GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Apa Perbedaan GoBiz dan GoFood?

Sebelum daftar, ketahui dulu perbedaan GoBiz dan GoFood. Industri makanan sudah mengalami perubahan yang dramatis. Kurang dari dua dekade yang lalu, pengiriman makanan berkualitas restoran sebagian besar masih terbatas pada makanan seperti pizza dan chinese food

Sekarang, layanan pesan antar makanan menjelma menjadi pasar global yang semakin meningkat selama pandemi Covid-19. Tidak heran jika layanan seperti GoBiz dan GoFood juga mengalami peningkatan, sehubungan dengan tingginya permintaan terhadap layanan tersebut. Namun, sudahkah Anda tahu perbedaan GoBiz dan GoFood ini?

Baca Juga: 14 Desain Kemasan Makanan Aman untuk Delivery


Kemunculan Layanan Pesan Antar 

Tingkat kesibukan yang tinggi dan ekspektasi atas kemudahan membuat layanan pengiriman makanan menjadi begitu populer. Kebangkitan pengiriman makanan saat ini membuat restoran yang tidak menawarkan jasa pengiriman berisiko tertinggal dari pesaing. Untuk mempertahankan aliran pendapatan yang stabil dan tetap menjadi yang terdepan dalam industri makanan, restoran harus beradaptasi dengan mengikuti kebiasaan konsumen soal penggunaan layanan pesan antar. 

Untuk menjawab kebutuhan ini, GoFood hadir sebagai layanan pesan antar yang memudahkan pengguna untuk menerima dan menikmati makanan tanpa perlu datang ke resto dan antre panjang. Berdasarkan tren pengiriman makanan terbaru, GoFood membantu restoran dan pemilik usaha makanan untuk dapat berkembang dan tetap stabil secara finansial dalam iklim ekonomi apa pun.

Baca Juga: Apa Saja Keuntungan Daftar Komisi GoFood Baru? Simak, yuk!


Kenalan dengan GoBiz dan GoFood

Roemah Naskoen Sukses setelah Gabung KOMPAG - Perbedaan GoBiz dan GoFood

Jika Anda sudah daftarkan restoran Anda GoFood, Anda akan memperoleh berbagai keuntungan yang menarik. Salah satunya mendapatkan biaya antar yang lebih murah dengan pembayaran menggunakan GoPay. Tentu saja hal ini akan membantu meningkatkan penjualan bisnis makanan sebab pelanggan akan lebih senang dengan biaya antar yang lebih kecil.

Sementara itu, GoBiz yang merupakan super app dari Gojek spesial untuk para pebisnis di Indonesia. Dengan menggunakan GoBiz,  banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh. Misalnya, mendapat bantuan untuk mengelola pesanan GoFood di toko, menerima pembayaran GoPay, menganalisa laporan penjualan, hingga membuat promo untuk menarik konsumen.

Dengan menggunakan GoBiz, akan lebih mudah juga bagi pemilik usaha untuk melakukan berbagai hal berikut ini:

  • Mengatur ketersediaan menu.
  • Mengelola status restoran (buka atau tutup).
  • Mengatur jam operasional.
  • Memonitor seluruh transaksi.
  • Mengubah detail harga di GoFood apabila perlu.

Perbedaan GoBiz dan GoFood

Nasi Uduk Babeh Ali, Laris karena Komunitas Partner GoFood - Perbedaan Gobiz dan Gofood

Perbedaan GoBiz dan GoFood yang paling utama adalah penggunanya. GoFood merupakan aplikasi dalam aplikasi Gojek untuk pelanggan mencari dan memesan makanan, sedangkan GoBiz adalah aplikasi untuk mengatur operasional restoran di GoFood yang digunakan oleh Partner GoFood. 

Baca Juga: Takut Omzet Turun? Simak 9 Cara Meningkatkan Penjualan di GoFood!

Ada juga yang disebut GoFood Super Partner

Sudah pernah dengar tentang GoFood Super Partner? Fitur terbaru dari Gojek ini bisa disebut sebagai GoFood generasi ketiga sebab fitur ini memberikan pelayanan yang lebih cepat dibandingkan dengan dua versi GoFood sebelumnya. Kecepatan ini berasal dari sistem pesanan masuk ke aplikasi restoran terlebih dahulu sebelum ke pihak driver.

Cara kerja GoFood Super Partner adalah dimulai ketika pihak restoran memberikan konfirmasi pesanan sekaligus menyiapkannya sesuai aplikasi. Setelah itu, order akan diteruskan ke mitra driver

GoFood sendiri sebenarnya juga menyediakan notifikasi pada aplikasi saat ada order masuk. Namun, pihak restoran baru akan proses pesanan setelah driver mengonfirmasi pesanan di restoran.

Dengan cara kerja yang berbeda ini, GoFood Super Partner memungkinkan pihak restoran untuk menyiapkan pesanan sesuai aplikasi, bahkan tanpa harus ada konfirmasi dari driver. Hal ini membuat pelanggan tidak bisa menambah pesanan atau membatalkan order jika menggunakan layanan GoFood Super Partner. Jika ingin membatalkan pesanan, pelanggan wajib menelepon pihak restoran. Pembatalan hanya bisa terjadi jika pihak restoran sendiri yang mengonfirmasi dengan cara menelepon CS Gojek untuk membatalkan pesanan.

Itulah informasi mengenai perbedaan GoBiz dan GoFood yang penting untuk Anda ketahui. GoFood tak hanya jadi layanan pesan antar yang menguntungkan konsumen, melainkan juga pemilik usaha karena bisnisnya bisa terjangkau lewat aplikasi (online). 

Yuk, segera daftarkan usaha Anda ke GoBiz dengan cara daftar GoBiz sekarang! Super app ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, seperti layanan kasir dari GoKasir, fitur promo untuk membuat diskon, hingga monitor penjualan dengan GoBiz dashboard untuk mengembangkan usaha Anda. Semakin cepat Anda daftar GoBiz, semakin cepat pula Anda bisa menikmati semua layanannya. Semoga bermanfaat!

cara daftar gobiz

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Danke Cafe: Saat Seorang Dokter Tak Hanya Ingin Menyembuhkan tapi Juga Ingin Menyajikan Makanan & Minuman

Danke Cafe: Saat Seorang Dokter Tak Hanya Ingin Menyembuhkan tapi Juga Ingin Menyajikan selengkapnya

Piutang Usaha Adalah: Pengertian, Jenis, dan Bedanya dari Utang

Piutang usaha adalah uang yang harus pelangkan bayarkan kepada perusahaan atas barang selengkapnya