Pusat Pengetahuan

Tingkatkan Penjualan Usaha Kuliner dengan 15 Cara Ini

Saat Anda sudah memulai usaha kuliner dan sudah mulai menguasai tempo operasional sehari-hari, tidak ada salahnya untuk mulai memikirkan strategi usaha selanjutnya. Terutama jika Anda ingin meningkatkan penjualan usaha kuliner yang sudah dijalankan selama beberapa waktu. 

Ada banyak cara meningkatkan penjualan, apalagi bila menyangkut usaha di bidang kuliner. Ini bisa jadi momentum tepat bagi Anda untuk menerapkan beberapa metode yang efektif.

Ingin meningkatkan penjualan Anda?

Di bawah ini akan diulas beberapa cara meningkatkan penjualan untuk usaha kuliner. Cara-cara yang jadi metode wajib coba bagi Anda. Beberapa di antaranya bahkan cukup sederhana untuk dilakukan dan efektif menghasilkan penjualan yang meningkat secara signifikan. Berikut ulasannya lebih lengkap.

1. Fokus pada kepuasan pelanggan

Bisa dikatakan kalau pelanggan adalah raja bagi lini usaha, tidak terkecuali usaha kuliner. Maka, tidak ada salahnya mengemas usaha kuliner Anda dengan preferensi yang berporos pada hal-hal yang membuat pelanggan jadi merasa lebih relevan dengan produk makanan yang Anda jual. 

Ini dapat dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan-kebutuhan pelanggan dari segi layanan maupun interaksi yang Anda lakukan dalam aktivitas transaksi sehari-harinya. Kesan yang baik ini akan jadi cara meningkatkan penjualan yang positif bagi usaha dan pelanggan Anda.

2. Jadikan kualitas produk sebagai prioritas

Seperti yang sudah disebutkan di atas, menjaga pelanggan agar tetap menyukai produk tentu tidak lepas dari kualitas produk. Memprioritaskan produk akan jadi cara meningkatkan penjualan yang sangat ampuh bagi usaha kuliner Anda ini. 

Ini termasuk rasa makanan, kualitas bahan, hingga kemasan yang Anda pilih untuk membungkus penganan yang dijual. Jangan membatasi diri serta berpikiran sempit jika ada keluhan atau masukan dari pelanggan terkait produk Anda. Ini jadi tanda bagus bahwa pelanggan peduli.

3. Tingkatkan sistem teknologi usaha Anda

Untuk memastikan kedua cara meningkatkan penjualan yang pertama tadi terjamin, hal lainnya yang perlu dipastikan adalah meningkatkan sistem teknologi pada usaha kuliner Anda. Di sini Anda dapat memanfaatkan aplikasi GoBiz dari Gojek. Dengan sistem teknologi digital yang ditawarkan fitur-fitur GoBiz Anda dapat meningkatkan penjualan dengan lebih efektif.

Satu aplikasi yang terintegrasi untuk memungkinkan Anda melakukan pemesanan makanan secara online, dengan jasa pesan antar makanan dari GoFood. Ditambah pelanggan dimungkinkan untuk membayar secara non-tunai saat Anda menggunakan aplikasi GoBiz. 

Di saat yang sama Anda juga bisa menerapkan promosi pada fiturnya yang bisa Anda gunakan dengan beragam perangkat Android. Sistem teknologi mutakhir dan terintegrasi dengan banyak perangkat dan kebutuhan inilah yang Anda butuhkan.

4. Tingkatkan jumlah pesanan 

Dengan kata lain mencoba untuk melakukan upselling. Cara meningkatkan penjualan dengan menjual lebih banyak produk bagi para pelanggan yang sudah terpatri niatan untuk membeli produk makanan Anda. 

Ini dapat dilakukan dengan menawarkan produk lainnya yang sejenis dengan yang hendak dipesan oleh sang pelanggan, sehingga kemungkinan menambah pesanan semakin meningkat. Teknik ini perlu dilatih dengan benar dan dieksekusi dengan halus dan persuasif.

5. Coba promosi dengan batasan waktu

Cara meningkatkan penjualan lainnya yang juga efektif adalah memberikan promosi dengan batasan waktu. Ini cara menciptakan urgensi, rasa di mana pelanggan tidak ingin ketinggalan untuk mengambil kesempatan promosi ini. 

Tinggal bagaimana cara promosi ini kemudian Anda eksekusi menyesuaikan dengan cara yang relevan dan bersesuaian dengan usaha kuliner serta pilihan menu yang Anda miliki.

6. Pertahankan interaksi setelah transaksi

Tidak sedikit usaha yang berjalan mulus kalau berbicara perkara menjualkan produk. Namun, saat membahas usaha yang berhasil mempertahankan engagement dengan pelanggan, masih sedikit sekali yang berhasil melakukan ini. Padahal ini bisa jadi cara meningkatkan penjualan yang sifatnya lebih jangka panjang dan menjamin usaha kuliner yang Anda lakukan lebih lagi.

Salah satu cara yang paling penting adalah dengan tetap menjaga interaksi dengan pelanggan sebelum ia membeli. Hingga ia akhirnya sudah membeli produk yang Anda jual. Terus berinteraksi dengan pelanggan dengan cara yang relevan dan tidak berlebihan, bisa membangun relasi lebih dari sekadar kunjungan satu kali ke gerai Anda. Ini dapat meningkatkan value usaha Anda dan membuat pelanggan kembali datang terus menerus.

7. Buat sistem pemesanan online (pesan antar)

Jangan ragu untuk membuat sistem pemesanan online, apalagi jika usaha kuliner Anda sudah terhubung dengan GoBiz. Memberikan layanan pesan antar bagi para pelanggan yang tidak dapat keluar rumah ini bisa jadi cara meningkatkan penjualan yang sama efektifnya dengan layanan saat Anda membuka toko. 

Layanan pesan antar ini sama dengan memperpanjang lama bukanya toko, sebanding dengan menambah cabang di beberapa area. Hal ini dikarenakan cakupan pemesanan yang terbilang luas dan lebih fleksibel.

8. Manfaatkan sosial media 

Tadi sudah sempat disebutkan bahwa Anda perlu menjaga interaksi terus-menerus dengan para pelanggan bahkan calon pembeli Anda. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memastikan ini terjadi adalah dengan mengoptimalkan fungsi sosial media. 

Memanfaatkan sosial media akan menjadi cara meningkatkan penjualan yang penting untuk dilakukan. Kaitannya dengan jangkauan promosi serta pasar produk makanan yang Anda jual agar semakin banyak orang tahu dan mengenal usaha kuliner Anda. 

Bisa juga mempermudah para pelanggan jika ingin berkomunikasi dengan Anda sebagai bagian dari usaha kuliner yang Anda jalankan ini.

9. Terapkan sistem pembelian loyalty

Selain promosi dan diskon, Anda juga dapat menerapkan sistem loyalty pada pembelian produk makanan Anda. Sistem loyalty dengan menerapkan pembelian sampai kali keberapa untuk mendapatkan voucher gratis pembelian yang lain ini cukup populer diterapkan di beberapa gerai makanan. 

Ini juga bisa jadi cara meningkatkan penjualan yang efektif karena tawaran pembelian gratisnya kemudian. Tentunya, sebelum menerapkan sistem promosi ini, Anda harus melakukan perhitungan terlebih dahulu agar tidak mengalami kerugian.

10. Daftarkan bisnis di Google My Business

Memperluas jangkauan seperti yang sudah dilakukan dalam beberapa cara meningkatkan penjualan di atas, juga termasuk mendaftarkan bisnis Anda di Google My Business. Tujuannya agar usaha kuliner Anda akan lebih mudah diketahui keberadaan serta produk-produk yang dijual. 

Ini berarti jika ada calon pelanggan yang mencari Anda atau usaha kuliner Anda di Google, mereka akan langsung diarahkan pada situs atau platform sosial media resmi yang Anda kelola. Pelanggan jadi lebih mudah terhubung dengan usaha yang Anda kelola.

11. Tata dan klasifikasikan menu dengan baik

Baik itu di buku menu yang Anda miliki di gerai makanan Anda atau di aplikasi pemesanan online, Anda harus memastikan bahwa Anda menata serta mengelompokkan menu-menu yang Anda tawarkan dengan baik. 

Dessert pada kolom dessert, beverages pada kolomnya sendiri, dan seterusnya. Terlihat sepele, namun ini juga berdampak dan jadi cara meningkatkan penjualan yang sama efektifnya dengan beberapa cara yang sudah dipaparkan di atas.

12. Manfaatkan testimoni dari para pembeli

Anda sudah memiliki sosial media seperti yang sudah disarankan di atas. Hal berikutnya adalah memastikan Anda juga memanfaatkan beberapa testimoni dari para pembeli untuk menunjukkan kualitas layanan serta produk makanan yang Anda jual. Testimoni ini tidak harus melulu berisi pujian pelanggan atas usaha kuliner Anda, tetapi bisa juga keluhannya. 

Anda kemudian menunjukkan perkembangan dan perbaikan yang dilakukan terkait keluhan-keluhan tersebut. Ini dapat memberi citra positif pada usaha kuliner Anda kemudian dan akhirnya dapat jadi cara meningkatkan penjualan yang efektif.

13. Permudah pelanggan untuk memilih

Jika Anda mengelola usaha kuliner dengan banyak sekali pilihan produk makanan dan minuman, tidak ada salahnya membuatkan menu yang memudahkan para pelanggan, terutama pelanggan baru, untuk memilih. Ini dapat dilakukan dengan membuatkan pilihan-pilihan paket makanan untuk pelanggan Anda dan jadi cara meningkatkan penjualan yang ampuh.

Paket makanan ini bisa Anda buat dalam beberapa jenis pilihan paket makananan dan minuman, termasuk juga paket snack dan minuman. Pertimbangan ini dapat Anda sesuaikan dengan jenis pesanan yang paling populer dipesan oleh pelanggan Anda sehari-harinya. Pelanggan yang bingung bisa dimudahkan dengan pilihan paket makanan dan minuman ini.

14. Ketahui tren-tren terbaru yang relevan dengan produk

Cara meningkatkan penjualan lainnya yang juga tidak kalah penting adalah di mana Anda menjadi peka dengan tren-tren terbaru. Apalagi terkait topik yang relevan dengan produk yang Anda jual. Entah itu akan mendorong Anda untuk memodifikasi menu atau berinovasi dengan kemasan. Apa saja yang dapat menarik perhatian dan membuat orang tertarik membeli.

15. Beri reward bagi pelanggan Anda

Menerapkan cara meningkatkan penjualan tidak melulu berfokus dengan bagaimana membuat pelanggan terus-menerus membeli produk makanan yang dijual. Anda juga dapat mengambil alih peran tersebut dengan memberikan reward bagi pelanggan Anda. 

Memberikan produk makanan sebagai giveaway atau hadiah perayaan khusus. Ini akan jadi gesture manis yang dapat diingat oleh pelanggan dan membuat usaha Anda terasa spesial bagi mereka.

Itu dia beberapa cara meningkatkan penjualan yang dapat Anda terapkan pada usaha kuliner Anda.  Cukup terapkan cara meningkatkan penjualan yang Anda rasa paling efektif serta paling dibutuhkan oleh usaha Anda saat ini. Terapkan dan optimalkan sebaik mungkin agar hasilnya juga tidak membuat Anda kecewa nantinya.

Menerapkan cara meningkatkan penjualan yang tepat dan sesuai dengan porsinya dapat membantu Anda memajukan usaha kuliner yang sudah susah payah Anda rintis. Pertahankan hal-hal positif dan bermanfaat, serta jangan segan-segan untuk memperbaiki bahkan merombak hal-hal yang Anda anggap dapat merugikan usaha serta pelanggan Anda di masa depan.

Selamat mencoba!

Read more about:

Artikel Terkait

14 Tips Kemasan Makanan yang Menarik & Aman untuk Delivery

Di tengah pandemi yang disebabkan penyebaran COVID-19 dan penerapan Pembatasan Sosial selengkapnya

Mau Usaha Fried Chicken? Berikut Modal & Keuntungannya

Dari begitu banyaknya pilihan menu makanan yang tersedia di Indonesia, fried chicken atau selengkapnya