Pusat Pengetahuan

12 Tips Membuka Stand Bazaar & Festival Kuliner

Bazaar adalah salah satu kegiatan yang sudah umum untuk masyarakat Indonesia. Bazaar dapat diselenggarakan di mana pun dalam banyak momen. Bazaar kemudian menjadi salah satu strategi marketing yang dilakukan oleh penyelenggara untuk mempertemukan penjual dengan pembeli. Oleh karenanya, saat bazaar sedang berlangsung, pasti suasana di sana ramai.

Tips Sukses Membuka Stand Bazaar

Bazaar yang ramai oleh pengunjung menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengusaha. Hal ini bisa menjadi potensi untuk meraup keuntungan lebih besar dibandingkan dengan hari-hari biasa berjualan di toko atau platform online lainnya. Namun, untuk Anda yang ingin membuka stand pada suatu bazaar ada baiknya untuk menyimak tips-tips berikut ini.

1. Siapkan Mental

Memang bazaar yang terlihat selalu ramai menggiurkan untuk dijadikan lahan mencari rezeki. Namun, pengusaha yang membuka stand pada bazaar itu tidak hanya Anda sendiri. Terlebih, potensi adanya pengusaha lain menjajakan produk yang serupa dengan Anda pun tidak dipungkiri.

Anda harus mempersiapkan diri sejak awal jika kemungkinan terburuk terjadi, entah angka penjualan yang tidak memenuhi target atau bahkan tidak terjual sama sekali. Akan tetapi, jangan biarkan ini membuat Anda lesu dan patah semangat. Anda harus tetap optimis dan melakukan yang terbaik selama bazaar nanti! 

2. Kalkulasi Pengeluaran Secara Rinci

Dalam mengikuti sebuah bazaar dan membuka stand di dalamnya, Anda juga harus cermat dalam berhitung. Kalkulasikan semua pengeluaran yang dibutuhkan dalam bazaar tersebut. Pengeluaran ini mencakup biaya sewa stand bazaar itu sendiri, kemudian transportasi dan uang makan untuk para pegawai Anda yang menjaga stand tersebut, termasuk juga biaya operasionalnya.

Pastikan bahwa pengeluaran yang menjadi modal awal ini tidak terlalu besar sehingga dapat diproyeksikan akan mendatangkan keuntungan dari bazaar tersebut. Jika Anda merasa angka yang muncul dari pengeluaran tersebut terlalu tinggi, maka Anda boleh mengurungkan niat untuk bergabung dalam bazaar tersebut. Sebab, tujuan membuka stand bazaar sendiri adalah mencari keuntungan, bukan sebaliknya.

3. Cek Lokasi 

Untuk dapat menentukan perihal di atas mengenai modal yang harus dikeluarkan untuk stand bazaar, Anda juga harus mengecek dan melihat lokasi dari bazaar itu sendiri.  Pemilihan lokasi bazaar menentukan potensi keuntungan yang akan Anda raih dari sana. Semakin kredibel lokasi yang digunakan, maka potensi untuk menghasilkan keuntungan dari membuka stand bazaar di sana juga semakin besar. 

4. Perhatikan Musim dan Cuaca

Lokasi penyelenggaraan bazaar memang bermacam. Ada yang dilakukan di dalam ruangan (indoor) seperti di dalam mall, ada pula yang dilakukan di luar ruangan (outdoor) seperti di taman atau area parkir. 

Lokasi bazaar akan menentukan kesuksesan bazaar itu sendiri. Jika ia berada di outdoor dengan kondisi cuaca yang cerah, pasti akan mendatangkan banyak pengunjung yang berpotensi juga menjadi pelanggan Anda. Namun, jika pada musim hujan lokasi bazaar berada di outdoor, rasanya itu terlalu beresiko untuk diikuti. Sebab, ini menggambarkan bahwa rencana penyelenggara tidak sempurna. 

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

6 Prediksi Ide Bisnis Kuliner Potensial untuk Tahun 2020

Dalam membangun sebuah bisnis kuliner, pengetahuan akan tren yang sedang berlangsung selengkapnya

Manisnya Peluang Tren Bisnis Minuman Boba

Tren kuliner terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Tahun ini, kuliner di selengkapnya