GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan yang Perlu Diketahui

Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan yang Perlu Diketahui – Dalam menjalankan sebuah usaha, kehadiran laporan keuangan bisa dibilang sangat penting. Sebab, laporan keuangan memuat sejumlah data penting, mulai dari angka transaksi jual beli, catatan pengeluaran dan pemasukan perusahaan, sampai catatan finansial penting lainnya.

Dengan membuat laporan keuangan, Anda bisa menilai performa perusahaan Anda secara berkala. Manfaatnya, Anda pun bisa membuat keputusan dan menentukan rencana jangka panjang usaha dengan lebih berhati-hati.

Dengan kata lain, laporan keuangan bisa jadi faktor utama yang menentukan kesuksesan usaha Anda. Akan tetapi perlu diingat, membuat laporan keuangan pun tidak bisa sembarangan, karena di dalamnya termaktub informasi penting yang bisa menentukan nasib usaha Anda. 

Untuk alasan ini pulalah, laporan keuangan Anda harus memenuhi karakteristik kualitatif tertentu agar informasinya bisa tersampaikan dengan baik. Berikut 5 karakteristik kualitatif laporan keuangan usaha yang penting untuk Anda ketahui.


5 Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan Usaha yang Perlu Anda Tahu

1. Dapat dipahami (understandability)

Informasi hanya akan bermanfaat untuk penerima bila dapat dimengerti. Laporan keuangan bisa terlihat rumit, karena mengandung banyak sekali angka. 

Oleh karenanya, laporan keuangan harus mampu menyajikan informasi keuangan dengan sederhana dan simpel. Tujuannya tidak lain agar pembaca yang tidak ahli dalam keuangan pun dapat mengerti. Lebih lanjut lagi, Anda perlu memerhatikan relevansi informasi yang tertera. 

Misalnya, katakanlah Anda membuat laporan keuangan untuk usaha kedai kopi. Laporan menunjukkan bahwa penjualan bulan ini lebih sedikit dari bulan lalu.

Hindari menggunakan kalimat dengan istilah rumit seperti, “Pemasukan Kedai Kopi XYZ mengalami degradasi pada bulan ini.” Sebaiknya gunakan kalimat lebih sederhana seperti, “Pada September 2021, pemasukan Kedai Kopi XYZ menurun 20% jika dibandingkan dengan bulan Agustus 2021.”

Baca juga: 5 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Bisnis 

2. Relevansi (relevance)

Karakteristik kualitatif laporan keuangan yang kedua adalah relevansi. Informasi memiliki kualitas relevan bila informasi tersebut dapat dipakai untuk mengambil keputusan tertentu. 

Relevansi pada laporan keuangan berarti informasi yang tertera dalam laporan harus lengkap. Baik informasi di masa lalu maupun di masa kini, yang terpenting informasi bisa dievaluasi untuk membantu mengambil keputusan di masa depan. 

Misalnya, berdasarkan data laporan keuangan, Anda bisa menuliskan, “Menurut data bulan Agustus 2021, penjualan menu Es Kopi Susu meningkat 50% sehingga membuat pemasukan bertambah. Untuk memenuhi permintaan pasar, Kedai Kopi XYZ akan menambah produksi Es Kopi Susu. Artinya, pembelian bahan baku juga akan bertambah.”

3. Karakteristik kualitatif laporan keuangan usaha harus bisa diandalkan (reliability)

Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan yang Perlu Diketahui

Informasi dalam laporan keuangan juga harus dapat diandalkan atau reliable. Maksudnya, informasinya harus benar, tidak menyesatkan, tidak terdapat kesalahan material, dan dapat diandalkan penyusunnya untuk menyajikan laporan yang jujur seperti yang sudah seharusnya disajikan.

Selain itu, penting juga memperhatikan ketepatan waktu laporan keuangan. Bila terjadi penundaan yang tidak semestinya, informasi laporan keuangan bisa kehilangan tingkat relevansinya. 

Agar dapat diandalkan, informasi dalam laporan keuangan harus memenuhi beberapa unsur, di antaranya penyajian yang jujur, sesuai konteks, netral, pertimbangan yang sehat, dan lengkap.

Baca juga: Kisah 10 Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis Mereka dari Nol

4. Materialitas (materiability)

Materialitas adalah prinsip atau karakteristik kualitatif laporan keuangan yang berarti besarnya nilai yang hilang atau kesalahan penyajjian informasi keuangan, yang dilihat dari situasi dan kondisi perusahaan, dapat mengakibatkan perubahan keputusan ekonomi ke depannya. Artinya, keputusan bisa saja berbeda jika tidak terdapat kesalahan penyajian informasi dalam laporan keuangan.

Dengan kata lain, kesalahan ini bisa menyesatkan proses pengambilan keputusan pengguna laporan keuangan. Itulah kenapa laporan keuangan perlu dituliskan secara hati-hati dan teliti untuk memastikan tidak ada kesalahan.

5. Dapat diperbandingkan (comparability)

Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan Usaha, Ini 5 Hal Pentingnya

Karakteristik kualitatif laporan keuangan yang terakhir adalah laporan keuangan harus mampu diperbandingkan dengan laporan keuangan periode sebelumnya.

Tujuannya, agar Anda bisa mengidentifikasi perkembangan atau penurunan keuangan dan kondisi perusahaan, sehingga lebih mampu menggambarkan prospek ke depan. Perbandingan juga diperlukan untuk memberikan masukan kepada calon investor dalam menentukan pilihan investasi.

Untuk memudahkan pembaca dalam membandingkan laporan keuangan sekarang dengan periode sebelumnya, akan lebih baik jika laporan keuangan disajikan dalam bentuk perbandingan dengan periode sebelumnya. Contohnya dengan mengategorikannya ke dalam dua tabel yang bersebelahan. Lalu, Anda juga bisa sedikit menarasikan isi tabel.

Misalnya, Anda dapat menuliskan seperti ini, “Berdasarkan perbandingan data bulan Juli dan Agustus 2021, pemasukan Kedai Kopi XYZ meningkat pada Agustus 2021 jika dibandingkan dengan Juli 2021. Selain karena penjualan Es Kopi Susu meningkat 50%, selama Agustus 2021 Kedai Kopi XYZ juga mengurangi biaya operasional. Rincian angka dapat dilihat pada tabel.”

Selain mengetahui seluk-beluk karakteristik kualitatif laporan keuangan, Anda juga perlu mengetahui faktor penting dalam usaha lainnya, yakni pengadaan pilihan pembayaran cashless.

Cashless adalah jenis pembayaran nontunai atau yang berarti transaksi dilakukan menggunakan kartu, QR Code, voucher, atau e-wallet. Adapun salah satu alat yang dapat Anda manfaatkan untuk menerima pembayaran nontunai ini adalah perangkat kasir GoBiz PLUS yang berbentuk mesin EDC.

Dengan fitur GoKasir yang telah terintegrasi dengan GoBiz PLUS, Anda juga bisa mendapatkan laporan transaksi dan pengeluaran usaha dengan lebih rapi, lengkap, dan sistematis. Ini tentunya dapat memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan.

Dengan memperhatikan 5 karakteristik kualitatif laporan keuangan yang telah dibahas di atas, mudah-mudahan, penyusunan laporan keuangan usaha Anda pun akan lebih lancar. Namun tentunya akan lebih lancar lagi jika Anda menggunakan GoBiz PLUS dan layanan GoKasir. Bagaimana? Tertarik?

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Modal Usaha adalah Fondasi Awal Bisnis. Ini 8 Cara Mendapatkannya

Mendapatkan modal usaha adalah hal penting bagi calon pengusaha. Di tengah keadaan selengkapnya

Indikator Kepuasan Pelanggan, Ada 5 Hal yang Perlu Diketahui

Indikator kepuasan pelanggan adalah ukuran yang digunakan untuk mengetahui puas atau selengkapnya