudahnya Atur Profil Outlet Anda di Aplikasi GoBiz

Sebagian besar masyarakat mengandalkan internet untuk mencari beragam informasi, termasuk selengkapnya

Buat Operasional Usaha Lebih Lancar dengan 3 Fitur Baru GoBiz Versi 3.25

Tidak terasa, tahun 2021 yang merupakan awal bagi semangat baru, khususnya Anda para selengkapnya