GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Perbedaan Kartu Debit & Kartu Kredit untuk Usaha Anda

4. Besaran biaya yang ditetapkan

Saat menggunakan kartu kredit, Anda harus bersiap-siap dengan beban biaya yang ditetapkan. Misalnya saja, untuk biaya tahunan, biaya bunga, hingga biaya keterlambatan pembayaran. Selain itu, juga ada biaya pembatalan cicilan, over limit, maupun biaya tarik tunai ketika sewaktu-waktu Anda membutuhkan uang tunai.

Di sisi lain, untuk penggunaan kartu debit tidak memiliki biaya apapun. Hanya saja, untuk administrasi per bulannya akan dipotong dari saldo rekening. Untuk besarannya sendiri setiap bank menentukan biaya administrasi yang berbeda-beda. 

5. Dampak catatan kartu kredit

Dalam penggunaan kartu kredit, terdapat skor kredit. Pada skor kredit ini secara langsung akan berpengaruh sejauh mana transaksi kartu kredit yang digunakan.

Misalnya, saldo utang Anda terlalu tinggi dan memiliki keterlambatan pembayaran, hal ini imbasnya akan berdampak negatif untuk kredit yang Anda miliki.

Lalu, untuk kartu debit semua transaksi tidak akan berpengaruh pada skor kredit karena memang rekening tabungan tidak menjadi aspek penilaian skor kredit.

Inilah yang menjadi perbedaan kartu debit dan kartu kredit berikutnya. Meski begitu, Anda harus tetap mengatur keuangan dalam kartu debit.

6. Pengambilan tunai

Pada dasarnya, kedua kartu dapat digunakan untuk pengambilan uang tunai. Akan tetapi, terdapat biaya penarikan yang berbeda. Penarikan tunai dengan kartu kredit, nasabah akan dikenai biaya tarik tunai. Besarannya setiap bank pun berbeda-beda dan memiliki tingkat bunga yang lumayan tinggi.

Berbeda halnya jika melakukan penarikan tunai menggunakan kartu debit. Anda tidak akan dikenai biaya transaksi sama sekali. Dengan catatan, penarikan dilakukan di bank terkait di mana kartu debit dibuat. Sebab, jika dilakukan antar bank Anda tetap saja dikenai biaya transaksi dalam nominal tertentu. 

7. Tingkat keamanan

Perbedaan kartu debit dan kartu kredit terakhir adalah bisa Anda lihat dari segi keamanannya. Sebagian orang menilai bahwa kartu kredit lebih aman daripada kartu debit.

Berikut beberapa perbedaan keduanya dari segi keamanan yang perlu Anda ketahui. 

Pertama, kartu debit tidak berpotensi menimbulkan utang. Sementara itu, untuk kartu kredit berpotensi menimbulkan utang apabila transaksinya di luar kemampuan finansial.

Kedua, dalam kartu debit tidak dilindungi hukum sedangkan pada kartu debit transaksinya dilindungi oleh hukum.

Lalu, ketiga dari segi keamanan kartu debit rawan penyalahgunaan seperti sandi atau PIN dibobol atau diketahui dan ini bisa disalahgunakan untuk kriminal. Untuk kartu kredit penyalahgunaan bisa dihindari dan saldo tidak akan berkurang ketika transaksi tidak sah.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3 4

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya