GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Jenis Mesin Kopi Espresso untuk Coffee Shop

Saat Anda ingin memulai usaha coffee shop, salah satu mesin yang wajib Anda miliki, yaitu mesin kopi espresso. Segala jenis minuman berbahan dasar espresso sebaiknya menggunakan mesin espresso agar menghasilkan ekstraksi biji kopi yang lebih berkualitas.

Kata espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau cepat. Berbeda dengan manual brewing yang disajikan melalui proses atau tahapan yang cukup lama, mesin espresso dapat mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling melalui semburan air panas di bawah tekanan tinggi.

Didalam sebuah mesin espresso, terdapat beberapa bagian yang sangat penting untuk menghasilkan espresso berkualitas, dan sajian lainnya yang berbahan dasar espresso.

Beberapa bagian dari mesin espresso, diantaranya group head, group handle, steam nozze, steam wand, on-off control, shower, seal, filter basket, drip tray, cup warmer, boiler, dan lain-lain.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mempercayakan operasional bisnis dengan aplikasi GoBiz yang memiliki fitur-fitur canggih nan praktis. Tidak perlu pusing mencatat pesanan penjualan secara manual atau membuat laporan keuangan yang sulit, GoBiz akan membantu Anda memudahkan segalanya.

5 Tipe Mesin Kopi Espresso untuk Bisnis Coffee Shop

Adapun tipe mesin espresso juga terbagi dalam beragam jenis berdasarkan kebutuhan penggunanya. Ingin memulai usaha coffee shop dan mencari jenis mesin kopi terbaik? Berikut beberapa tips memilih mesin espresso yang sesuai dengan kebutuhan dan budget:

  1. Coffee maker super-automatic
  2. Coffee maker automatic
  3. Coffee maker semi-automatic
  4. Coffee maker manual
  5. Coffee maker komersial/professional

1. Super-automatic

Coffee maker super-automatic

Harga: mulai 30 juta

Belum memiliki barista untuk coffee shop Anda? Tak perlu khawatir, coffee shop Anda tidak akan terlantar jika memiliki mesin espresso bertipe super-automatic. Seperti nama tipenya, mesin super-automatic dapat menggiling, memadatkan, dan memanaskan kopi sekaligus.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup tekan satu tombol, dan mesin espresso ini akan segera membuat kopi sesuai dengan menu yang Anda pilih. Beberapa contoh merk mesin tipe super-automatic yang dapat Anda pilih adalah delonghi dan jura.

2. Automatic

Coffee maker automatic

Harga: 5 – 10 juta

Mesin automatic memiliki desain yang keren dan bergaya modern. Jika Anda pernah melihat Dolce Gusto dan Nespresso, Anda mungkin tak asing lagi dengan mesin yang juga sering dikenal dengan istilah mesin pod coffee ini.

Beberapa orang menggemari mesin tipe ini, karena penggunaannya yang cukup praktis tanpa harus banyak belajar, yaitu hanya membuat kopi seperlunya saja, cukup dengan menggunakan satu kapsul kopi yang akan kita minum. Salah satu merk mesin automatic Dolce Gusto termasuk salah satu yang paling digemari.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] G: Gunakan Fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda

Keamanan usaha Anda adalah prioritas kami. Panduan JAGA merupakan upaya Gojek untuk selengkapnya

Lindungi Data Usaha dengan Fitur Kelola Pegawai di Aplikasi GoBiz versi 3.19

Tahukah Anda? Keamanan data sensitif usaha Anda, seperti total pendapatan, rincian selengkapnya