GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

16 Peralatan Cafe yang Dibutuhkan saat Memulai Coffee Shop

8. Peralatan Menyimpan Makanan

Bahan-bahan makanan café harus selalu dalam kondisi segar agar saat dimasak dapat mengeluarkan cita rasa dan aroma terbaiknya. Oleh karena itu anda memerlukan peralatan untuk menyimpan makanan seperti kulkas, freezer, dan showcase cooler.

Peralatan ini dapat membuat bahan-bahan makanan di café anda lebih awet dan tidak mudah busuk. Untuk showcase cooler juga dapat anda gunakan untuk menyimpan aneka minuman kemasan dan juga botol.

9. Peralatan Menyimpan Air Minum

Peralatan untuk menyimpan air minum seperti dispenser galon, teko, dan juga termos sangat diperlukan. Saat memilih dispenser, ada baiknya memilih dispenser dengan galon di bawah, serta memiliki tiga tombol yaitu tombol air panas, tombol air dengan temperatur normal, dan tombol air dingin. Lengkapi pula peralatan menyimpan air minum anda dengan membeli termos dan teko.

10. Silverware

Silverware adalah peralatan makan yang terbuat dari stainless steel, logam, atau gold. Perangkat ini merupakan hal berikutnya yang wajib anda punya di café anda.

Silverware ini terdiri dari piring, mangkuk, sendok makan, sendok teh, sendok untuk es / kopi, sendok untuk sup encer, sendok untuk sup kental, sendok besar, sendok untuk mengambil hidangan (serving spoon), sendok gula, punch ladle, garpu, pisau untuk memotong steak, pisau untuk selai, bahkan keranjang roti.

11. Glassware

Untuk glassware juga harus anda miliki. Glassware terbuat dari kaca bening, biasanya terdiri dari gelas bertangkai (untuk minum wine, champagne, dan cocktail), gelas tidak bertangkai (untuk minum bir, jus, dan lainnya), serta cangkir (untuk minum teh dan kopi).

12. Blender & Juicer

Peran blender dan juicer tidak dapat diremehkan. Banyak konsumen menyukai minuman yang diblender. Blender dan juicer juga dapat menghasilkan aneka jus dengan kualitas yang lebih baik karena sudah tercampur secara merata. Khasiat buah dan sayur yang diproses dengan kedua alat itu juga tidak hilang sehingga lebih sehat untuk diminum.

13. Peralatan Kebersihan

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Kebersihan adalah faktor utama yang harus anda perhatikan ketika hendak membuka café. Café yang bersih tentunya akan membuat konsumen senang untuk bersantap di café anda. Oleh karena itu anda wajib memiliki peralatan kebersihan.

Peralatan kebersihan yang wajib anda miliki adalah sponge dan sabun cuci piring untuk membersihkan peralatan makan. Selain itu anda juga harus memiliki sapu, dustpan (pengki), mop holder, window washer, botol sprayer, wiper karet, sikat lantai, alat pel, kop toilet, kemoceng, dll.

14. Pendingin Udara

Café yang panas dan pengap tentunya akan sangat tidak nyaman sehingga beresiko akan dihindari oleh konsumen. Jika sudah begitu maka penghasilan café anda tentu akan menurun drastis.

Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki peralatan pendingin udara seperti air conditioner (AC) atau kipas angin. Peralatan tersebut akan membuat suasana di café anda cenderung lebih nyaman.

15. Peralatan Keamanan

Memiliki peralatan keamanan tentunya sangat disarankan untuk melindungi café anda dari bahaya serta meminimalisir kerugian.

Peralatan keamanan yang wajib anda miliki adalah cctv camera untuk memantau keadaan di café anda, detector kebakaran untuk mencegah secara dini kebakaran, fire extinguisher untuk memadamkan kebakaran dengan cepat, dan alarm anti pencuri.

Peralatan tersebut tentunya dapat memberikan rasa aman kepada anda dan karyawan anda.

16. Aplikasi Kasir (Point of Sale)

Peralatan yang satu ini tak kalah penting dan wajib anda pasang untuk membantu operasional café anda. Aplikasi kasir berfungsi untuk mempermudah bisnis café anda dalam keseharian seperti mengelola penjualan produk, mengontrol persediaan barang, memantau absensi karyawan, serta mencatat data pelanggan. Semuanya tersedia dalam satu perangkat.

Nah itu dia peralatan cafe yang harus ada di café anda, memang memulai bisnis café tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Banyak hal-hal penting yang harus diperhatikan. Anda harus lebih gigih, lebih tekun, lebih disiplin, lebih sabar, dan lebih pantang menyerah. Dan jangan lupa, sebagai seorang pengusaha yang sedang merintis bisnis jam kerja anda akan menjadi lebih panjang.

Setiap harinya anda akan lebih pusing memikirkan konsep yang terbaik untuk café anda. Anda juga harus terus memberikan terobosan-terobosan baru tentang menu café anda agar konsumen tidak bosan.

Selamat berwirausaha.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] G: Gunakan Fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda

Keamanan usaha Anda adalah prioritas kami. Panduan JAGA merupakan upaya Gojek untuk selengkapnya

Lindungi Data Usaha dengan Fitur Kelola Pegawai di Aplikasi GoBiz versi 3.19

Tahukah Anda? Keamanan data sensitif usaha Anda, seperti total pendapatan, rincian selengkapnya