GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Kebiasaan Pelanggan dalam Hal Pembayaran

5 Kebiasaan Pelanggan dalam Hal Pembayaran – Pernahkah Anda memperhatikan apa metode pembayaran yang paling sering digunakan pelanggan Anda akhir-akhir ini? Tahukah Anda, pembayaran kartu debit/kredit kini semakin populer. Apalagi, kemajuan teknologi digital turut membangun ekosistem keuangan yang menunjang transaksi kartu tersebut.

Perubahan kebiasaan pelanggan membayar sesuatu pun mulai bergeser. Apa saja ragam kebiasaan tersebut? Mari simak ulasan berikut.

Baca Juga: 5 Cara Memahami Pelanggan dengan Lebih Baik


5 Kebiasaan Pelanggan dalam Hal Pembayaran

Alat pembayaran non tunai

Era digital mengubah kebiasaan pelanggan dalam berbelanja, termasuk dalam hal pembayaran. Beberapa perubahan kebiasaan tersebut antara lain:

1. Transaksi kartu mulai jadi pilihan utama

Sebelum pandemi COVID-19, tren transaksi kartu mulai meningkat, terutama di kota-kota besar. Perubahan paling signifikan tampak pada pembayaran tiket bus, KRL, dan tol.

Begitu pandemi terjadi, kesadaran pelanggan untuk beralih ke pembayaran nontunai semakin menguat. Bahkan, opsi pembayaran nontunai kartu kredit, debit, dan dompet digital mulai diadopsi oleh pelaku usaha di kota kecil.

2. Memakai kartu kredit untuk pembayaran dalam jumlah besar

Membawa uang tunai dalam jumlah besar bukan pilihan bijak. Meski transfer bank bisa jadi opsi, tetapi memakai kartu kredit tetap jadi andalan untuk nominal transaksi besar. 

Kartu kredit menawarkan keamanan dan kepraktisan. Plus, tersedia pula berbagai promo menguntungkan bagi pelanggan yang ingin membeli barang tertentu, seperti cicilan bunga 0% untuk barang elektronik.

3. Menggunakan kartu debit untuk keperluan sehari-hari

Cukup alokasikan sejumlah dana sesuai anggaran ke rekening, kartu debit cocok dipakai untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

Kartu debit memungkinkan pelanggan mengontrol pengeluarannya. Dengan begitu, pelanggan terhindar dari keinginan membeli secara impulsif karena tahu persis besaran saldo yang ada. 

4. Dompet digital jadi andalan generasi milenial dan generasi Z

Ipsos Indonesia mengungkapkan bahwa pada 2020, GoPay muncul sebagai dompet digital paling disukai di Indonesia. Dilansir dari hasil riset tersebut, 58% generasi milenial dan gen Z familier dengan GoPay daripada dompet digital lain.

Artinya, dompet digital sudah jadi andalan kelompok pelanggan tersebut. Hal tersebut pun membuka peluang bagi Anda sebagai pelaku usaha untuk menaikkan angka penjualan dengan menyediakan opsi pembayaran digital GoPay.

5. Memaksimalkan promo yang ditawarkan

Promo menarik yang ditawarkan pelaku usaha, bank penerbit kartu, atau platform dompet digital kini jadi pertimbangan pelanggan saat memilih metode pembayaran.

Contoh, jika membayar dengan kartu kredit bank X, pelanggan bisa mengantongi cashback sejumlah sekian poin yang langsung ditambahkan ke dompet digital. 

Begitu juga ketika melakukan pembayaran kartu debit bank Y, barang belanja akan memperoleh diskon sekian persen.

Maka, memaksimalkan promo yang tersedia jadi salah satu hal penting yang dilakukan pelanggan masa kini sebelum menyelesaikan transaksi.


Keuntungan Pembayaran Kartu Bagi Pembeli dan Penjual

Perbedaan kartu debit & kartu kredit

Lalu, apa saja keuntungan pembayaran kartu bagi pembeli dan penjual? Uraian berikut akan menjawab rasa penasaran Anda.

