GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Cara Promosi Makanan yang Tepat Bergantung pada 6 Faktor Ini

Cara Promosi Makanan yang Tepat Bergantung pada 6 Faktor Ini – Cara promosi makanan yang Anda terapkan tak kunjung membuahkan hasil? Jangan khawatir dulu. Jangan-jangan, memang masih ada beberapa faktor yang tak sengaja luput dari perhatian.

Pada dasarnya, agar bisnis makanan berjalan lancar, Anda perlu menyusun strategi atau cara promosi makanan yang tepat. Dengan cara-cara yang tepat, maka produk makanan Anda pun akan semakin dikenal. Nah, kalau sudah dikenal, maka orang-orang pun pasti akan penasaran untuk mencoba produk Anda dan otomatis, angka penjualan meningkat.

Tentunya, cara promosi makanan yang tepat akan berdampak baik bagi kesuksesan bisnis. Namun sayangnya, menyusun strategi pemasaran pun tidaklah mudah.

Adakalanya strategi yang sudah Anda susun sedemikian rupa tidak sesuai ekspektasi. Jika sudah demikian, jelas Anda harus segera melakukan evaluasi.

Guna membantu Anda menemukan solusi, artikel ini akan membahas beberapa faktor penting yang akan menentukan keberhasilan strategi atau cara promosi makanan yang Anda terapkan. Simak bersama, yuk!


Resep Jitu Cara Promosi Makanan

1. Jaga hubungan dengan supplier dan perantara

Cara Promosi Makanan yang Tepat Bergantung pada 6 Faktor Ini

Faktor penentu paling utama datang dari lingkungan di dalam perusahaan itu sendiri, yaitu hubungan antara Anda sebagai penjual dengan supplier dan juga perantara. Mengapa hal ini penting?

Supplier adalah pihak yang memasok sumber daya untuk perusahaan. Dalam bisnis makanan, biasanya supplier memasok produk yang akan Anda jual, entah itu berupa bahan mentah atau produk jadi. Sementara itu, perantara adalah pihak yang membantu distribusi barang.

Jika hubungan Anda dengan supplier dan perantara tidak lancar, dikhawatirkan barang tidak bisa sampai tepat waktu. Hal ini jelas akan merugikan, karena berpotensi mengganggu proses produksi Anda dan ujung-ujungnya, malah merusak kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Cara Jitu Bertahan di Tengah Masa Krisis Usaha

2. Harga jual produk

Faktor lain dari kesuksesan promosi makanan adalah harga jual produk. Meski Anda mendapat bahan-bahan bagus dari supplier, jika harga jualnya tidak kompetitif, risiko tetap akan sangat besar. Salah memasang harga, bisa-bisa akan membuat calon pembeli enggan membeli produk Anda.

Solusinya, sebelum mematok harga jual, pastikan Anda telah melakukan survei pasar. Lalu, bandingkanlah harga jual produk masing-masing pesaing Anda.

Opsi paling aman adalah mengambil harga rata-rata, sehingga barang tidak kelewat mahal atau terlalu murah. Dengan begitu, langkah atau cara promosi makanan yang Anda jalankan pun tidak akan sia-sia, karena ketika orang-orang melihat produk Anda, harga tak lagi jadi masalah.

3. Nilai produk makanan

Cara Promosi Makanan yang Tepat Bergantung pada 6 Faktor Ini

Jangan lupa juga untuk memperhatikan nilai produk makanan yang Anda jual. Namun sebelum itu, apa maksud dari nilai produk dalam konteks ini?

Dalam hal ini, nilai produk mengacu pada rasio antara harga yang dibayarkan dengan keuntungan yang didapatkan konsumen. Semakin baik nilai produk, maka tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Anda pun akan semakin tinggi.

Karenanya, buatlah harga jual Anda sepadan dengan apa yang didapat oleh konsumen Anda. Anda bisa mulai dengan mencari tahu produk seperti apa yang banyak disukai orang, baik dari segi rasa, tampilan, maupun packaging produk. Jangan lupa, sediakan pula media untuk menampung feedback dari konsumen untuk mengetahui keinginan mereka dengan pasti.

