GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Apa itu EDC Android? Ini Penjelasan Lengkapnya untuk Pemula 

EDC Android merupakan alat pembayaran nontunai yang mulai ramai di Indonesia. Hal ini terjadi lantaran banyak orang yang saat ini lebih memilih melakukan transaksi secara cashless atau nontunai. Selain memanfaatkan dompet digital, pembayaran dengan kartu masih menjadi salah satu metode pembayaran favorit. Karenanya, merchant Anda pun perlu menyediakan mesin EDC Android untuk memfasilitasi pembayaran nontunai tersebut.


Apa itu EDC?

EDC Android

EDC (Electronic Data Capture) pada dasarnya merupakan alat pembayaran nontunai yang terintegrasi dengan rekening bank. Alat ini memiliki teknologi GUI (Graphical User Interface) yang berperan penting dalam memasukkan dan memvalidasi berbagai data transaksi. Selain itu, EDC juga bisa membantu merchant dalam membuat laporan berdasarkan hasil analisis data yang mesin peroleh.

Sebelum era digital berkembang pesat seperti sekarang, mesin EDC biasanya hanya bisa Anda jumpai di toko-toko atau outlet besar. Sementara itu, pelaku UMKM masih menerima pembayaran secara tunai saja. Beruntung, saat ini telah tersedia EDC Android yang bisa dengan mudah merchant miliki dan gunakan.

Mesin EDC bisa menerima pembayaran nontunai menggunakan kartu debit maupun kartu kredit. Karena sudah menggunakan chip, pembayaran dengan kedua jenis kartu tersebut tidak lagi perlu digesek pada bagian sisi samping mesin. Sebaliknya, kartu bisa masuk pada slot yang terletak di bagian bawah mesin EDC. Perubahan ini diklaim lebih aman sehingga data pelanggan terjamin keamanannya.

Baca juga: Apa Itu Mesin EDC: Pengertian, Jenis, Fitur, dan Cara Penggunaan


Manfaat Pakai Mesin EDC

EDC Android

Terlepas dari apa pun jenis bisnis Anda, ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan mesin EDC, antara lain:

1. Memperlancar transaksi

Salah satu kelebihan pembayaran nontunai adalah petugas kasir tidak perlu repot menyediakan uang kembalian. Dari sisi pelanggan pun, mereka bisa melakukan transaksi lebih cepat. Nah, jika seluruh transaksi pelanggan di meja kasir berjalan lancar tanpa hambatan, maka pelanggan tidak perlu menghabiskan banyak waktu mengantre. Pengalaman menyenangkan ini tentu bisa meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda.

2. EDC Android memudahkan pembukuan

Teknologi canggih yang tersemat dalam mesin EDC memudahkan Anda dalam melakukan pembukuan. Pasalnya, seluruh transaksi yang EDC lakukan secara otomatis tersimpan dalam sebuah program pembukuan. Artinya, ketika Anda membutuhkan laporan penjualan pada hari tersebut, maka data-data pembukuan bisa lebih mudah dan cepat Anda akses. Informasi yang tersaji pun akurat karena tidak Anda lakukan secara manual.

3. Meningkatkan pemasukan bisnis

Menyediakan mesin EDC ternyata bisa berpengaruh pada peningkatan pemasukkan bisnis. Hal ini berkatfaktor kepuasan pelanggan terhadap layanan di merchant Anda. Keberadaan mesin EDC juga membuat pelanggan tidak ragu melakukan pembelian dalam jumlah banyak. Meski tidak membawa uang tunai, mereka tetap bisa bertransaksi menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

4. Mengantisipasi kecurangan karyawan

Manfaat EDC bagi pemilik usaha adalah memudahkan kontrol terhadap seluruh proses transaksi yang tercatat secara otomatis. Di samping itu, pihak bank juga lebih mudah melakukan pengawasan. Artinya, apabila terjadi transaksi mencurigakan, maka Anda bisa lakukan tindakan antisipasi. Dengan begitu, kecurangan karyawan bisa lebih Anda minimalisir menggunakan mesin EDC ini.

5. Menghindari pembayaran dengan uang palsu

Satu lagi manfaat EDC, yaitu menghindari adanya uang palsu dari pelanggan. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir menerima uang dalam kondisi kusut atau rusak. Keberadaan EDC memberi kesempatan pelanggan untuk menyelesaikan pembayaran secara non-tunai. 

Baca juga: Info Lengkap 4 Jenis Mesin EDC dan Keuntungannya untuk Jualan Anda


Lebih Mudah dengan EDC Android dari GoBiz PLUS

EDC Android

Berbeda dari mesin EDC konvensional, EDC Android dari GoBiz PLUS bisa Anda akses dari semua perangkat Android. Selain menerima pembayaran melalui QRIS, alat ini juga bisa menyelesaikan pembayaran nontunai dengan kartu tanpa perlu mendaftar di bank. Pada tipe EDC Android wireless, bahkan mesin ini bisa dibawa ke meja pelanggan. Cocok digunakan untuk usaha kuliner seperti rumah makan, kafe, maupun kedai kopi.

Lebih dari itu, EDC Android dari GoBiz PLUS juga telah dilengkapi dengan built-in printer, sehingga Anda tidak perlu membeli mesin tambahan untuk mencetak struk. Hanya berbekal satu perangkat EDC Android, seluruh pesanan online dan offline bisa diselesaikan dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa menjangkau pelanggan lebih banyak, lebih jauh, tentunya dengan pelayanan yang lebih baik.

Baca juga: EDC adalah: Pengertian dan Cara Kerjanya


Tingkatkan keuntungan bisnis Anda dengan memberikan pelayanan terbaik untuk setiap pelanggan. Dengan EDC Android dari GoBiz, pengalaman bertransaksi di merchant Anda jadi lebih menyenangkan. Tentunya tanpa menunggu antrean terlalu lama, tanpa ribet menunggu uang kembalian, tanpa risiko menerima uang rusak atau uang palsu. Yuk, permudah aktivitas usaha Anda dengan download dan gabung bersama GoBiz sekarang juga!

mesin kasir

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Resume adalah: Pengertian, Tips Membuat, dan Contohnya

Resume adalah salah satu dokumen yang dibutuhkan saat melamar pekerjaan. Ketika Anda selengkapnya

15 Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha, Sudah Tahu?

15 Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha – Memulai usaha selengkapnya