GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Company Profile: Definisi, Manfaat, Contoh, dan Pentingnya untuk Usaha Anda

Company Profile: Definisi, Contoh, dan Pentingnya untuk Usaha AndaCompany profile atau profil perusahaan didefinisikan sebagai pengantar profesional yang bertujuan untuk menarik perhatian audiens dan memberikan informasi tentang perusahaan secara ringkas.

Profil perusahaan dirancang untuk memberikan dampak yang kuat dan kesan pertama yang baik pada calon investor atau klien. Apabila ditulis dengan hati-hati, profil perusahaan dapat memberikan peluang bagi usaha Anda dan membedakannya dari pesaing.

Nah, di artikel kali ini, Anda akan mendapatkan informasi tentang definisi, manfaat, hingga contoh company profile yang penting untuk diketahui. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!


Apa Itu Company Profile?

Analisis peluang usaha - contoh company profile

Company profile adalah sebuah pengantar usaha yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada audiens tentang produk atau layanan yang usaha Anda tawarkan. Profil perusahaan tidak hanya soal memberitahu audiens apa yang Anda jual, tetapi juga alasan mengapa Anda menjualnya.

Umumnya, company profile mencakup cerita menarik tentang sejarah dibentuknya usaha, visi dan nilai usaha, dan detail lainnya untuk menarik audiens yang tepat.

Anda menggunakannya untuk memancing pengunjung baru agar mau mengenal produk maupun layanan di usaha Anda dengan lebih mendetail serta mengajak calon pelanggan untuk lebih memilih usaha Anda ketimbang pesaing.

Baca juga: 5 Tips Membuat Bisnis Plan dengan Tepat


Manfaat Company Profile

tips kolaborasi usaha kuliner - partnership - jabat tangan

Ada beberapa manfaat company profile yang perlu Anda ketahui, 5 di antaranya adalah:

  1. Menawarkan kesempatan kepada calon pembeli untuk mengetahui berbagai informasi penting dan menarik tentang usaha Anda.
  2. Mampu mendorong calon investor untuk berinteraksi langsung dengan tim penjualan dan pemasaran usaha.
  3. Membantu calon pelanggan mengenal usaha secara lebih dekat dan lebih baik, sehingga kemungkinan besar produk atau layanan Anda akan dipilih pembeli.
  4. Menawarkan banyak peluang untuk berkembang menjadi usaha skala besar dan jika disesuaikan dengan benar dapat berfungsi sebagai peta jalan untuk pertumbuhan dan kemakmuran usaha.
  5. Memberikan gambaran umum tentang semua informasi yang relevan mengenai perusahaan seperti kekuatan, target audiens, produk dan layanan, serta track record (rekam jejak) usaha.

Contoh Company Profile

mendesain - peluang usaha jasa - menulis (1)

Ada beberapa contoh company profile dari brand-brand ternama yang bisa Anda jadikan inspirasi saat ingin membuat profil perusahaan Anda sendiri, 3 di antaranya sebagai berikut.

1. Quick Chicken Indonesia

Profil perusahaan milik Quick Chicken dikemas dalam bentuk video yang mencakup misi perusahaan, latar belakang, produk, bahkan cerita di balik namanya. Bagian terbaiknya adalah Quick Chicken Indonesia berhasil membuat company profile yang terlihat kekeluargaan.

Tidak banyak kedai makanan yang mengklaim, “menyediakan makanan bergizi dengan cita rasa tinggi untuk dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia dengan harga yang sangat terjangkau.”

Company profile Quick Chicken Indonesia merupakan contoh yang simpel tapi berkesan, sebuah toko dengan produk biasa (ayam goreng) yang bisa menonjol dari persaingan lewat misi dan nilai mereka.

2. Sour Sally

Jika perusahaan Anda memiliki sejarah yang menarik, Anda dapat membuat visual timeline sebagai company profile seperti yang dilakukan Sour Sally. Profil Sour Sally terbaca seperti kisah inspiratif sejak awal berdirinya toko pertama di tahun 2008, hingga fakta-fakta menarik soal Sour Sally. 

Contoh profil perusahaan ini sempurna dalam memberikan informasi kepada audiens tentang pertumbuhan Sour Sally lewat keseimbangan gambar dan teks yang baik. Ditambah lagi, bahasa dan desain grafis yang dipilih benar-benar sesuai dengan image Sour Sally yang lebih modern dan menggemaskan. 

3. Bakmi GM

Sembilan dari sepuluh orang ingin melihat lebih banyak video dari brand, jadi Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan video yang menarik untuk menyampaikan kisah perusahaan Anda, seperti yang dilakukan Bakmi GM di profil perusahaan mereka.

Profil Bakmi GM membuktikan bahwa mereka mengenal audiensnya, memasukkan potongan video zaman dulu. Lewat profil perusahaan ini, Bakmi GM berhasil menekankan bahwa restoran mereka sudah jauh berkembang, tetapi dengan kualitas rasa yang seenak dulu. 


Itu dia informasi tentang definisi, manfaat, dan contoh company profile yang perlu Anda ketahui. Buatlah profil perusahaan yang sesuai dan paling menarik agar usaha Anda dapat menonjol dibanding pesaing!

Agar Anda dapat menjalankan usaha dengan lebih lancar, jangan lupa untuk menggunakan GoBiz yang akan mempermudah operasional Anda, mulai dari penyusunan laporan keuangan, rekap transaksi layanan pesan antar GoFood, atau pencatatan transaksi pembayaran dengan GoPay.

Belum pakai GoBiz? Yuk, segera daftarkan usaha Anda dengan klik tombol di bawah ini untuk daftar GoBiz sekarang juga!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya