Banyak orang mengira bahwa salah satu faktor kesuksesan suatu usaha hanya berasal dari pemasaran dan cita rasa yang enak. Namun faktanya, mengelola keuangan merupakan aspek yang juga penting untuk membuat usaha Anda tetap berjalan.
Dengan pengelolaan keuangan yang matang, finansial usaha Anda akan lebih terarah. Anda juga dapat lebih mudah dalam membuat keputusan bisnis terkait dengan keuangan. Untuk itu, kali ini GoFood bersama Resto Garpu Pasta akan membagikan tips mengelola keuangan untuk mencegah kerugian resto Anda. Mau tahu tipsnya? Yuk, simak info selengkapnya!
Resto Garpu Pasta Berkembang Bersama GoFood
Memulai usaha tanpa pengalaman di bidang kuliner menjadi tantangan berat bagi Daniel, pemilik resto Garpu Pasta. Mulai dari pengembangan produk, sumber daya manusia, hingga pengelolaan operasional yang rumit membuat Daniel saat itu hampir menyerah.
Namun dengan tekad dan dukungan dari keluarga, ia berhasil bangkit dan semangat untuk melihat kembali berbagai peluang. Salah satu peluang yang ia coba saat itu adalah mendaftarkan restonya pada aplikasi pesan antar GoFood.
Bagi Daniel, GoFood sangat berjasa dalam perjalanan mengembangkan restonya. Banyak cara lama yang ia gunakan sebelumnya menjadi lebih efisien sejak ia bergabung di GoFood pada 2018 lalu. Hal yang paling berdampak yaitu meluasnya target pasar yang bisa ia capai. Dengan GoFood, pemilik cabang resto HuiHui Summer ini dapat lebih mudah menggaet pelanggan yang lebih luas.
Tak hanya itu, berbagai fitur aplikasi GoBiz sangat membantu operasional restonya, seperti beriklan, membuat diskon untuk pelanggan, dan evaluasi pendapatan. Ditambah lagi, GoFood juga memfasilitasi para Mitra Usaha untuk berkembang lebih besar melalui komunitas bernama Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). Melalui komunitas tersebut, Daniel akhirnya dapat belajar berbagai tips dan strategi meningkatkan omzet berkali lipat.
Berbagai keuntungan tersebut tentunya berpengaruh besar terhadap bisnisnya. Resto Garpu Pasta bahkan meningkat pesat sampai berhasil mendorong Daniel untuk mengembangkan brand baru. Kini, Daniel sukses memiliki 3 brand, yakni Garpu Pasta, HuiHui Summer, dan Nasi Goreng Bungkus Besek.
Tips Mengelola Keuangan Resto
Untuk berhasil mengembangkan usaha hingga memiliki brand baru, ada beberapa hal yang selalu dilakukan Daniel dalam mengelola keuangan restonya, antara lain:
- Buat pembukuan terperinci
Pernah Anda mendengar kalimat “Waspadalah terhadap biaya kecil, karena sebuah kebocoran kecil bisa menenggelamkan kapal yang besar?” Kalimat tersebut menggambarkan pentingnya membuat pembukuan terhadap seluruh pemasukan dan pengeluaran secara detail. Pembukuan tersebut juga dapat memudahkan Anda dalam memonitori arus kas resto dan menentukan pengeluaran apa saja yang berlebihan.
Baca juga:
Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil yang Mudah Diikuti
4 Komponen Utama yang Harus Ada dalam Pembukuan Usaha
- Evaluasi kinerja keuangan secara konsisten
Selain membuat pembukuan, Anda juga harus mengevaluasi pendapatan dan pengeluaran secara konsisten. Hasil evaluasi tersebut akan memudahkan Anda untuk menganalisis berbagai faktor, seperti pertumbuhan penjualan dan target margin yang didapat. Dengan begitu, Anda dapat menganalisis dan menerapkan strategi secara efektif berdasarkan hasil evaluasi tersebut.
- Memastikan adanya pertumbuhan berkelanjutan
Ada fakta unik dari Daniel, nih. Menurutnya, berkembangnya resto yang terlalu cepat ternyata tidak menjamin sebuah usaha memiliki pertumbuhan yang baik, lho. Berkembangnya suatu resto tentunya dibutuhkan perencanaan bisnis yang matang. Perencanaan yang buruk hanya akan memicu terjadinya kanibalisme antar cabang outlet lainnya. Untuk itu, Anda harus memastikan beberapa aspek ini sudah berjalan baik di resto Anda, antara lain loyalitas konsumen, manajemen pegawai, dan lingkungan kerja yang sehat untuk seluruh pegawai tersebut. Dengan demikian, resto Anda dapat menghasilkan pertumbuhan yang berkelanjutan.
- Efisiensi
Efisiensi yang dimaksud yaitu dengan memaksimalkan hasil dari semua pekerjaan melalui sedikit sumber daya dana, tenaga, dan waktu. Ada berbagai efisiensi yang dapat dilakukan, antara lain:
- Memaksimalkan produktivitas SDM dengan memastikan setiap pegawai menjalankan tugasnya secara baik dan tepat.
- Menyederhanakan proses dari sebuah menu, sehingga tidak memakan tenaga dan waktu yang terlalu banyak dalam pengerjaannya.
- Memilih supplier bahan baku yang berharga murah dan berkualitas baik.
- Meminimalisir biaya distribusi bahan baku antar cabang.
Setelah melakukan setiap efisiensi, Anda juga perlu mengevaluasi untuk melihat apa saja biaya yang masih bisa ditekan, agar resto Anda dapat memiliki profit yang lebih baik lagi.
Baca juga: 8 Cara Agar Usaha Lebih Efisien, Wajib Diterapkan!
- Berpegang teguh pada prinsip
Selama membangun usaha, Daniel selalu memiliki prinsip untuk tidak berhutang. Dirinya akan lebih memilih berhutang untuk asset dibanding harus berhutang untuk gaya hidup. Pastikan juga bahwa pendapatan yang Anda miliki cukup lega untuk membayar cicilan hutang tersebut.
Nah, itulah tips mengelola keuangan dari Daniel yang kini sukses membangun 3 outlet dengan brand yang berbeda. Bagaimana dengan Anda, siap untuk menerapkannya di resto Anda mulai sekarang?
Bagi Anda yang mau tahu strategi dan tips menarik lainnya untuk mengembangkan resto, yuk, gabung ke Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) sekarang! Banyak materi edukasi serta kemudahan berjejaring dengan sesama pengusaha kuliner se-Indonesia, lho!