GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

12 Tips Bazar Makanan & Festival Kuliner

9. Dekorasi Stand Bazar dengan Menarik

Dekorasi stand bazar dengan warna cerah dan menghadirkan item-item unik rasanya menjadi nilai tersendiri. Anda juga dapat memasang dekorasi lampu atau banner untuk memperindah stand tersebut. 

Tata letak dari produk pada stand juga akan memberikan pengaruh tersendiri pada minat pengunjung. Untuk menarik perhatian lebih banyak pengunjung, mungkin Anda bisa memutarkan musik dengan pengeras suara jika dimungkinkan.  

10. Siapkan Uang Kembalian

Meski teknologi sudah canggih dan banyak metode pembayaran yang dapat digunakan secara non tunai, Anda tidak boleh lengah akan hal ini. Metode pembayaran tunai masih menjadi Andalan untuk sebagian besar masyarakat. 

Tidak sedikit pula dari mereka yang tidak membayar dengan menggunakan uang pas. Oleh karena itu, sebagai penjual yang bertanggung jawab dan profesional, Anda harus menyiapkan uang kembalian dengan nominal yang beragam sejak awal. 

Jangan membuat pelanggan menunggu terlalu lama karena tidak tersedianya uang kembalian. 

11. Berikan Pelayanan Terbaik

Menyiapkan uang kembalian memang menjadi salah satu elemen yang menunjukkan pelayanan Anda kepada pelanggan. Namun, tidak hanya itu. Bagaimana cara Anda berkomunikasi dengan mereka pun menjadi indikator kepuasaan pelanggan. 

Oleh karenanya, Anda harus memastikan bahwa Anda dan pegawai menjaga stand bazar dan menyambut para pengunjung dengan kondisi yang hangat dan ramah. Tapi jangan lupa, Anda juga harus tetap bersikap profesional.

Anda dan pegawai pun harus mengenakan pakaian yang sesuai. Jika Anda tidak mau mengikuti tema bazar tempat Anda membuka stand, Anda tetap bisa menggunakan pakaian yang biasa Anda kenakan. Namun, pastikan kalau itu rapi, bersih, dan tetap menunjukkan profesionalisme Anda. 

12. Pastikan Tubuh Dalam Kondisi Prima 

Membuka stand bazar dari pagi sampai malam dengan durasi yang tidak hanya satu hari pasti akan membuat Anda dan pegawai cukup lelah untuk menjalankannya. Ditambah dengan potensi pengunjung yang ramai, Anda bisa didatangi oleh ratusan bahkan ribuan pengunjung jika bazar tersebut berskala besar. 

Oleh karena itu, pastikan kondisi tubuh dalam kondisi prima sebelum bazar dimulai. Jangan terlalu lelah. Jika Anda khawatir tidak mampu menjaga stand bazar sendirian, Anda dapat meminta tolong teman atau pegawai untuk menemani Anda. 

Selain itu, Anda pun memiliki teman untuk berdiskusi selama menjaga stand bazar. Jadi, Anda pasti tidak akan bosan. 

Itulah dua belas tips membuka stand bazar yang bisa membantu kesuksesan dalam meraih keuntungan dalam penjualan. Untuk mempermudah pencatatan penjualan pada kegiatan yang padat dan berintensitas tinggi seperti bazar, Anda dapat memanfaatkan fitur Point of Sale yang dihadirkan oleh GoBiz. 

Dengan menggunakan GoBiz, Anda bisa merinci penjualan tanpa melakukan pencatatan manual. Selain mudah, GoBiz juga hemat waktu dan tenaga. Cocok untuk Anda yang fokus mengembangkan usaha dengan melakukan promosi lewat bazar.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] G: Gunakan Fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda

Keamanan usaha Anda adalah prioritas kami. Panduan JAGA merupakan upaya Gojek untuk selengkapnya

Lindungi Data Usaha dengan Fitur Kelola Pegawai di Aplikasi GoBiz versi 3.19

Tahukah Anda? Keamanan data sensitif usaha Anda, seperti total pendapatan, rincian selengkapnya