GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Cobain Fitur Terbaru GoKasir, Hitung Komisi Pesanan Online Jadi Praktis!

Anda sering mengalami kesulitan untuk mengetahui keuntungan bersih dari hasil penjualan dari aplikasi pemesanan online seperti shopee food, grabfood, ataupun lainnya. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi kesulitan menghitungnya secara manual. Kini GoKasir sudah bisa langsung bantu Anda mengetahui komisi pesanan yang terjual melalui fitur terbaru komisi pesanan online di GoBiz versi 3.53 ke atas.

Keuntungan Pengaturan Komisi Pesanan Online Bagi Mitra Usaha

1. Pencatatan Semakin Mudah

Dengan peningkatan ini, akan lebih mudah bagi Mitra Usaha untuk mencatat transaksi dari pesanan online yang memiliki komisi tanpa harus menghitung nominal transaksi setelah dikurangi komisi.

2. Laporan Lebih Lengkap

Laporan transaksi/pencatatan dari pesanan online juga akan lebih lengkap dengan adanya informasi tambahan terkait jumlah komisi yang mengurangi pendapatan kotor Mitra Usaha.

Tampilan Komisi Pada Halaman Laporan 

Informasi jumlah potongan komisi pada pesanan online yang dicatat oleh Mitra Usaha akan dapat diakses melalui menu laporan transaksi GoKasir berikut:

  1. Tab ringkasan & detail komisi
  2. Halaman rincian penjualan

Kenapa Anda Harus Coba Fitur Terbaru Ini? 

Saat ini pesanan online yang dicatat menggunakan GoKasir tidak memperhitungkan komisi secara otomatis. Untuk mendapatkan angka pendapatan bersih, Mitra Usaha masih perlu mengurangi harga produk dengan komisi yang berlaku.

Lalu, Apa Perubahannya?

Pada GoBiz 4.0, GoKasir akan menyediakan fitur bagi Mitra Usaha untuk mengatur jumlah komisi yang berlaku untuk masing-masing aplikasi pesanan online yang tersedia di GoKasir.


FAQ

1. Bagaimana saya bisa mendapatkan fitur komisi pesanan online?

Anda dapat langsung mendapatkan fitur komisi online pada GoBiz versi 3.53 ke atas

2. Saya sudah menggunakan GoBiz 3.53 ke atas tapi komisi pada transaksi online saya tidak terhitung?

Anda dapat mengaktifkan fitur komisi pesanan online dengan mengakses menu Komisi Pesanan Online pada halaman GoKasir dan menekan tombol Aktifkan Komisi.

3. Di mana saya dapat mengatur biaya komisi pesanan online?

Anda dapat mengatur biaya komisi pesanan online dengan mengakses menu Komisi Pesanan Online pada halaman GoKasir

4. Komisi pesanan online apa saja yang dapat saya hitung melalui GoKasir?

Komisi pesanan yang dapat dihitung otomatis meliputi komisi GoFood, GrabFood, ShopeeFood, TravelokaEats dan Lainnnya. Lainnya dapat Anda gunakan untuk metode penjualan online yang belum disebutkan diatas seperti Maxim, Airasia food atau lainnya

5. Di mana saya mengatur komisi GoFood?

Anda tidak perlu melakukan pengaturan komisi GoFood karena komisi GoFood akan terhitung secara otomatis saat transaksi GoFood terjadi.

6. Apakah saya dapat melihat komisi untuk setiap transaksi?

Bisa, komisi untuk setiap transaksi online dapat dilihat pada halaman Transaksi dan pada halaman Laporan Penjualan

7. Apakah saya dapat mengetahui total komisi dan rekap komisi pada setiap pesanan online?

Anda dapat melihat total komisi pada halaman laporan ringkasan pada bagian Komisi Pesanan Online. Rekap komisi untuk setiap online channel dapat dilihat dengan menekan link yang terdapat pada Komisi Pesanan Online.

8. Di mana saya dapat mengetahui pemasukan saya?

Jumlah pemasukan dapat dilihat pada halaman laporan ringkasan. Pemasukan yang dicantumkan adalah jumlah penjualan yang sudah dikurangi pengeluaran, pembatalan dan komisi.

9. Jika saya mengubah biaya komisi, apakah transaksi saya akan mengikuti perhitungan komisi yang baru diubah?

Jika nilai komisi diubah, transaksi yang dicatat setelahnya akan menggunakan nilai komisi yang baru. Sedangkan nilai komisi pada transaksi yang sudah dicatat sebelumnya akan tetap sama.

10. Siapa yang dapat melakukan pengaturan komisi?

Semua user dan role dapat mengakses pengaturan komisi

11. Jika transaksi saya dibatalkan, apakah komisi akan tetap tercatat?

Perhitungan komisi akan mengikuti nilai yang dibayarkan pelanggan. Jadi jika ada transaksi atau item yang dibatalkan maka nilai transaksi/item yang dibatalkan tersebut tidak akan dimasukkan pada perhitungan komisi.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cerita CUAN: The Self Studios, Laris Karena Customer Lebih Bebas Berfoto

Bisnis tidak akan berkembang tanpa pelanggan. Bagi bisnis yang baru dirintis, mendapatkan selengkapnya

Cerita CUAN: Di Bawah Pohon Barber & Shop, Layanan Berkelas, Pelanggan Puas

Bisnis barbershop kian ramai pemainnya akhir-akhir ini. Di mata konsumen, hal ini tentu selengkapnya