Bagi Pembeli

1. Lebih praktis dan efisien

Transaksi kapan pun dan di mana pun lebih mudah, cepat, dan bebas antre panjang. Tidak usah menunggu uang kembalian, tidak perlu bawa uang tunai, serta mengurangi kemungkinan terjadi kontak fisik langsung. Praktis dan efisien, kan?

2. Keamanan data sudah terjamin

Sistem keamanan data berlapis menjamin pelanggan saat melakukan pembayaran kartu. Namun, kerahasiaan PIN, password, OTP, dan informasi penting terkait kartu tersebut harus dijaga baik-baik.

3. Dapat mengontrol pengeluaran

Semua riwayat transaksi nontunai tercatat dalam sistem. Pembeli bisa mempelajari secara detail tiap transaksi, mulai dari kapan hingga nominal yang dibayarkan. Jadi, pengeluaran pun lebih terkontrol.

4. Mengurangi risiko tindakan kriminal

Jika kejadian buruk terjadi, seperti kehilangan dompet, pengguna bisa segera memblokir kartu kredit dan debit. Pelaku kriminal pun tidak dapat memakai kartu tersebut begitu saja.

4. Banyak promo dan fasilitas menarik

Sebut saja, cashback, point rewards, hingga diskon, semua promo tersebut bisa membuat pengalaman belanja yang lebih hemat sekaligus menyenangkan.

Bagi Penjual

1. Meningkatkan penjualan

Penjual memberi kesempatan pada pelanggan untuk belanja lebih banyak tanpa khawatir uang yang dibawa tidak cukup. Daya beli pelanggan meningkat, penjual pun menikmati kenaikan penjualan dan laba yang diterima.

2. Meningkatkan efektivitas operasional usaha

Penjual hanya butuh waktu singkat untuk melakukan rekapitulasi transaksi setiap hari. Semua data penjualan sudah tercatat rapi dalam sistem sehingga penjual bisa memusatkan perhatian pada pengembangan dan pengelolaan bisnis.

3. Meningkatkan arus kas

Menerima pembayaran kartu bisa membuat arus kas usaha meningkat. Dana hasil penjualan lebih cepat diterima penjual dan langsung masuk rekening tanpa melalui proses panjang.

5. Memperluas jangkauan pelanggan

Tren transaksi nontunai saat ini mendorong pelanggan mencari penjual yang menerima pembayaran dengan kartu dan dompet digital. Penjual bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dari dalam maupun luar negeri. Plus, menjaga pelanggan tetap setia dan tidak beralih ke toko lain.

6. Memperpendek proses checkout

Cukup gesek atau tapping kartu, proses checkout berlangsung lebih cepat dan singkat. Penjual pun bisa memproses lebih banyak transaksi dalam satu waktu tanpa khawatir membuat antrean pembeli mengular. 

7. Siap berkompetisi dengan pelaku usaha lain

Dengan menawarkan beberapa opsi pembayaran, penjual menjadikan usahanya kompetitif. Bukan hanya bisa bersaing dengan pelaku usaha yang setingkat, tetapi juga tak kalah dari usaha skala besar.

Itulah 5 kebiasaan pelanggan dalam hal pembayaran, beserta keuntungan pembayaran kartu untuk pembeli dan penjual. yang sudah bergeser ke nontunai. Transaksi kartu kini jadi sesuatu yang lazim.

Setelah tahu bagaimana kebiasaan pelanggan yang kini telah bergeser ke pembayaran nontunai, salah satunya dengan pembayaran kartu, Anda pun bisa menangkap peluang tersebut dengan menyediakan GoBiz PLUS untuk usaha Anda!

Apa itu GoBiz PLUS? Ini merupakan perangkat kasir pelengkap aplikasi GoBiz Anda. Selain bisa menerima pembayaran kartu debit/kredit, Anda juga bisa mencetak struk langsung, tanpa perlu membeli printer tambahan!

Ingin tahu lebih banyak bagaimana GoBiz PLUS bisa mempermudah pembayaran dalam usaha Anda?

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya