Menggaet pelanggan baru memang penting, namun faktanya, pelanggan setia ternyata merupakan salah satu kunci kesuksesan usaha Anda, lho. Dengan memiliki pelanggan yang loyal, angka penjualan resto Anda akan cenderung stabil.
Pelanggan yang sudah setia dengan resto Anda pun biasanya membeli lebih banyak produk dibanding pelanggan baru. Bahkan pelanggan tersebut secara tidak langsung akan sering memberi masukan dan membantu dalam mempromosikan produk Anda.
Oleh karena itu, penting bagi suatu bisnis untuk memiliki pelanggan yang loyal terhadap produk Anda. Nah, kali ini Resto One Stop Parking akan membagikan rahasia membangun loyalitas pelanggan salah satunya melalui menu andalan mereka, Lodeh Istana. Penasaran?
Kenalan dengan One Stop Parking, yuk!
Di tahun 2012, awalnya usaha ini belum berdiri sebagai sebuah resto. Saat itu Ribut Fajariyanto hanya menerima permintaan pesanan dari Istana Negara Yogyakarta untuk membuat Sayur Lodeh Kluwih. Pesanan tersebut diketahui akan disajikan untuk Presiden Indonesia keenam, yakni Susilo Bambang Yudhoyono, yang kebetulan merupakan seorang penggemar Lodeh Kluwih. Sejak saat itu, Lodeh Kluwih buatan Ribut selalu dipesan Gedung Agung jika Presiden RI ke-6 tersebut berkunjung ke Yogyakarta.
Sampai ketika di tahun 2016, Ribut mendirikan warung makan ramesan di belakang rumahnya dengan merek One Stop Parking. Awalnya, One Stop Parking hanya menerima pesanan secara offline saja. Hingga beberapa bulan kemudian, Ribut mencoba untuk mengembangkan restonya dengan mendaftarkan di GoFood.
Kini, Ribut sudah menjual produknya untuk kalangan umum. Menu andalan Lodeh Kluwih nyatanya masih menjadi menu favorit banyak pejabat tiap kali mereka datang ke Gedung Agung. Selain Lodeh Kluwih, ternyata ada beberapa menu lain yang banyak dipesan dari Gedung Agung, di antaranya:
- Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, yang berlangganan memesan Lodeh Kluwih sejak tahun 2012 hingga 2014.
- Jusuf Kalla, politikus yang pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia selama dua periode ini menyukai menu Lodeh Rebung sejak tahun 2014 hingga 2019 lalu.
- Presiden RI ke-7, Joko Widodo ini juga ternyata menggemari menu Sayur Rebung milik resto One Stop Parking. Beliau bahkan sudah berlangganan memesan menu ini sejak 2014 silam.
Tidak heran, menu-menu tersebut juga menjadi favorit pelanggan One Stop Parking. Tercatat Ribut bisa menjual hingga 3000 porsi sayur setiap bulannya. Selain rasanya yang cocok dengan lidah masyarakat, banyak juga yang penasaran dengan rasa Lodeh Kluwih favorit Istana Negara Yogyakarta ini. Hingga akhirnya, banyak juga pelanggan yang menjuluki sayur Lodeh Kluwih tersebut dengan sebutan Lodeh Istana.
Banyaknya pesanan yang datang ternyata tidak hanya dari pelanggan yang makan di tempat saja. Sebagian penjualan juga banyak didapatkan dari pelanggan yang memesan melalui GoFood. Ribut bahkan mengakui bahwa omzet penjualan restonya berhasil meningkat hingga 2 kali lipat semenjak bergabung dengan GoFood.
Selain dari sisi omzet, resto yang berlokasi di Kota Yogyakarta ini juga lebih mendapatkan awareness dari masyarakat luas sejak membuka resto di GoFood. Ditambah lagi, Ribut seringkali mengadakan promo dan menerapkan berbagi tips yang ia dapat saat bergabung dengan Komunitas Partner GoFood (KOMPAG).
Melalui komunitas ini, ia menjadi lebih memahami strategi terbaik untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan mempertahankan kestabilan penghasilan restonya. Berkat usahanya tersebut, One Stop Parking kini berhasil memiliki 2 outlet di Kota Yogyakarta. Tertarik untuk mencoba menu Lodeh Kluwih?
Bangun Loyalitas Pelanggan ala One Stop Parking
Untuk membangun loyalitas pelanggan dan menjaga pelanggan setia, ada beberapa hal yang selalu dilakukan Ribut Fajariyanto selama mengelola restonya, antara lain:
1. Mempertahankan kualitas produk
Kualitas yang konsisten menjadi poin penting membuat konsumen mempercayai produk resto Anda. Fakta ini didukung oleh Forbes yang menyebutkan bahwa sekitar 70% orang akan melakukan pembelian berulang berdasarkan pengalaman dan kualitas yang mereka rasakan sebelumnya.
Meskipun secara umum produk yang dijual adalah masakan rumahan biasa, Ribut selalu mengutamakan brand value restonya yang menjunjung prinsip Keluarga, Sehat, dan Masa Depan. Dengan begitu, pelanggan tidak pernah kecewa dengan kualitas produk One Stop Parking meskipun sudah bertahun-bertahun berdiri.
2. Selalu menerima feedback pelanggan
Tahukah Anda, bahwa inovasi baru bisa berasal dari feedback pelanggan, lho. One Stop Parking rutin mengevaluasi kepuasaan pelanggan dengan mendengarkan setiap masukan yang ada. Biasanya pelanggan yang mengutarakan pendapat tersebut berasal dari pelanggan yang rutin mendatangi resto.
Evaluasi ini tidak hanya membuat pelanggan merasa dihargai, tapi juga membuat Anda lebih mudah meningkatkan pelayanan dan kualitas yang tepat untuk mereka. Untuk mendapatkan feedback tersebut, Anda bisa melakukan beberapa kali survei pelanggan dalam setahun.
3. Membuat basis pelanggan
Secara sederhana, basis pelanggan atau customer base merupakan kumpulan data pelanggan setia dan memiliki ikatan kuat dengan brand yang Anda punya. Dengan basis pelanggan tersebut, Anda dapat mengetahui siapa saja pelanggan yang rutin membeli produk Anda. Basis pelanggan juga dapat digunakan untuk membantu dalam menentukan promo spesial dan menerima feedback yang mereka rasakan.
Untuk membuat basis pelanggan, Ribut biasanya mencatat data pelanggan yang datang ke resto secara manual. Dengan mengingat data pelanggan, seperti nama, Anda bisa sekaligus menjalin ikatan dan lebih menghargai mereka karena resto mengingat kedatangan mereka.
4. Maksimalkan resto di GoFood
Jangan hanya berfokus pada penjualan offline saja, Anda juga wajib membangun loyalitas pelanggan dengan memaksimalkan penjualan online. Untuk membangun loyalitas tersebut, Anda dapat membuat penawaran khusus seperti promo gratis ongkir, cashback, bahkan menu bundling. Selain itu, fitur iklan GoFood juga bisa memudahkan Anda untuk menjangkau pelanggan lama agar ingin memesan lagi di resto Anda.
Nah, itulah rahasia Ribut Fajariyanto dalam membangun loyalitas pelanggan di resto One Stop Parking. Poin mana saja, nih, yang sudah Anda terapkan? Bagi Anda yang mau tahu strategi dan tips menarik lainnya untuk mengembangkan resto, yuk, gabung ke Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) sekarang! Banyak materi edukasi serta kemudahan berjejaring dengan sesama pengusaha kuliner se-Indonesia, lho!