GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Kenapa Imlek Selalu Hujan? Ini Penjelasannya …

Kenapa Imlek Selalu Hujan? Ini Penjelasannya … – Imlek adalah pesta perayaan tahun baru dari etnis Tionghoa. Karena identik dengan hujan, beberapa orang mengartikan peristiwa tersebut sebagai tanda datangnya rezeki, bahkan mendorong sebagian orang untuk membuka lahan bisnis baru. Namun, tak sedikit juga yang menghubungkannya dengan hal-hal lain.

Perayaan Imlek biasanya jatuh pada bulan Januari-Februari. Berdasarkan berbagai sumber, Imlek sebenarnya adalah wujud rasa syukur orang-orang Tiongkok menyambut datangnya musim semi.

Lantas, kenapa Imlek selalu hujan? Sebenarnya bagaimana hubungan antara turunnya hujan dan perayaan Imlek? Simak penjelasan ilmiahnya berikut ini!

Kenapa Imlek Selalu Hujan? Ini Penjelasannya …

1. Curah hujan tinggi saat Imlek

Untuk menjawab pertanyaan kenapa Imlek selalu hujan, lagi-lagi perlu ditekankan bahwa Imlek atau Tahun Baru Cina biasanya jatuh sekitar bulan Januari-Februari.

Penentuan ini didasarkan pada kalender Cina yang melihat revolusi bulan dan bumi, berbeda dari Hari Raya Idulfitri yang didasarkan pada kalender Hijriah, sehingga cenderung mengalami kemajuan setiap tahunnya. Dengan kata lain, Hari Raya Imlek biasanya konstan dirayakan pada bulan-bulan tersebut.

Karena selalu jatuh pada bulan Januari-Februari, Imlek pun sangat lekat dengan peristiwa turunnya hujan. Hal ini menyebabkan timbulnya berbagai persepsi mengenai kaitan dari keduanya.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bulan Januari-Februari memang identik dengan hujan deras dan angin kencang. Alhasil, peristiwa Imlek tidak bisa dilepaskan dari fenomena puncak musim hujan.

Tak hanya ahli dari BMKG saja yang menyangkal keterkaitan khusus antara hujan dengan peristiwa Imlek, beberapa tokoh Tionghoa yang turut merayakan hari raya ini juga menyangkal mengenai hal tersebut. Jadi, jangan salah paham lagi, ya, soal kenapa Imlek selalu hujan!

Baca juga: 5 Resep Makanan Khas Imlek, Sajian untuk Kumpul Keluarga

2. Hujan dan tanda keberuntungan saat Imlek

selamat tahun baru imlek 2022 - kenapa imlek selalu hujan

Peristiwa hujan yang turun saat Hari Raya Imlek sering diartikan sebagai tanda datangnya rezeki. Hal tersebut sebenarnya bergantung dari filosofi yang dipercayai oleh masing-masing orang.

Perayaan Imlek sejatinya tidak ada hubungannya dengan hujan, tetapi jika hujan turun, warga Tionghoa akan tetap merayakannya dengan penuh rasa syukur.

Mengutip Kompas.com, Ko Eng, Wakil Ketua Yayasan Amurva Bhumi tahun 2015, menyatakan bahwa Imlek memang selalu jatuh pada musim hujan dan tidak ada kaitannya dengan rezeki.

Akan tetapi, peristiwa ini menandai datangnya musim semi yang menurut mereka begitu indah. Tak hanya itu, Imlek juga dirayakan sebagai ucapan syukur atas melimpahnya berkah panen yang telah diterima.

Baca juga: Wajib Ada, Ini Dia 7 Makanan Khas Imlek dan Maknanya

3. Legenda Imlek, hujan, dan bunga Meihua

Topik seputar kenapa Imlek selalu hujan tentu tidak berasal dari kekosongan budaya. Artinya, hal tersebut pasti timbul karena suatu alasan tertentu. Ya, betul sekali, Imlek memiliki kaitan dengan legenda Dewi Kwan Im yang dipercaya oleh orang-orang Tionghoa.

Menurut legenda, Dewi Kwan Im biasanya menanam bunga Meihua menjelang perayaan Imlek. Kemudian, tak lama setelah itu, hujan turun dan menyirami bunga-bunga tersebut. Sehingga, saat hari raya Imlek tiba, bunga-bunga Meihua sudah terlihat bermekaran seiring dengan masuknya musim semi.

Jadi, sebenarnya hujan tidak turun saat hari-H Imlek, melainkan beberapa hari sebelum hari raya tersebut tiba. Justru saat bertepatan dengan Imlek, cuaca sedikit cerah sehingga memungkinkan untuk seluruh anggota keluarga berkumpul dan merayakan hari yang penuh syukur.

Peristiwa mekarnya bunga Meihua tepat pada Hari Raya Imlek menandakan bahwa suka cita musim semi sudah datang dan harus disambut dengan penuh kegembiraan.

Setelah membaca penjelasan di atas, jangan salah lagi mengartikan kenapa Imlek selalu hujan, ya. Hujan yang turun sama sekali tidak berhubungan dengan rezeki ataupun hal-hal mistis lainnya, melainkan karena kondisi cuaca yang sedang dalam musim penghujan.

Baca juga: Cari Pasangan Bisnis Berdasarkan Tabel Kecocokan Shio

Untuk itu, bagi Anda yang menjalankan bisnis, Anda pun bisa mengantisipasi hujan yang bisa turun kala Imlek nanti dengan melakukan beberapa hal berikut.

Misalnya, bagi Anda yang menjalankan bisnis kuliner, siapkanlah packaging makanan atau minuman yang tahan air. Atau, bagi Anda yang ingin mencari peluang usaha di bidang service, Anda bisa membuka jasa cuci mobil. Nah, selamat mencoba dan meraih lebih banyak penghasilan saat Imlek tiba, ya!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Kripik Balado Shirley, Oleh-oleh Khas Padang yang Mendunia

Bicara soal oleh-oleh khas Padang, pasti tak lengkap tanpa Kripik Balado Shirley. Snack selengkapnya

Cara Memulai Bisnis Rumahan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan bulan baik untuk memulai bisnis. Cara selengkapnya