GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

3 Tips Mempertahankan Pelanggan Setia untuk Resto Anda

3 Tips Mempertahankan Pelanggan Setia untuk Resto Anda – Sebagai pengusaha, Anda pasti setuju bahwa menarik pelanggan baru sangat penting untuk meningkatkan pendapatan resto.

Namun, tahukah Anda, pendapatan terbesar yang bisa Anda dapatkan sebenarnya berasal dari pelanggan lama, lho. Hal ini juga menjadi tantangan untuk bisa membuat pelanggan puas dan kembali membeli produk yang ditawarkan.

Mempertahankan loyalitas pelanggan tidak membutuhkan biaya dan waktu yang besar dibanding menarik pelanggan baru. Meskipun begitu, cara ini dinilai lebih sulit karena banyak kompetitor lain yang juga memastikan pelanggan mereka tidak berpindah ke resto lain.

Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa tips berikut ini untuk menciptakan loyalitas pelanggan Anda. Namun sebelum itu, yuk cari tau manfaat yang bisa Anda rasakan setelah memiliki loyalitas pelanggan.

3 Manfaat Menjaga Loyalitas Konsumen

1. Menghemat biaya promosi

Berbeda dengan menarik perhatian pelanggan baru, mempertahankan loyalitas pelanggan sebenarnya tidak membutuhkan biaya yang besar untuk promosi. Alasannya karena pelanggan lama Anda sudah mengetahui langsung keunikan produk Anda sebelumnya.

Untuk memanfaatkan hal ini, Anda bisa mengalihkan anggaran promosi tersebut untuk meningkatkan kualitas produk Anda. Dengan begitu, pelanggan Anda tidak akan berpikir untuk mencoba resto yang lain.

2. Promosi gratis dengan word of mouth

Word of mouth adalah kegiatan untuk memberikan informasi berupa minat dan keuntungan dari suatu produk kepada orang lain. Teknik ini sangat efektif untuk menyebarluaskan produk Anda kepada orang banyak.

Pelanggan yang memiliki kepercayaan pada produk Anda biasanya akan memberikan testimoni dan mengajak orang lain untuk ikut membeli produk yang mereka sukai. Dengan loyalitas pelanggan tersebut tentunya produk Anda mendapatkan promosi gratis sekaligus membuka kesempatan memiliki pelanggan baru.

3. Meningkatkan omzet

Memiliki pelanggan setia tentunya akan membuat usaha Anda menjadi lebih stabil. Hal ini didapat jika Anda berhasil memberikan kepercayaan kepada konsumen terkait kualitas produk yang ditawarkan.

Dengan loyalitas konsumen ini, mereka cenderung akan membeli kembali produk Anda. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah meyakinkan mereka untuk mencoba produk yang lain.  


3 Tips Mempertahankan Pelanggan Setia untuk Resto Anda 

1. Buat program khusus pelanggan setia

Berdasarkan data Bond Brand Loyalty Report 2018, 77% pelanggan akan lebih loyal pada suatu brand yang memiliki program khusus pelanggan setia.

Anda bisa mencoba untuk memberikan hadiah atau pelayanan terbatas kepada pelanggan yang telah mengumpulkan poin hasil dari pembeliannya. Dengan begitu, pelanggan akan merasa termotivasi untuk terus menerus membeli produk Anda.

2. Aktif di media sosial

Di dunia serba digital, media sosial berperan penting dalam memasarkan sebuah bisnis. Melalui media sosial ini, Anda akan lebih mudah mempertahankan komunikasi dan menjangkau calon pelanggan dengan memberikan berbagai konten menarik dan interaktif seputar produk Anda.

Dengan komunikasi ini, Anda juga bisa lebih mudah untuk menerima masukan dari konsumen agar kualitas produk Anda bisa lebih meningkat.

3. Mengadakan giveaway

Siapa yang tidak suka mendapatkan hadiah dadakan? Umumnya, semua orang akan merasa tertarik jika diberikan hadiah. Anda bisa memberikan hadiah berupa barang seperti piring, gelas, atau mainan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan hadiah kepada pelanggan yang memenuhi syarat, misalnya pelanggan yang telah membeli produk dengan minimal harga tertentu akan mendapatkan diskon sebesar 10%.

Tertarik untuk memberikan hadiah kepada konsumen? Anda bisa turut memberikan hadiah dengan ikut berpartisipasi dalam Diskon Mega Promo GoFood, lho!

Nah, itulah dia manfaat dan tips membangun loyalitas pelanggan Anda. Jangan lupa juga untuk terus meningkatkan kualitas produk Anda, ya. Tentu saja, andalkanlah selalu GoFood! Selamat mencoba. Salam laris manis. 

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Sudah Coba Fitur ECR Link dan Online Order Management?

Halo Mitra Usaha GoBiz! Selain rajin menggunakan layanan dalam ekosistem GoBiz, apakah selengkapnya

Catat Transaksi Rutin (CATATIN) Berhadiah Saldo GoPay Rp50.000

Cara Ikut CATATIN: Pastikan GoKasir Anda sudah aktif Catat minimal 10 transaksi penjualan selengkapnya