GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

15 Peluang Usaha Jasa dengan Modal di Bawah 500 Ribu

15 Peluang Usaha Jasa dengan Modal di Bawah 500 Ribu – Memulai usaha bisa dilakukan oleh siapa saja. Apalagi jika Anda memiliki sejumlah skill berharga yang bisa dijadikan usaha jasa.

Dengan modal yang terbilang sedikit, bahkan kurang dari Rp500 ribu, Anda sudah bisa memulai bisnis jasa Anda sendiri. Jenis usaha jasa berikut bisa jadi ladang bisnis yang tepat, terutama jika Anda sudah memiliki keahlian di suatu bidang tertentu.

Ini dia beberapa rekomendasi peluang usaha jasa dengan modal di bawah 500 ribu.

15 Peluang Usaha Jasa dengan Modal di Bawah 500 Ribu

mendesain - peluang usaha jasa - menulis (1)

1. Pembuatan website

Di era digital seperti ini, tidak sedikit orang atau institusi yang ingin hadir di internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Jika Anda memiliki keahlian untuk membuat website, jenis usaha jasa ini bisa jadi pilihan. 

Baca juga: 5 Tips Menjadi Pengusaha Sukses Dari Nol

2. Mulai blogging

Modal yang dibutuhkan jelas tidak begitu banyak. Monetisasi blog bisa dilakukan dengan memanfaatkan Google Adsense atau artikel bersponsor. Setiap iklan yang muncul di blog Anda pun akan menghasilkan uang.

3. Berjualan e-book legal

Kemampuan menulis dan hobi membaca akan sangat bermanfaat bagi Anda. Promosikan e-book dengan menuliskan review buku dengan cara unik untuk menarik minat pembeli. Proses jualan yang secara online juga memungkinkan Anda bekerja dengan lebih fleksibel tentu saja.

4. Jasa penerjemah

Contoh usaha jasa yang juga bisa dilakukan dengan mengandalkan skill adalah penerjemah. Manfaatkan kemampuan berbahasa asing Anda untuk menghasilkan sumber pendapatan lainnya. Apalagi kalau Anda sudah memiliki sertifikasi bahasa asing, pasti tarif yang dipatok pun bisa lebih tinggi.

Baca juga: 9 Kata-Kata Promosi yang Menarik untuk Iklan

5. Desain dan jualan template website

Beberapa blog atau website di internet dibuat dari template website. Anda yang memiliki keahlian di bidang design template website bisa menjadikan keahlian tersebut sebagai usaha jasa Anda sendiri. 

6. Social Media Specialist

Social media menjadi salah satu alat marketing yang banyak dilakukan oleh pemilik usaha. Apabila Anda memiliki kemampuan di bidang ini, mengapa tak coba menawarkan diri untuk menjadi social media specialist?

Profesi yang sedang banyak dicari sekarang ini juga mungkin untuk ditawarkan secara independen. Anda bisa mengambil proyek penggarapan media sosial dalam skala menengah ataupun kecil. 

7. Jasa copywriting

Copywriting adalah seni persuasi yang tidak banyak orang punya dan mampu disampaikan dengan baik dan mudah dieksekusi pula. Jika Anda adalah satu dari beberapa orang dengan kemampuan copywriting yang berkualitas, tidak ada salahnya untuk mulai merintis usaha jasa Anda sendiri.

8. Konsultan online

Memiliki pemahaman serta pengalaman tertentu bisa dijadikan sarana konsultasi. Tawarkan jasa konsultasi dengan Anda secara online untuk mereka yang tertarik berdiskusi dan brainstorming demi mendapat insight.

9. Kursus online

Membuka usaha jasa berupa kursus online juga bisa dipilih siapa saja. Di sini, Anda bisa membagikan ilmu dengan cara-cara yang lebih kreatif. Tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa, asalkan sesuai dengan bidang keahlian Anda.

10. Desainer grafis

Menjual jasa sebagai desainer grafis bisa dibilang sangat menguntungkan, apalagi kalau dilihat tren akhir-akhir ini di mana interaksi di platform digital mengharuskan konten-konten hadir dengan sentuhan design yang unik. 

11. Videografi dan video editing

Industri kreatif sekarang jadi ladang usaha besar bagi para videografer dan editor video. Anda yang memiliki keahlian ini, jadikanlah kesempatan bagus ini untuk memperluas jangkauan usaha Anda. 

12. Konten kreatif

Mencari ide dan mendesain konten untuk platform digital adalah pekerjaan yang menyenangkan karena melibatkan kreativitas dan eksperimental di dalamnya. Memiliki keahlian di bidang ini di era media sosial dan creating platform seperti sekarang ini bisa jadi peluang besar.

13. Ojek online

Kemampuan mengendarai kendaraan bermotor dengan baik, pemahaman peraturan lalu lintas, mengenal jalan atau medan di area Anda, serta memiliki SIM sudah cukup untuk melakukan contoh usaha jasa yang satu ini.

14. Jadi dropshipper

Anda tidak perlu membuka toko sama sekali untuk berjualan online. Bisnis dropshipper adalah jasa meneruskan produk yang sudah ada. Jadi, tidak perlu repot mengurus produksi barang.

15. Jasa penulisan artikel

Contoh usaha jasa yang juga bisa Anda lakukan adalah menyediakan jasa untuk penulisan artikel, terutama artikel SEO-friendly yang kini banyak dicari. Anda bisa memanfaatkan banyak situs freelancer untuk mendapatkan klien yang hendak mencari jasa penulisan.

Buat usaha jasa Anda jadi lebih mudah dan menarik dengan metode pembayaran non-tunai. Salah satunya adalah membayar jasa Anda dengan menggunakan GoPay. Klien cukup mengirimkan sejumlah dana sesuai dengan harga jasa Anda ke akun GoPay milik Anda. Mudah, bukan?

Jadi, mana peluang usaha jasa yang jadi pilihan Anda?

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pengertian, Jenis, Peran, dan Perkembangan UMKM di Indonesia

Pengertian, Jenis, Peran, dan Perkembangan UMKM di Indonesia – Masih berpikir bahwa selengkapnya

Apa itu NIB dan Pentingnya untuk Usaha Anda?

Apa itu NIB dan Pentingnya untuk Usaha Anda? – NIB adalah akronim dari Nomor Induk selengkapnya