GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Kelola Pesanan Online dan di Outlet dengan Aktifkan Layanan POS di GoBiz

Kabar baik bagi Anda, Mitra Usaha Gojek yang sudah terhubung dengan layanan GoFood, karena Anda selangkah lebih dekat untuk mendigitalisasi usaha sepenuhnya, salah satunya dengan mengaktifkan layanan POS. Sesuai dengan himbauan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (KOMINFO), demi menyambut era Revolusi Industri 4.0 sebaiknya seluruh UMKM yang ada di Indonesia membawa usahanya menjadi UMKM digital. 

Oleh karena itu, jika Anda adalah pemilik usaha kuliner yang sudah siap untuk mengembangkan usaha secara optimal di tengah era digital, ayo segera aktifkan layanan Point of Sale (POS) pada aplikasi GoBiz! 

Penasaran? Yuk, simak informasi di bawah ini untuk mengenal layanan POS lebih dekat! 


Apa itu POS?

POS atau Point of Sale adalah suatu sistem yang digunakan para pemilik usaha untuk mencatat dan menyelesaikan suatu transaksi penjualan. POS dapat digunakan untuk berbagai jenis usaha, mulai dari salon, laundry kiloan, restoran, kedai kopi, hingga usaha lainnya. POS sendiri merupakan versi modern dari mesin kasir konvensional/cash register yang biasanya sudah dilengkapi dengan cash drawer

Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan mesin kasir konvensional sudah mulai digantikan oleh POS dengan sistem dan perangkat pendukung yang lebih modern.

Baca juga: Apa Itu Point of Sale / POS System & 7 Manfaatnya?

Berikut adalah 5 fungsi dari layanan POS bagi usaha Anda:

  1. Rekap data setiap transaksi secara lengkap dan rinci sehingga dapat menjumlahkan hasil penjualan pada saat itu atau sesuai dengan periode tertentu.
  2. Ketahui laporan penjualan usaha Anda yang dapat diakses secara online dan real-time.
  3. Persingkat proses transaksi, serta menjaga kenyamanan dan keamanan setiap transaksi yang berlangsung.
  4. Ubah harga item menu usaha secara cepat dan mudah. 
  5. Update ketersediaan stok item menu usaha Anda, baik untuk layanan pesan antar online maupun makan di tempat.

Tenang, tidak hanya itu saja. Kami juga akan membahas mengenai keuntungan mengaktifkan layanan POS di aplikasi GoBiz bagi Mitra Usaha yang sudah mengaktifkan GoFood di bawah ini. Yuk, simak!


Keuntungan mengaktifkan layanan POS di aplikasi GoBiz

1. Catat pesanan di outlet dan GoFood langsung dari aplikasi GoBiz

Kini, Anda bisa mencatat pesanan di outlet dan pesan antar online GoFood langsung dalam genggaman. Cukup dengan klik layar ponsel Anda untuk mencatat pesanan pelanggan dan terima berbagai metode pembayaran untuk makan di tempat. 

2. Tambahkan varian item menu secara mudah & praktis

Tidak perlu lagi buat item menu baru untuk tiap varian topping/level yang ada karena Anda bisa gunakan Fitur Varian Menu yang hanya dapat dinikmati di layanan POS.

3. Akses laporan transaksi di tempat & GoFood dalam 1 dashboard

Buka GoBiz Dashboard untuk lihat laporan transaksi penjualan makan di tempat dan GoFood. Dengan adanya laporan tersebut, Anda bisa bandingkan performa transaksi di tempat dan online. Buat program promo untuk pelanggan pun jadi makin efektif!

3. Lihat riwayat transaksi secara real-time untuk makan di tempat dan terima rekap penjualan dikirim via email H+1

Monitor rincian riwayat transaksi usaha Anda, baik pesanan di outlet maupun GoFood secara real-time, dan Anda juga bisa melakukan penyesuaian berdasarkan periode waktu tertentu, nominal transaksi, semua sesuai kebutuhan Anda!

4. Kelola menu di tempat & GoFood secara praktis

Mau ubah harga item menu? Atau mau update kategori item menu? Semuanya bisa dilakukan secara mudah, langsung dari aplikasi GoBiz, dengan gunakan layanan POS! 


Cara aktifkan layanan POS di aplikasi GoBiz

Mudah, kok! Langsung saja buka aplikasi GoBiz, dan klik halaman POS. Kemudian, ikuti petunjuk yang tertera di layar ponsel Anda. Untuk pelajari info selengkapnya, klik di sini


Bagaimana, Mitra Usaha Gojek? Sudah tidak sabar untuk menikmati keuntungan di atas? Ayo, klik tombol di bawah ini untuk mengaktifkan layanan POS dari aplikasi GoBiz!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] A: Adukan hal mencurigakan ke mitrausaha@gojek.com

Penipu ada dimana-mana dan untuk meningkatkan keamanan usaha Anda, Anda juga harus selengkapnya

Fitur Terbaru di GoBiz Versi 3.23: untuk Anda dan dari Anda

Kami menyadari, dalam menjalankan usaha, menjaga keamanan privasi usaha sama pentingnya selengkapnya