Bila nilai produk sudah tinggi dan baik, maka hal itu dengan sendirinya akan mendukung strategi pemasaran atau cara promosi makanan yang Anda tetapkan.

4. Cara promosi makanan: Pertimbangkan kondisi pasar

Selain faktor-faktor internal, perhatikan juga faktor eksternal dalam menjalankan strategi dan cara promosi makanan. Adapun salah satu faktor eksternal yang harus Anda perhatikan adalah kondisi pasar.

Oleh karenanya, cobalah selalu pantau dinamika pangsa pasar Anda. Cari tahu bagaimana kondisi permintaan pasar, produk makanan seperti apa yang sedang banyak dicari, jenis makanan apa yang banyak peminatnya, hingga produk apa yang kurang disukai konsumen.

Hal satu ini pastinya akan membantu Anda menentukan cara promosi makanan secara lebih akurat. Selain itu, Anda pun dapat meminimalkan risiko kerugian.

Baca Juga: Yuk, Kenali 5 Penyebab Usaha Sepi dan Cara Mengatasinya

5. Pemanfaatan teknologi

Zaman sudah semakin canggih dan teknologi semakin berkembang. Jadi, Anda tidak harus melakukan pemasaran door-to-door seperti dulu untuk menemukan calon pembeli.

Lagipula, kini ada banyak sekali cara yang bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk, hanya dengan memanfaatkan teknologi. Kebanyakan bahkan bisa didapat dan dikelola secara gratis.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram. Dengan memanfaatkan media sosial, Anda akan berpeluang menjangkau pasar yang lebih luas. Strategi promosi pun jadi lebih terukur dan terarah.

6. Cara promosi makanan terbaik: Pertimbangkan anggaran

Cara Promosi Makanan yang Tepat Bergantung pada 6 Faktor Ini

Tak dapat dimungkiri, dana adalah faktor penting dalam menyusun strategi pemasaran produk makanan. Promosi produk akan jadi jauh lebih efektif, jika Anda memiliki anggaran tersendiri.

Tentu saja, Anda yang baru terjun dalam dunia usaha makanan mungkin akan kesulitan untuk mengatur anggaran promosi. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa memanfaatkan teknologi masa kini sebagai solusi.

Salah satunya, Anda dapat membuat dan mengikuti promo GoPay yang tersedia di GoBiz PLUS. Dengan promo GoPay ini, anggaran promo pun bisa diatur sesuai dengan kebutuhan dan tentunya, bujet.

Satu hal yang pasti, dengan mempelajari faktor-faktor penentu kesuksesan cara promosi makanan barusan, Anda akan bisa meminimalkan risiko yang tidak diinginkan. Promosi efektif, keuntungan pun dapat Anda nikmati.

Ingin bisnis makanan Anda semakin cuan? Segera bergabung bersama GoBiz PLUS, perangkat kasir yang sudah terintegrasi dengan Gojek Super App! Anda dapat terhubung langsung dengan layanan GoPay, GoKasir, GoFood, hingga GoFresh untuk supply bahan produksi.

Khususnya dengan GoKasir, Anda juga dapat mencatat penjualan dan pengeluaran sehingga membantu mempermudah Anda dalam menyusun anggaran usaha. Dengan GoKasir, Anda juga bisa mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan dapat mengoptimalkan sumber penjualan paling besar.

Tak hanya itu, GoBiz PLUS juga menawarkan berbagai kemudahan, seperti fitur cetak struk instan tanpa perangkat tambahan dan dapat menerima berbagai metode pembayaran nontunai melalui QRIS, e-wallet seperti GoPay, dan kartu kredit serta kartu debit. Tunggu apa lagi? Daftar GoBiz PLUS sekarang dan nikmati berbagai keuntungannya untuk usaha Anda!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya