GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Modal Usaha adalah Fondasi Awal Bisnis. Ini 8 Cara Mendapatkannya

Mendapatkan modal usaha adalah hal penting bagi calon pengusaha. Di tengah keadaan ekonomi yang tak pasti akibat pandemi COVID-19, banyak orang memilih membangun usaha sendiri. Tentunya dibutuhkan modal usaha untuk melakukan hal tersebut.

Modal usaha adalah komponen penting yang berfungsi untuk membiayai pembelian bahan baku produksi, menyewa tempat atau alat-alat produksi, sampai membayar upah karyawan. Lantas, dari mana Anda bisa mendapatkan modal usaha tersebut? Tak perlu khawatir, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini beberapa di antaranya!

Baca juga: Cara Membuat Jurnal Umum Perusahaan Dagang Beserta Contohnya


8 Cara Dapatkan Modal Usaha adalah Sebagai Berikut

Modal usaha adalah 2

1. Menggunakan tabungan pribadi

Setiap orang idealnya memiliki tabungan pribadi, termasuk juga Anda. Nah, Anda bisa menggunakan tabungan pribadi sebagai modal usaha. Dari mana tabungan pribadi ini berasal? Tabungan umumnya berasal dari gaji yang disisihkan dan ditabung selama Anda bekerja.

Dengan menggunakan tabungan pribadi sebagai modal usaha, Anda tak perlu mengajukan pinjaman lagi. Namun, perlu dicatat bahwa mengumpulkan modal usaha dari tabungan pribadi tentu membutuhkan waktu yang tak cepat.

2. Meminjam dari orang terdekat

Cara lain untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan meminjam dari orang terdekat jika memang tabungan pribadi dirasa belum cukup. Nah, agar hubungan Anda dan orang terdekat tetap terjaga, sebaiknya buatlah perjanjian pinjaman di atas materai.

Cantumkan detail dan tenggat waktu pelunasan pinjaman pada perjanjian tersebut. Dengan adanya kepastian ini, orang terdekat pun akan lebih percaya meminjamkan modal usaha kepada Anda.

Baca juga: 6 Motivasi Bisnis dari Motivator Bisnis Ternama Dunia

3. Meminjam modal dari bank

Modal usaha adalah 1

Langkah selanjutnya adalah meminjam dari bank. Salah satu keunggulan mengajukan pinjaman ke bank sebagai modal usaha adalah Anda bisa mendapatkan nominal cukup besar. Walau begitu, jangan sampai salah memilih bank! Usahakan pilih bank yang bunganya masih sesuai dengan kemampuan Anda membayar.

Perlu diingat, bila Anda tak bisa mengembalikan uang sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan, otomatis akan memperbesar risiko Anda dalam menjalankan bisnis.

4. Menjual atau menggadaikan aset

Jika Anda memiliki aset pribadi, menggadaikannya bisa menjadi opsi untuk mendapatkan modal usaha. Beberapa contoh aset pribadi yang bisa digadaikan adalah surat tanah, emas dalam bentuk perhiasan atau batangan, gadget, bahkan BPKB kendaraan bermotor.

Menggadaikan barang bisa dijadikan cara cepat untuk mendapatkan modal usaha karena umumnya dapat cair dalam waktu beberapa hari saja.

5. Ajukan pinjaman di GoModal

Alternatif lain untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mengajukan pinjaman di GoModal.

Melalui fasilitas penyedia pinjaman usaha dari GoBiz ini, Anda bisa meminjam modal usaha hingga Rp 150 juta! Anda juga bisa memilih jangka waktu cicilan mulai dari 2, 3, 6 atau 12 bulan lewat aplikasi GoBiz.

Tak hanya itu, proses pengajuan pinjaman di GoModal juga mudah, pencairannya relatif cepat, dan Anda pun mendapatkan keleluasaan dalam membayar cicilan.

Baca juga: 13 Tips Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship yang Wajib Anda Tahu

6. Terapkan sistem pembelian pre-order

Modal usaha adalah 1

Modal usaha juga bisa Anda dapatkan dari konsumen, lho. Bagaimana caranya? Cara ini berlaku untuk bisnis yang menerapkan sistem pre-order.

Saat melakukan sistem pre-order, artinya konsumen akan melakukan pembayaran di awal. Nah, Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk membeli bahan-bahan baku atau menyewa alat produksi. 

7. Pinjaman dari pemerintah 

Pemerintah juga memiliki peran dalam mengembangkan UMKM di Indonesia. Itulah mengapa pemerintah memberikan pinjaman modal usaha lewat Kredit Usaha Rakyat bagi Anda yang ingin mendirikan usahanya sendiri. Biasanya, pinjaman dari pemerintah ini disertai pelatihan hingga pendampingan di awal berdirinya usaha Anda.

8. Modal dari venture capital

Cara terakhir mendapatkan modal usaha adalah mengandalkan Venture capital. Venture capital adalah perusahaan pendanaan yang mendanai usaha startup. Nantinya, Venture capital akan memeriksa, memberikan saran, bahkan ikut mencari peluang untuk mendapatkan keuntungan dari dana yang mereka investasikan kepada usaha Anda. Sebagian profit dari usaha Anda juga akan diberikan kepada investor-investor dariVenture capital.

Modal usaha adalah faktor penting yang perlu dipenuhi untuk memulai bisnis. Delapan cara di atas dapat membantu Anda untuk mendapatkan modal usaha yang dibutuhkan.


Agar bisa mendapatkan lebih banyak informasi seputar modal usaha dan hal penting lain, mari bergabung dengan Komunitas Partner GoFood, Kompag! Dengan daftar Kompag, Anda akan bertemu dengan sesama pengusaha lain dan berbagi cerita seputar bisnis satu sama lain, termasuk cara mendapatkan modal usaha. Yuk, gabung dengan Kompag sekarang juga!

CTA Banner KOMPAG Komunitas Partner GoFood

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pasang Iklan Menarik dengan Fitur Display dari MyAds, Yuk!

Selain menggunakan kanal yang tepat, konten iklan yang menarik juga menjadi hal penting selengkapnya

Kenapa Imlek Selalu Hujan? Ini Penjelasannya …

Kenapa Imlek Selalu Hujan? Ini Penjelasannya … – Imlek adalah pesta perayaan tahun selengkapnya