GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Ide Bisnis Unik Anti Mainstream Saat Puasa, Potensi Untung!

Ingin memanfaatkan bulan puasa untuk mendapatkan keuntungan maksimal lewat ide bisnis unik anti mainstream saat puasa? Ada, kok, beberapa ide bisnis unik anti mainstream saat puasa yang bisa Anda coba. Berjualan di bulan penuh berkah ini kemungkinan besar akan memberikan Anda cuan besar, deh. Tidak perlu bingung cari ide, yuk, simak tujuh bisnis unik anti mainstream saat puasa berikut ini!

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran di Bulan Ramadhan untuk Tingkatkan Penjualan

7 Ide Bisnis Unik Anti Mainstream Saat Puasa

1. Bisnis makanan sahur cepat saji

Biasanya, anak-anak yang ngekos atau tinggal sendiri membutuhkan makanan sahur cepat saji. Oleh karena itu, ide bisnis unik anti mainstream saat puasa ini bisa jadi alternatif Anda yang tidak ingin berjualan makanan berbuka atau takjil yang banyak saingannya. Memang, sih, jualan menu sahur berarti Anda harus mengorbankan waktu tidur, tapi kalau untung, kenapa tidak? Biar semakin laris, Anda bisa tawarkan sistem delivery order. anti mainstream, kan?

2. Bisnis Parsel Lebaran

ide bisnis unik anti mainstream saat puasa

Buat Anda yang tertarik untuk jual parsel lebaran, tidak perlu ragu untuk mulai sekarang. Mengirimkan parsel merupakan salah satu tradisi lebaran yang umum di Indonesia, sehingga pasti banyak yang minat. Selain untuk menyambung tali silaturahmi, parsel lebaran juga bisa menjadi pelengkap ucapan Selamat Hari Raya Idulfitri. Ada banyak bisnis parsel lebaran yang bisa Anda coba. Sesuaikan saja dengan bujet Anda, misalnya berjualan parsel buah, barang pecah-belah, makanan dan minuman, hingga hijab dan perlengkapan ibadah.

3. Jasa Menjaga Sandal Saat Tarawih

Kehilangan sandal saat Tarawih di masjid sepertinya sudah sering terjadi, entah karena maling atau salah membawa sandal sebab saking banyaknya peserta salat. Nah, untuk mereka yang tidak ingin sandalnya hilang atau terbawa orang lain, Anda bisa menawarkan jasa menjaga sandal saat salat Tarawih. Tidak perlu mahal-mahal, menetapkan harga Rp1.000 atau Rp2.000 saja per sandal sudah bisa memberikan Anda cuan besar. 

Baca Juga: Sediakan 6 Metode Pembayaran yang Digemari Konsumen ini Agar Jualan Laris

4. Jasa Membuat Konten Khusus Lebaran

Mau memanfaatkan kemampuan desain atau kreativitas yang Anda punya? Coba, deh, buka jasa membuat konten khusus lebaran. Anda bisa bikin tulisan, video ucapan, dan berbagai konten menarik lainnya yang berkaitan dengan Ramadan dan lebaran. Bakal ada saja orang yang ingin mengabadikan momen bulan suci bersama orang tersayang, tapi tidak bisa bikin kontennya sendiri. Nah, jasa Anda bisa hadir sebagai solusi, sekaligus asah kreativitas Anda juga.

5. Bisnis Produk Timur Tengah

Bulan puasa bisa jadi waktu yang tepat untuk berjualan produk Timur Tengah. Selain kurma, ada banyak produk Timur Tengah lainnya yang bisa Anda coba jual, misalnya bumbu masak khas Timur Tengah, kismis, buah kering, minyak zaitun, dan sebagainya. Dibutuhkan selama bulan puasa, beberapa bisnis produk Timur Tengah pasti bakal untung, deh.

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran Online Selama Ramadan

6. Jasa Bersih-Bersih Rumah

Jelang lebaran, biasanya para pembantu rumah tangga pulang kampung, nih. Padahal, rumah harus bersih supaya bisa menyambut para tamu dengan nyaman saat lebaran. Nah, Anda bisa menawarkan jasa bersih-bersih rumah untuk mereka yang butuh bantuan dalam membersihkan rumah. Dengan modal alat bersih-bersih yang sederhana, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Anda bisa menerapkan tarif sesuai tingkat kekotoran dan luas rumah pelanggan.

7. Jasa Penukaran Uang 

Saat lebaran, uang pecahan dibutuhkan untuk membagikan Tunjangan Hari Raya ke keluarga. Kalau malas datang langsung ke bank, biasanya orang-orang mencari jasa penukaran uang. Anda yang punya modal untuk membuka jasa penukaran uang bisa mempertimbangkan ide bisnis unik anti mainstream saat puasa ini. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan bervariasi, bergantung tarif yang Anda terapkan per nominal penukaran uang, misalnya Rp10.000 atau Rp20.000. Semakin banyak pelanggan, Anda akan semakin untung.


Untuk terus berinovasi dalam bisnis, ikuti komunitas partner GoFood, KOMPAG, untuk perluas koneksi dengan sesama pemilik usaha lainnya. Selain daftar komunitas partner GoFood, Anda juga bisa memanfaatkan fitur GoModal dari Gojek yang menyediakan pinjaman modal bagi para mitra usaha Gojek.

Dengan fitur GoModal, Anda bisa mendapat bantuan modal usaha hingga Rp150 juta dengan kisaran waktu cicilan mulai dari 2, 3, 6, hingga 12 bulan. Tertarik eksekusi ide bisnis unik anti mainstream saat puasa sekarang? Segera coba sebelum ketinggalan momen!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Kripik Balado Shirley, Oleh-oleh Khas Padang yang Mendunia

Bicara soal oleh-oleh khas Padang, pasti tak lengkap tanpa Kripik Balado Shirley. Snack selengkapnya

Cara Memulai Bisnis Rumahan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan bulan baik untuk memulai bisnis. Cara selengkapnya