GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

7 Cara Mengatasi Kendala dalam Berwirausaha

7 Cara Mengatasi Kendala dalam Berwirausaha – Semakin banyak orang yang tertarik untuk berjualan online dari rumah. Dari luar memang terlihat mudah dilakukan.

Namun jangan salah, jualan online juga membutuhkan upaya dan inovasi yang hebat agar bisa bertahan. Triknya adalah dengan mengevaluasi kendala-kendala yang mungkin akan ditemui ke depannya.

Agar Anda bisa merancang strategi bisnis yang efisien dan efektif, berikut ini 7 cara mengatasi kendala dalam berwirausaha yang bisa membantu Anda. 

7 Cara Mengatasi Kendala dalam Berwirausaha

pemilik usaha stres - penyebab usaha stagnan - 7 Cara Mengatasi Kendala dalam Berwirausaha

1. Tak punya kurir pengantaran

Selain makan di tempat dan dibawa pulang, biasanya pelanggan memilih untuk menggunakan layanan pesan antar makanan agar lebih mudah dan praktis. Resto pun biasanya menyediakan pegawai atau kurir pengantaran makanan yang bertugas untuk mengantar pesanan sesuai alamat tujuan.

Namun, ketika pesanan yang harus diantar jumlahnya ada banyak, sementara pegawai Anda terbatas, tentu hal tersebut akan menjadi kendala dalam berwirausaha. Anda tidak mau dapat komplain dari pelanggan karena pengantaran yang lama, bukan?

Untuk itu, yuk coba daftarkan usaha Anda ke GoFood. Akan ada banyak Mitra Driver yang siap mengantar makanan dari resto Anda kepada para pelanggan setia. Panduan atau cara daftar GoFood dapat Anda lihat pada halaman ini.

Baca juga: 5 Kesalahan Umum Saat Daftar GoFood

Untuk info selengkapnya, dapat Anda baca di ebook yang bisa Anda download di sini, GRATIS!

2. Ingin mengonfirmasi pesanan tapi driver belum datang

Apabila usaha Anda menggunakan layanan pesan antar makanan, seperti GoFood, mungkin ada kalanya Anda ingin mengonfirmasi pesanan kepada pelanggan. Misalnya, ketika makanan yang dipesan pelanggan ternyata stoknya habis.

Nah, apabila Mitra Driver yang seharusnya mengambil dan mengantar makanan kepada pelanggan belum datang, Anda bisa memanfaatkan fitur Telepon pelanggan yang mana Anda bisa berkomunikasi secara langsung kepada pelanggan, tanpa perantara Mitra Driver.

Dengan begitu, Anda bisa mengonfirmasi pesanan secara langsung dan memprosesnya secara lebih cepat, tanpa perlu khawatir karena Mitra Driver belum sampai outet Anda.

3. Pembeli membatalkan pesanan

Makanan sudah disiapkan, tetapi tiba-tiba pembeli membatalkan pesanan begitu saja. Siapa yang tidak kesal? Sayangnya dalam berjualan online, kendalam dalam berwirausaha seperti ini harus siap Anda hadapi.

Solusinya, Anda harus menentukan proses pemesanan yang praktis bagi pembeli, tapi juga efisien untuk bisnis Anda. Misalnya, dengan menggunakan GoFood yang dapat diakses dari aplikasi GoBiz, pembatalan pesanan oleh pelanggan bisa dihindari oleh sistem.

Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir lagi! Satu kendala dalam berwirausaha bisa beres karena GoFood!

4. Risiko penipuan

Semua usaha, baik itu usaha online maupun usaha offline, pasti memiliki risiko. Salah satunya ialah risiko penipuan, misalnya seperti pesanan fiktif dan modus pembobolan data yang mengatasnamakan pihak-pihak tertentu.

Nah, untuk itu, sebagai pemilik usaha tentu harus lebih waspada. Ayo, ikut JAGA agar kegiatan usaha jadi lebih aman! Tahukah Anda apa itu JAGA?

J = Jangan transfer uang ke siapa pun

A = Amankan data usaha dan data pribadi (jangan berikan kode OTP, 16 digit nomor kartu debit/kredit, 3 digit CVV, kode PIN, password, dan sebagainya)

G = Gunakan fitur peran pengguna di GoBiz demi melindungi data usaha

A = Adukan hal mencurigakan lewat menu Bantuan pada aplikasi GoBiz

Baca artikel “Hindari Penipuan yang Mengatasnamakan GoBiz/Gojek Indonesia” untuk info selengkapnya, ya!

5. Modal yang kecil

Usaha tidak bisa berkembang apalagi beroperasi tanpa adanya modal yang cukup. Terutama bagi Anda yang baru mulai jualan online, masih sulit untuk mendapatkan keuntungan dan balik modal.

Banyak penjual yang bingung bagaimana mendapatkan tambahan modal supaya bisnis bisa terus berjalan dan melayani pembeli. Lantas, apa solusinya?

Apabila Anda sudah terdaftar sebagai Mitra Usaha Gojek, cukup buka saja aplikasi GoBiz dan pilih layanan GoModal untuk mendapatkan pinjaman usaha hingga Rp150 juta. Prosesnya online, cepat, dan aman dengan persyaratan yang mudah untuk Anda ikuti. Cicilannya pun bisa Anda lakukan setiap hari lewat aplikasi GoBiz! Klik di sini untuk info lebih lengkap.

6. Minim pengetahuan bisnis

Masih banyak orang yang jualan online hanya karena ingin ikut-ikutan tren. Apa pun itu alasan Anda berjualan online, mungkin saja Anda tidak memulainya dengan pengetahuan bisnis yang memadai.

Tidak perlu berkecil hati, kok. Bukan berarti usaha sukses itu hanya bisa dimiliki orang-orang yang punya gelar sarjana di Jurusan Bisnis, Anda pun bisa mengasah kemampuan bisnis dengan bergabung ke komunitas bisnis! Di dalam komunitas bisnis, Anda bisa mendapatkan banyak ilmu, bertukar pikiran, serta menjalin relasi dengan sesama pemilik usaha.

Selain itu, Anda juga bisa belajar mandiri lewat berbagai artikel mengenai usaha dari blog, seperti Pusat Pengetahuan. Asyiknya dapat ilmu cuma-cuma! Jangan dilewatkan, ya!

7. Pelanggan direbut kompetitor

Satu kendala dalan berwirausaha adalah sengitnya kompetisi. Meski Anda yakin bahwa produk atau jasa Anda sudah yang terbaik atau unggul dari kompetitor, tetap saja ada faktor-faktor lain yang bisa menarik pelanggan Anda untuk berpindah hati. Yuk, jangan mau kalah dengan usaha lain!

Baca juga: Kompetitor Meniru Produk Anda? Ini 10 Hal yang Bisa Dilakukan

Segera rancang inovasi baru yang kiranya bisa menarik kembali perhatian pelanggan dan calon pembeli baru. Lakukan juga analisis kompetitor untuk cari tahu apa saja kelebihan dan kelemahan mereka yang bisa Anda manfaatkan. Satu lagi, selalu berusaha untuk memberikan kualitas terbaik, ya!

Nah, itulah dia 7 cara mengatasi kendala dalam berwirausaha yang bisa Anda terapkan. Semoga berhasil!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya