GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

15 Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan & Kegagalan Wirausaha

11. Kompetitif

Selama abad 21 ini, terdapat banyak sekali bisnis startup rintisan dengan ide cemerlang yang unik dan menarik. Oleh karena itu, sifat kompetitif sangat menentukan keberhasilan dan kegagalan wirausaha.

Dengan memiliki sifat kompetitif, Anda pasti cenderung tidak ingin kalah dalam segala sesuatu dan memiliki perasaan ingin menang dalam persaingan, sehingga Anda pun akan berusaha untuk membuat produk bisnis yang dapat bersaing di pasaran. 

12. Modal

Selain beberapa hal diatas, modal adalah salah satu faktor utama yang memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan dan kegagalan wirausaha. Jika modal yang Anda keluarkan cukup untuk menopang bisnis Anda, maka pasti bisnis Anda dapat berjalan lancar.

Selain itu, segala inovasi yang ingin Anda lakukan dalam bisnis tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Sehingga, pastikan modal yang Anda miliki mencukupi untuk membiayai perkembangan bisnis Anda. 

13. Marketing

Dalam bisnis, marketing yang tepat sangatlah penting untuk menjaring pasar serta dapat menentukan keberhasilan dan kegagalan wirausaha. Tanpa adanya promosi dan pemasaran yang tepat, bisnis Anda tidak akan dapat menjangkau target konsumen yang tepat meskipun produk Anda memiliki kualitas yang baik. Sebaik apapun kualitas produk Anda, tanpa adanya promosi dan pemasaran yang tepat maka bisnis Anda akan merugi. 

14. Networking

Pemilihan rekan bisnis dan networking yang tepat juga sangat berpengaruh dalam menentukan keberhasilan dan kegagalan bisnis Anda. Anda harus memilih rekan bisnis yang tepat dan memiliki tujuan serta visi misi yang sama dengan bisnis Anda.

Selain itu, networking yang bisa menentukan keberhasilan dan kegagalan wirausaha Anda adalah rekanan jaringan yang bisa membantu promosi atau pemasaran terhadap produk yang Anda jual. 

15. Lokasi

Pemilihan lokasi juga memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan dan kegagalan bisnis Anda, terutama jika usaha Anda membutuhkan akses kepada konsumen atau pelanggan Anda seperti restoran. Jika pemilihan lokasi Anda tidak strategis, tentu hal itu dapat menjadi kendala yang lama kelamaan dapat membuat produk Anda tidak berkembang.

Selain itu, pertimbangkan juga faktor-faktor lain seperti kemudahan akses lokasi usaha Anda terhadap tempat lain serta tempat parkir. Hal tersebut terlihat sepele namun memiliki peran yang cukup penting dalam menentukan keberhasilan dan kegagalan bisnis Anda. 

Itulah 15 hal yang bisa mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan wirausaha Anda. Selain itu, ada pula beberapa faktor eksternal yang bisa mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan wirausaha.

Yakni perubahan ekonomi yang terjadi di Indonesia maupun secara global, krisis ekonomi, bencana alam, perubahan harga, perubahan nilai mata uang, hingga kebijakan pemerintah yang berubah dan dapat mempengaruhi usaha Anda.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya