GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

9 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik ini Belum Banyak Diketahui

Anda tidak boleh asal memulai usaha. Sebab, tanpa perencanaan yang matang dan mempertimbangkan beberapa faktor yang memengaruhi keberhasilan, usaha Anda dapat berakhir pada kerugian. Nah, agar Anda tidak salah langkah, ada beberapa ciri-ciri peluang usaha yang baik untuk dicatat sebelum memulai usaha. Apa saja? Simak di artikel ini untuk informasi selengkapnya!

Baca juga: Apa Itu Kewirausahaan & Tips Mengembangkannya

9 Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik

tips sukses bisnis musiman di bulan ramadhan - ciri-ciri peluang usaha

1. Ide yang Orisinal

Ide orisinal bukan berarti Anda harus menciptakan ide bisnis besar seperti Google atau iPhone yang berhasil merevolusi dunia. Maksudnya, Anda tidak boleh mencontoh ide bisnis orang lain tanpa melakukan diferensiasi. Memulai ide bisnis yang sudah banyak di pasaran sebetulnya sah-sah saja. Namun, berikan nilai pembeda, misalnya seperti layanan pelanggan yang lebih baik, agar peluang keberhasilan usaha Anda meningkat.

2. Dapat Diwujudkan

Mewujudkan sebuah ide usaha tidaklah mudah. Hal ini membutuhkan semangat, kesabaran, dan, yang paling penting, kemampuan untuk mengeksekusi. Kuncinya adalah memulai, sehingga Anda dapat beralih dari tahap ide ke menciptakan bisnis yang menguntungkan.

Agar dapat mencapai tujuan usaha dalam meraih keuntungan, usaha yang ingin Anda mulai harus dapat diwujudkan. Artinya, modalnya ada dan bahan bakunya tersedia. Ide usaha menciptakan resort mewah, misalnya, mungkin sulit diwujudkan jika Anda bukan miliarder.

3. Bukan Sekadar Ikut-ikutan Tren

Mengikuti tren memang penting bagi bisnis agar tidak ketinggalan zaman dan bisa terus menyediakan produk dan layanan yang terbaik kepada pelanggan. Namun, memulai bisnis tidaklah demikian. Memulai bisnis dengan modal sekadar ikut-ikutan tren berisiko membuat bisnis mati di tengah jalan. Sebab, saat tren selesai, begitu pun dengan nasib bisnis Anda.

Karenanya, sangat penting untuk membuka usaha yang tidak hanya sekadar ikut-ikutan tren, ya. Bukan berarti Anda tidak boleh ikut tren saat baru buka usaha, tapi Anda harus punya juga rencana jangka panjangnya. Misalnya, jika tertarik buka usaha minuman boba, Anda perlu juga mengembangkan rangkaian produk lain yang sekiranya menjadi menu andalan yang dicari pelanggan.

4. Bahan Baku Mudah Didapatkan

Selanjutnya, ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah bahan baku mudah didapatkan. Bisnis dengan bahan baku seperti ini dapat memastikan kelancaran dalam proses produksi. Tapi, sebaiknya bahan bakunya juga jangan terlalu melimpah agar menciptakan urgensi konsumen untuk membeli.

5. Punya Potensi Berkembang

10 Peluang Bisnis 2022 yang Bikin Usaha Makin Laris Manis - ciri-ciri peluang usaha

Produk Anda siap dipasarkan, tapi, apakah pasar siap untuk menerima produk Anda? Ini adalah pertanyaan yang perlu Anda jawab sebelum menjual produk baru di pasar. Menilai ada tidaknya potensi bagi bisnis Anda untuk berkembang, sangatlah penting jika ke depannya Anda ingin mengembangkan bisnis Anda.

Salah satu faktor yang menentukan potensi perkembangan bisnis adalah ukuran dan permintaan pasar. Contohnya, jika Anda memulai bisnis makanan frozen, peluang bagi bisnis Anda untuk berkembang cukup besar karena ukuran dan permintaan pasar terhadap produk frozen terus meningkat.

Baca juga: 5 Peranan UMKM dalam Perekonomian Indonesia!

6. Memiliki Risiko yang Bisa Anda Tangani

Bisnis tidak bisa lepas dari risiko, apa pun bentuknya. Namun, Anda perlu memastikan bahwa risiko dari bisnis yang Anda jalankan akan bisa ditangani. Sebab, ketidakmampuan menangani risiko bisnis dapat menyebabkan kerugian besar yang akan sangat memberatkan secara finansial.

7. Produk Benar-benar Dibutuhkan oleh Masyarakat

Kesuksesan bisnis Anda akan sangat tergantung pada apakah produk benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat. Menjual produk daging steak, misalnya, mungkin tidak memberikan keuntungan sebesar jika Anda menjual masakan rumahan yang umumnya lebih dibutuhkan. 

8. Bisa Bertahan Lama

Peluang usaha yang baik tentunya juga bisa bertahan lama. Artinya, peluang usaha yang Anda jalankan memiliki prospek jangka panjang. Semakin panjang prospeknya, tentu semakin besar kemungkinan bisnis Anda akan bertahan lama.

9. Tidak Menghabiskan Modal dalam Jumlah Besar

Setiap peluang usaha pasti membutuhkan modal, tapi pastikan modal yang Anda habiskan tidak dalam jumlah besar. Sebab, modal terlalu besar yang tidak sebanding dengan keuntungan akan membuat usaha sulit berkembang.

Baca juga: Entrepreneur adalah: Pengertian, Jenis, dan Ciri Kesuksesan


Itu dia beberapa ciri-ciri peluang usaha yang baik. Apa pun pilihan Anda, pastikan untuk menyediakan sistem pembayaran yang mudah dikelola dan mudah diakses pelanggan, seperti GoPay. Anda bisa menikmati banyak manfaat GoPay untuk bisnis, mulai dari mencatat pesanan secara otomatis, beragam pembayaran nontunai, hingga mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Cara daftar GoPay untuk bisnis pun mudah, lho. Pertama-tama, download aplikasi GoBiz di PlayStore, lakukan registrasi pendaftaran Mitra Usaha GoPay, tunggu verifikasi selama kurang lebih dua hari kerja, dan tunggu proses aktivasi layanan GoPay dalam jangka waktu maksimal tujuh hari kerja. Yuk, download GoBiz sekarang agar usaha Anda bisa sediakan pembayaran GoPay!

aplikasi UMKM

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

CUAN Bersama Gojek Lewat Kumpulan Cerita Mitra Usaha Anda

Hai, Mitra Usaha! Selamat datang di CUAN! Ini merupakan Kumpulan Cerita Mitra Usaha Anda selengkapnya

Mie Ayam Bangka Bintaro, Mentor GoFood yang Mentransformasi Bisnis Keluarga Tradisional jadi Digital

Mie Ayam Bangka Bintaro, Mentor GoFood yang Mentransformasi Bisnis Keluarga Tradisional selengkapnya