GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

7 Ide Jualan Makanan Bulan Puasa, Potensi Laris di GoFood!

Mencari kegiatan seru selama bulan puasa? Bagaimana kalau Anda coba jualan makanan saja? Selain untuk mengisi waktu luang, jualan makanan di bulan puasa juga pastinya menguntungkan. Ada banyak, lho, ide jualan makanan bulan puasa yang bisa Anda coba. 

Tidak perlu ragu-ragu atau bingung sebab sejumlah ide jualan makanan berikut bisa Anda mulai tanpa hambatan soal modal. Jika ingin membuka usaha yang banyak dicari dan disukai oleh masyarakat, yuk, coba ide jualan makanan berikut ini!

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran di Bulan Ramadhan untuk Tingkatkan Penjualan


7 Ide Jualan Makanan Bulan Puasa

1. Lauk-pauk

Ide jualan makanan bulan puasa

Meskipun semua orang butuh makan, tidak semua orang punya waktu untuk memasak. Bahkan, tidak sedikit orang yang lebih memilih membeli makanan agar lebih praktis. Nah, menjual lauk-pauk layak dipertimbangkan sebagai ide jualan Anda karena memiliki banyak peminat. Selain itu, ide ini juga cocok bagi Anda yang hobi memasak dan ingin menghasilkan cuan dari sana. Anda bisa jual berbagai macam lauk-pauk, mulai dari ayam, daging, ikan, tempe, tahu, talur, oncom, dan sebagainya. 

2. Jajanan Pasar

Saat berbuka puasa, jajanan pasar menjadi salah satu santapan yang sering kali dicari oleh banyak orang. Harga yang murah dan rasa yang enak membuat jajanan pasar disukai. Menjual aneka jajanan, seperti makanan ringan, kue tradisional, dan kue jajanan pasar kekinian bisa menjadi jalan untuk Anda mendapatkan untung besar di bulan puasa ini. Ada banyak jajanan pasar yang bisa Anda tawarkan, mulai dari lemper, klepon, kue cucur, dan lain-lain.

3. Gorengan

Ide jualan makanan bulan puasa

Hampir semua orang Indonesia menyukai gorengan. Di bulan puasa, gorengan menjadi salah satu makanan yang laris karena cocok dijadikan sebagai santapan berbuka. Kalau mau beda dari yang lain, Anda bisa, lho, menawarkan aneka gorengan yang lebih sehat, misalnya menggunakan minyak zaitun. Modalnya mungkin lebih mahal, tapi Anda bisa naikkan harga sedikit supaya bisnis bisa balik modal. Tidak bakal rugi, deh, karena pasti ada yang tertarik untuk menikmati gorengan unik Anda.

Baca Juga: Sediakan 6 Metode Pembayaran yang Digemari Konsumen ini Agar Jualan Laris

4. Tahu Bulat

Tahu bulat adalah jajanan dari Tasikmalaya yang sangat mudah kita temukan di jalanan. Jajanan kaki lima yang terbuat dari olahan kacang kedelai ini rasanya enak dan ringan. Selain itu, harganya pun murah, sekitar Rp500 per buah. Meskipun murah, Anda tidak perlu khawatir soal keuntungan. Asalkan banyak yang beli, ide jualan makanan bulan puasa ini pasti cuan, kok. Pastikan saja Anda menjual tahu bulat isi kopong yang segar dengan tambahan aneka bumbu yang membuatnya semakin enak dan gurih.

5. Cilok

Di hari biasanya, cilok menjadi salah satu camilan yang favorit. Selama bulan puasa, jajanan yang terbuat dari tepung kanji ini tetap diminati. Semua kalangan bisa menikmati cilok, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Jadi, cilok bisa jadi hidangan untuk santap bersama keluarga. Jika ingin jualan cilok Anda semakin laris, coba, deh, buat kombinasi saus bumbu kacang yang gurih dan bikin nagih!

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran Online Selama Ramadan

6. Kue Kering

Menikmati aneka kue kering adalah tradisi saat lebaran. Maka dari itu, usaha ini pasti banyak konsumen cari dan bisa untuk Anda pertimbangkan. Bicara tentang modal biasanya bervariasi, bergantung kualitas bahan kue kering yang Anda gunakan dan segmen pasar Anda. Oleh karena itu, sesuaikan saja dengan bujet, ya! Anda bisa jualan aneka kue kering, seperti kue nastar, kue putri salju, lidah kucing, kaasstengels, dan sebagainya. 

7. Ketupat

Salah satu hidangan khas lebaran yang sampai sekarang masih banyak peminatnya ini juga bisa jadi ide jualan makanan bulan puasa yang menarik. Sementara ketupat orang yang menyukai, tidak semua orang punya waktu lebih untuk membuatnya sendiri. Nah, Anda bisa memanfaatkan situasi ini untuk berjualan ketupat selama bulan puasa. Tanpa modal besar, ketupat bisa memberikan Anda keuntungan cukup menjanjikan. Coba, deh!


Itulah tujuh ide jualan makanan bulan puasa yang bisa hadirkan banyak keuntungan bagi Anda. Apa pun jualannya, pastikan untuk bergabung dengan komunitas partner GoFood agar jualanmu makin berkembang. Anda bisa daftar komunitas partner GoFood, salah satunya KOMPAG, untuk perluas koneksi dengan sesama pemilik usaha lain. Sebagai wadah komunitas yang Gojek dirikan, KOMPAG mendukung para pelaku UMKM seperti Anda. Selamat berbisnis!

CTA Banner KOMPAG Komunitas Partner GoFood

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Kripik Balado Shirley, Oleh-oleh Khas Padang yang Mendunia

Bicara soal oleh-oleh khas Padang, pasti tak lengkap tanpa Kripik Balado Shirley. Snack selengkapnya

Cara Memulai Bisnis Rumahan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan bulan baik untuk memulai bisnis. Cara selengkapnya