GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Cara Bikin Promo GoFood yang Efektif Lewat Fitur Target Segmen Pelanggan

Cara Bikin Promo GoFood yang Efektif Lewat Fitur Target Segmen Pelanggan – Salah satu tips jitu untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan ialah dengan membuat promo GoFood.

Namun, bayangkan, apabila Anda bisa membuat promo GoFood khusus untuk target pelanggan tertentu, pasti jumlah transaksi dan omzet Anda bisa lebih meningkat!

Kabar gembira untuk Anda! Agar pembuatan promo GoFood dengan lebih efektif dan tepat sasaran, kini Mitra Usaha bisa menggunakan fitur Target Segmen Pelanggan ketika membuat promo Diskon Total Belanja dan Diskon Ongkir, lho!

Siapa Target Pelanggan yang Bisa Anda Sasar?

  1. Semua pengguna Gojek.
  2. Pelanggan baru: belum pernah pesan di resto Anda dalam 1 tahun terakhir.
  3. Pelanggan aktif: pernah pesan dalam 90 hari terakhir.
  4. Pelanggan tidak aktif: belum pesan lagi dalam 90 hari terakhir, tapi pernah pesan dalam 1 tahun terakhir.

Apa Manfaat Menggunakan Fitur Target Pelanggan?

1. Lebih tepat sasaran

Kini, Mitra Usaha bisa menyasar target pelanggan dengan lebih tepat sehingga promo GoFood yang Anda buat akan berjalan dengan lebih efektif.

2. Usaha Anda bisa lebih dikenal pelanggan

Membuat promo GoFood dengan fitur Target Pelanggan akan membuka kesempatan bagi usaha Anda untuk bisa dikenal oleh banyak pelanggan, lho! Semakin usaha Anda dikenal, semakin tertarik juga pelanggan untuk mencari  tahu lebih lanjut atau membeli dari resto Anda!

3. Bisa atur anggaran promo dengan bijak

Dengan menerapkan anggaran promo secara bijak, operasional usaha pun akan lebih efisien. Strategi usaha Anda pun akan berjalan dengan lebih lancar!


Dilihat dari Level Usaha, Target Pelanggan Mana yang Harus Anda Sasar?

Bingung bagaimana cara menentukan target pelanggan yang tepat? Jangan khawatir, Mitra Usaha bisa simak pemaparannya berikut ini.

1. Usaha baru berjalan kurang dari 1 tahun

  • Anda baru memulai usaha dan sedang fokus meningkatkan pelanggan baru, serta brand awareness.
  • Target pelanggan yang cocok: Pelanggan Baru. Untuk tingkatkan total belanja, Anda bisa buat beberapa menu bundling.
  • Buatlah menu bundling yang disukai para pelanggan, misalnya nasi + ayam bakar + sambal + lalapan + es teh manis. Dengan demikian, pelanggan akan lebih tertarik untuk mencobanya!
  • Pastikan foto makanan memiliki resolusi tinggi. Buatlah deskripsi menu yang jelas dan menarik!

2. Usaha tahap awal, sudah berjalan 1-3 tahun

  • Ini adalah tahap di mana usaha resto Anda sudah mulai dikenal para pelanggan.
  • Target pelanggan yang cocok: Pelanggan Aktif dan Pelanggan Tidak Aktif. Coba buat promo GoFood dengan menawarkan menu-menu lain yang mungkin jarang dipesan oleh pelanggan Anda.
  • Anda bisa membuat menu bundling berisi makanan yang paling laris dan makanan yang kurang laris dari resto Anda. Misalnya, tawarkan paket menu Nasi Goreng Sapi (menu paling laris) dan Mie Goreng Ayam (menu kurang laris). Dengan begitu, pelanggan bisa mencicipi menu lain yang resto Anda jual, guna meningkatkan ketertarikan mereka.

3. Usaha sudah berkembang dan berjalan selama 3-5 tahun

  • Selamat! Usaha Anda sudah punya banyak pelanggan setia. Ini saat yang tepat bagi Anda untuk menerapkan strategi promosi yang lebih personal kepada tiap-tiap pelanggan.
  • Tidak hanya target pelanggan, Anda juga bisa pilih berbagai skema nominal Diskon Total Belanja. Anda bisa bereksperimen dengan besar kecilnya diskon, sesuai dengan kebiasaan target pelanggan dan fokus tujuan usaha Anda.
  • Misalnya, Anda ingin mengajak pelanggan setia untuk mencoba menu baru dan order lebih banyak, maka Anda bisa menggunakan nominal diskon paling besar. Sebaliknya, jika ingin menyasar target pelanggan baru untuk mencoba menu baru, gunakan nominal diskon yang lebih kecil.
  • Buat menu bundling berisi menu best seller dan menu baru agar pelanggan bisa mencoba inovasi yang Anda tawarkan. Misalnya, buat paket minuman Brown Sugar Milk Tea (menu best seller) dan Mango Sticky Rice with Coconut Milk (menu terbaru).

Bagaimana, sekarang bikin promo GoFood jadi lebih efektif dengan fitur Target Segmen Pelanggan, bukan? Yuk, klik di sini baca panduannya atau klik tombol di bawah untuk coba bikin promo GoFood dengan fitur Target Pelanggan!

*) Link hanya dapat dibuka melalui ponsel Android dan pastikan Anda telah download aplikasi GoBiz.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

BARU! GoKasir Kini Dilengkapi dengan Fitur Pengeluaran, Lho!

BARU! GoKasir Kini Dilengkapi dengan Fitur Pengeluaran, Lho! – Salah satu cara selengkapnya

Aktifkan GoKasir, Menangkan GoBiz Mobile Printer Setiap Minggunya!

Halo, Mitra Usaha! Mau kembangkan usaha sekaligus dapat hadiah? Kabar gembira untuk Anda, selengkapnya