GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

12 Tips Bazar Makanan & Festival Kuliner

5. Kenali Penyelenggara 

Jangan lupa untuk mencari tahu soal penyelenggara bazar. Semakin berpengalaman, semakin ia dapat dipercaya. Tidak lupa, Anda juga perlu mengecek bagaimana promosi yang dilakukan oleh penyelenggara dan profesionalismenya. 

6. Sesuaikan Produk dengan Pengunjung Bazar Makanan

Meski bazar sering dilakukan, biasanya mereka hadir pada momen dan kesempatan tertentu sehingga ada tema khusus yang ditampilkan. Oleh karena itu, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai konsep dan tema dari bazar di mana Anda akan membuka stand

Tidak lupa juga untuk mencari tahu soal pengunjung yang akan datang pada bazar tersebut, dari kalangan mana dan termasuk segmen pasar seperti apa.

Dari sini, Anda juga bisa memprediksi respon pengunjung terhadap produk yang akan Anda tawarkan di stand bazar. Selain itu, Anda juga seharusnya mengecek produk dari pada kompetitor. 

Jika ada produk yang mirip dengan yang Anda tawarkan, Anda bisa melakukan inovasi dan improvisasi untuk membuat produk Anda berbeda dan lebih menarik perhatian para pengunjung bazar.

7. Patok Harga yang Sesuai

Meski Anda menawarkan produk pada suatu bazar yang memungkinkan Anda mematok harga lebih tinggi dari harga yang biasa Anda tawarkan, pastikan bahwa Anda mematoknya tidak terlalu tinggi. 

Pastikan harga produk yang Anda tawarkan sesuai dengan kualitas produk dan segmen pengunjung bazar itu sendiri. Taruhlah harga yang cukup normal, masuk akal, dan masih bisa diakomodir oleh para pengunjung. 

8. Promosi Secara Mandiri

Penyelenggara bazar pasti melakukan promosi atas bazar yang ia selenggarakan, tetapi ini tidak berarti produk yang Anda tawarkan masuk dalam promosi tersebut. Bukan juga membuat produk Anda lebih dikenal oleh kalangan yang lebih luas. 

Ada banyak pengusaha yang juga membuka stand bazar di sana, tidak mungkin penyelenggara mempromosikan semuanya satu per satu.

Maka dari itu, Anda yang harus aktif dan kreatif dalam mempromosikan produk Anda. Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan media sosial maupun memberi tahu teman-teman, saudara, dan keluarga untuk datang maupun membantu mempromosikannya lagi kepada orang lain. 

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] G: Gunakan Fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda

Keamanan usaha Anda adalah prioritas kami. Panduan JAGA merupakan upaya Gojek untuk selengkapnya

Lindungi Data Usaha dengan Fitur Kelola Pegawai di Aplikasi GoBiz versi 3.19

Tahukah Anda? Keamanan data sensitif usaha Anda, seperti total pendapatan, rincian selengkapnya