GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Ide Jualan di Bulan Puasa dengan Modal Kecil

Bulan puasa merupakan momen yang tepat untuk berjualan, terutama menjual makanan. Anda bisa menjual aneka makanan untuk sahur maupun berbuka puasa. Untuk Anda yang tertarik berjualan di bulan puasa, Anda tidak perlu menyiapkan modal yang besar, lho!

Ada, kok, beberapa ide jualan di bulan puasa dengan modal kecil yang bisa Anda coba. Keuntungan yang Anda tawarkan juga cukup besar, sebab minat konsumen juga sangat tinggi. Nah, berikut adalah tujuh ide jualan di bulan puasa dengan modal yang kecil.

Baca juga: 7 Ide Jualan Menjelang Lebaran, Dijamin Untung Maksimal!


7 Ide Jualan di Bulan Puasa

1. Jual Minuman Dingin

Berbuka puasa dengan minuman dingin memang nikmat setelah menahan lapar dan haus karena seharian berpuasa. Ada banyak jenis minuman dingin yang bisa Anda jual, seperti es sirup, es buah, atau berbagai minuman dingin lainnya. Ide jualan di bulan puasa ini banyak peminatnya karena tak membutuhkan modal besar. Kalau ingin jualan es buah, Anda hanya akan membutuhkan modal sebesar Rp150.000 saja untuk membeli berbagai bahan yang Anda perlukan, seperti sirup dan buah-buahan segar.


2. Jualan Takjil

Bulan puasa tidak jauh-jauh dari jualan takjil. Takjil menjadi salah satu hidangan khas Ramadan yang selalu konsumen buru. Oleh karena itu, ini adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin berjualan selama bulan puasa. Hanya bermodal kemampuan memasak dan promosi yang baik, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup menjanjikan dari berjualan takjil, lho! Beberapa jenis jualan takjil yang bisa Anda jual, di antaranya adalah kolak pisang, es pisang ijo, es campur, dan berbagai hidangan manis nan enak lainnya.


3. Jual Buah Kurma

Selama bulan puasa, kurma menjadi primadona. Meskipun bukan buah yang berasal dari tanaman asli Indonesia, tapi kurma cukup populer sebagai salah satu makanan untuk berbuka puasa. Ide jualan di bulan puasa ini bisa Anda jalankan dengan mencari distributor terbaik. Besarnya permintaan pasar terhadap kurma juga semakin meningkatkan peluang untung, lho! Selain manis, konsumen menyukai kurma karena memiliki kalori tinggi dan mudah dicerna, sehingga cocok dinikmati setelah seharian berpuasa.

Baca juga: 30+ Bisnis Franchise Makanan Terlaris dan Mudah


4. Jualan Ketupat 

Ketupat adalah salah satu hidangan khas lebaran yang sampai sekarang masih banyak peminatnya. Meskipun ketupat disukai, tidak semua orang punya waktu lebih untuk membuatnya sendiri. Nah, Anda bisa memanfaatkan situasi ini untuk berjualan ketupat selama bulan puasa. Tanpa modal besar, olahan makanan yang dibuat menggunakan beras dalam anyaman daun kelapa muda ini bisa memberikan Anda keuntungan cukup menjanjikan. Coba, deh, pertimbangkan ide jualan di bulan puasa ini jika Anda punya keahlian menganyam. 

5. Jualan Bumbu Opor

Selama bulan puasa, lebih enak jika membuat makanan yang simple-simple saja. Itulah mengapa banyak orang mencari bumbu siap pakai, salah satunya bumbu opor. Bumbu yang umumnya berwarna putih karena memakai kemiri ini bisa dipakai untuk memasak berbagai jenis masakan, misalnya opor ayam. Opor ayam sendiri merupakan hidangan yang sudah menjadi tradisi di Indonesia untuk merayakan lebaran. Rasanya yang khas dengan rempah asli Indonesia membuat bumbu opor selalu disukai dan dicari.

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran Online Selama Ramadan

6. Jualan Kue Lebaran

ide jualan di bulan puasa

Ide jualan di bulan puasa yang tidak kalah menarik adalah kue lebaran. Tidak sedikit orang yang malas memasak kue lebaran sendiri atau ingin mengirimkan kue lebaran untuk orang lain. Maka dari itu, keuntungannya cukup menjanjikan untuk Anda pertimbangkan, nih. Soal modal, bisnis kue lebaran bisa bervariasi bergantung jenis kue yang Anda jual. Anda juga bisa menawarkan kue lebaran dari harga termurah hingga termahal untuk menargetkan konsumen dari berbagai kalangan. 

7. Jual Gorengan

Anda sudah sering dengar, bukan, tentang kisah sukses penjual gorengan yang meraup untung jutaan? Jika Anda memiliki kemampuan memasak yang baik, jualan gorengan bisa jadi ide yang seru juga, nih. Gorengan adalah salah satu makanan yang bisa laris di bulan puasa ini. Ada aneka gorengan yang bisa Anda jual, mulai dari pisang goreng, tahu isi, bakwan, dan lain-lain. Jangan lupa untuk membuat jualan gorengan Anda unik, misalnya dengan bikin saus khusus yang jadi ciri khas usaha gorengan Anda.


Itulah informasi mengenai beberapa ide jualan di bulan puasa dengan modal kecil yang layak Anda pertimbangkan. Meskipun punya modal kecil, pastikan usaha Anda hasilkan keuntungan yang maksimal dengan mendaftarkannya di GoFood. Dengan mendaftarkan bisnis ke GoFood, Anda bisa melebarkan jangkauan pasar, mendapatkan lebih banyak pelanggan, dan lebih mudah menemukan konsumen baru lewat promo-promo menarik. Yuk, cari tahu cara daftar GoFood sekarang supaya bisnis Anda makin laris di bulan puasa!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Kripik Balado Shirley, Oleh-oleh Khas Padang yang Mendunia

Bicara soal oleh-oleh khas Padang, pasti tak lengkap tanpa Kripik Balado Shirley. Snack selengkapnya

Cara Memulai Bisnis Rumahan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan bulan baik untuk memulai bisnis. Cara selengkapnya