GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Merchant adalah: Pengertian, Cara Kerja, dan Produk yang Dijual

Merchant adalah: Pengertian, Cara Kerja, dan Produk yang Dijual – Sadarkah bahwa kini uang tunai menjadi semakin jarang digunakan oleh pelanggan? Ini karena pembayaran online dan pembayaran menggunakan kartu kredit maupun debit semakin populer.

Hal tersebut terbukti dari semakin banyaknya merchant yang menerima banyak metode pembayaran demi memenuhi kebutuhan transaksi pelanggan. Tujuan merchant adalah untuk menambah nilai usaha sekaligus memperluas jangkauan pelanggan, sehingga transaksi pun meningkat.

Memangnya, apa itu merchant? Mari simak informasi tentang pengertian merchant, cara kerja, dan produk yang dijualnya berikut ini!

Merchant adalah …

barista - pemilik kedai kopi

Merchant adalah orang atau perusahaan yang menjual barang atau jasa. Namun, pada era digital kini, istilah merchant kerap dipakai untuk menyebut toko online yang menjual produk secara online melalui e-commerce.

Umumnya, merchant bekerja dengan bank untuk mengajukan dan menerima akun merchant, yakni akun yang memungkinkan merchant untuk menerima pembayaran melalui kartu kredit dan debit. Setiap kali pelanggan membeli barang dengan kartu kredit atau debit, merchant mengirimkan informasi transaksi pembelian ke bank yang mengakuisisi.

Bank kemudian akan mengirimkannya melalui jaringan asosiasi kartu ke bank penerbit pemegang kartu. Lalu, bank penerbit akan menyetujui atau menolak tagihan dan menagih pemegang kartu sesuai jumlah yang harus dibayar ke merchant.


Apa Keunggulan Menjadi Merchant?

Dengan menjalankan usaha sebagai pemilik merchant, ada sejumlah keunggulan yang bisa Anda dapatkan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Menerima kartu kredit

Salah satu manfaat terpenting dari akun merchant adalah kemampuan untuk menerima kartu kredit dan debit. Kartu kredit dan kartu debit hingga kini masih menjadi metode pembayaran populer di kalangan pelanggan Indonesia.

2. Meningkatkan penjualan

Pelanggan belanja lebih banyak ketika diberi pilihan untuk menggunakan kartu kredit daripada uang tunai. Usaha kecil yang menerima pembayaran melalui kartu kredit memiliki peluang lebih tinggi untuk meningkatkan penjualan.

3. Manajemen uang lebih baik

Menerima kartu kredit dan beralih ke pembayaran online dapat menyederhanakan proses transaksi pembayaran Anda dengan pelanggan.

4. Menghindari uang palsu

Dengan menggunakan layanan akun merchant dan menerima pembayaran elektronik, Anda dapat menghindari kerumitan dan biaya yang terkait dengan uang palsu. 

5. Kenyamanan pelanggan

Akun merchant dapat membuat pelanggan senang melalui fleksibilitas untuk melakukan pembayaran dengan metode beragam. Baik dengan kartu kredit atau debit, pembayaran online membuat pelanggan menikmati pengalaman dengan usaha Anda karena dapat berbelanja dengan mudah.


Jenis-Jenis Merchant

faktur pembelian adalah - pemilk usaha

Secara umum, setidaknya ada dua jenis merchant yang dikenal di dunia usaha, yaitu merchant perorangan dan berbadan hukum. Berikut penjelasannya:

  1. Merchant perseorangan – Merchant perseorangan adalah jenis merchant yang kepemilikannya bersifat perseorangan tanpa adanya aturan lain terkait pendirian usaha.
  2. Merchant berbadan hukum – Sebaliknya, pendirian merchant yang mempunyai badan hukum didasarkan pada kebijakan pendirian usaha berbadan hukum.

Bagaimana Cara Kerja Merchant?

komunitas bisnis online - membangun relasi dengan sesama pemilik usaha - jabat tangan - distributor sembako jakarta

Apakah kini anda tertarik untuk menjalankan usaha dengan bergabung menjadi merchant? Ketahui dulu cara kerjanya agar nanti Anda tidak bingung. Cara kerja merchant adalah sebagai berikut:

1. Pendaftaran

Jika tertarik mendirikan usaha yang dapat menerima pembayaran nontunai dengan sistem merchant, maka Anda perlu mendaftar ke merchant yang menyediakan layanan tersebut.

Selama mendaftar, Anda perlu mengisi data yang dibutuhkan dengan benar dan lengkap. Data yang Anda lengkapi selama proses pendaftaran ini nantinya akan tersimpan dalam database perusahaan sebagai ID pengenal. 

2. Verifikasi

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, Anda bisa lanjut ke tahap verifikasi. Jika verifikasi berhasil, sekarang usaha yang sudah terdaftar sebagai merchant mempunyai virtual office yang untuk menerima transaksi diskon virtual dan mata uang virtual yang diperoleh dari pelanggan saat melakukan pembelian di merchant.

3. Pengiriman produk

Terakhir, merchant juga bekerja dengan melakukan tahapan pengiriman produk. Proses scan barcode yang sudah diselesaikan oleh merchant memungkinkan pihak bersangkutan untuk langsung melakukan pengiriman produk yang telah disepakati. Untuk mendapatkan produk yang diinginkan, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat.


Apa Produk yang Dijual oleh Merchant?

Persaingan Usaha Kuliner Teratasi dengan 5 Cara Ini - Strategi Pemasaran Produk Makanan

Sementara itu, untuk produknya, ada beberapa jenis yang umumnya disediakan oleh merchant, yakni:

1. Produk fisik

Jenis produk pertama yang dijual oleh merchant adalah produk fisik, misalnya kendaraan, produk rumah tangga, buku-buku, minuman, makanan, dan sebagainya. Anda harus teliti dalam memilih produk fisik yang ditawarkan karena dari banyaknya produk yang dijual merchant, masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

2. Produk informasi

Merchant bisa menjual berbagai macam produk informasi seperti software, e-book, video, MP3, dan sebagainya. Dalam dunia digital, sekarang ada banyak merchant yang mengategorikan kegiatan mereka dalam produk informasi tertentu. Umumnya, merchant yang menawarkan produk informasi juga bergabung dengan afiliasi jaringan khusus.

Mendaftar sebagai merchant adalah sebuah cara untuk memudahkan Anda menjalankan transaksi bisnis. Jika masih ingin tahu lebih lanjut soal merchant, Anda bisa bertanya langsung kepada pemilik merchant yang sudah lebih dulu menjalankan usahanya, termasuk pemilik merchant di platform GoFood. Caranya dengan daftar Komunitas Partner GoFood sekarang juga!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pasang Iklan Menarik dengan Fitur Display dari MyAds, Yuk!

Selain menggunakan kanal yang tepat, konten iklan yang menarik juga menjadi hal penting selengkapnya

Kenapa Imlek Selalu Hujan? Ini Penjelasannya …

Kenapa Imlek Selalu Hujan? Ini Penjelasannya … – Imlek adalah pesta perayaan tahun selengkapnya