GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Perbedaan Kartu Debit & Kartu Kredit untuk Usaha Anda

Popularitas dan jangkauan

Baik kartu kredit dari Visa dan Mastercard dapat digunakan pada merchant yang memiliki kerja sama dengan jaringan tersebut. Misalnya saja di sebuah toko fashion yang bekerja sama dengan MasterCard, maka Anda tidak bisa menggunakan kartu Visa di tempat tersebut.

Pada umumnya, kartu kredit MasterCard banyak digunakan di negara-negara Amerika dan Eropa. Sementara untuk kartu kredit Visa lebih populer di negara-negara Asia.

Misalnya saja di sebuah toko fashion yang bekerja sama dengan MasterCard, maka Anda tidak bisa menggunakan kartu Visa di tempat tersebut.

Pada umumnya, kartu kredit MasterCard banyak digunakan di negara-negara Amerika dan Eropa. Sementara untuk kartu kredit Visa lebih populer di negara-negara Asia.

Jenis kartu kredit yang ditawarkan

Kartu kredit yang ditawarkan oleh Visa dan MasterCard sangat beragam dan ini bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Visa menawarkan dua jenis kartu, yakni Visa Signature dan Visa Infinite.

Untuk Visa Signature, penggunaannya terbatas hanya untuk kalangan tertentu, seperti pengusaha. Sebab, minimal limitnya mulai dari Rp100 jutaan. Sedangkan untuk Visa Infinite juga tidak ditawarkan kepada umum, sebab ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti harus memiliki aset di atas 100 ribu dolar atau Rp1 miliar.

Lalu, untuk kartu kredit World MasterCard memiliki persyaratan tertentu. Misalnya saja Anda harus menggunakannya minimum Rp75 juta dalam setahun. Jenis dari MasterCard berikutnya adalah World Elite MasterCard dengan keuntungan beragam seperti reservasi hotel, bandara, hingga restoran mewah. Kartu ini sangat cocok untuk Anda yang suka bepergian.

Perlindungan terhadap nasabah

Untuk perlindungan terhadap nasabah, kedua provider memiliki caranya masing-masing. Visa menawarkan bentuk pengamanan berupa pengaplikasian pin statis atau One Time Password (OTP).

Langkah seperti ini dinilai akan lebih efektif dan dikirimkan ketika akan melakukan transaksi. Sedangkan, MasterCard memberikan bentuk perlindungan dengan Secure Code. Kode ini sebenarnya adalah pin tambahan yang wajib ada ketika melakukan transaksi online.

Biaya transaksinya

Biaya transaksi antara Visa dan MasterCard memiliki perbedaan mendasar. Visa menerapkan biaya transaksi ketika pergi ke luar negeri sebesar 1% dari keseluruhan transaksi. Sementara itu, MasterCard cukup beragam dan tergantung dari merchant. Biasanya mulai dari 0.2% hingga 1% dan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.


Itulah perbedaan kartu kartu debit dan kartu kredit untuk menunjang usaha Anda. Selain kedua kartu tersebut, dalam mendirikan sebuah usaha Anda pun memerlukan aplikasi perencanaan dan pengaturan keuangan. Salah satu yang bisa Anda gunakan aplikasi GoBiz yang dilengkapi dengan berbagai fitur terkini untuk pengelolaan keuangan secara efektif dan efisien.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3 4

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya