GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Anti Rugi! Berikut Cara Menghitung Subsidi Mega Promo

Sampai saat ini, promo selalu menjadi daya tarik paling ampuh untuk menggaet perhatian pelanggan. Bahkan, tidak sedikit pelanggan lebih memilih resto yang menyediakan banyak promo untuk pesanan mereka.

Selain memberi keuntungan untuk pihak pelanggan, promo juga menawarkan berbagai kelebihan bagi resto Anda. Misalnya, Anda dapat tingkatkan penjualan, jaga loyalitas pelanggan, bangun reputasi usaha, dan tarik pelanggan baru.

Meski demikian, masih banyak resto yang mengalami kerugian karena kurang jeli saat menggunakan strategi promo. Hmm … lantas, bagaimana cara menghindarinya, ya?

Mitra Usaha tak perlu khawatir! Kami telah menyiapkan bantuan subsidi bagi seluruh Mitra Usaha yang rinciannya dapat dibaca berikut ini. Yuk simak bersama!


Apa Saja Promo yang Mendapat Subsidi GoFood?

Untuk membantu para Mitra Usaha dalam menjalankan strategi promosi, GoFood menyediakan subsidi melalui beberapa tipe promo yang tersedia.

1. Mega Promo

Promo yang diberikan pada pelanggan ini berupa potongan harga langsung sesuai dengan skema yang dipilih setiap Mitra Usaha. GoFood juga telah menyediakan berbagai jenis potongan harga yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan resto. 

2. Diskon Ongkir Rabu

Diskon Ongkir Rabu hanya bisa dinikmati Mitra Usaha yang sebelumnya telah mendaftar Diskon Total Belanja. Promo yang diberikan berupa potongan biaya ongkir pada pelanggan yang telah mencapai minimum total belanja. 

Diskon ongkir biasanya paling dicari pelanggan untuk mengurangi besarnya total pembayaran, apalagi jika lokasi resto yang dipesan jauh dari lokasi pelanggan. Menariknya, Diskon Ongkir Rabu disubsidi 100% oleh GoFood, lho! Anda tidak perlu repot menghitung promo lagi, deh. 

Sebagai informasi, besaran diskon dan persenan yang ditanggung baik oleh Mitra Usaha maupun GoFood dapat berubah-ubah sesuai ketentuan promo yang sedang berlangsung. Jadi jangan lupa cek Syarat dan Ketentuan yang berlaku di setiap promo.

Sekarang, ayo cari tahu bagaimana cara menghitung subsidi promo GoFood berikut ini.


Bagaimana Cara Menghitung Subsidi Promo GoFood?*

Layanan pesan antar makanan - 5 Kesalahan Umum Saat Daftar GoFood

*) Rincian perhitungan di bawah ini hanya ilustrasi dari perhitungan subsidi promo GoFood

Untuk mengetahui lebih rinci terkait subsidi promo GoFood, simak ulasan lengkapnya:

Contoh Penerapan dan Penghitungan Promo

Anda adalah pemilik usaha resto Ayam Goreng Berkah. Pada bulan Oktober ini, resto Anda berpartisipasi dalam dua promo yang besaran diskonnya sudah ditentukan GoFood:

  1. Mega Promo sebesar Rp15.000 dengan min. pembelian Rp45.000. Mitra Usaha menanggung 60% diskon, sementara GoFood 40%.
  2. Diskon Ongkir Rabu sebesar Rp5.000. GoFood mensubsidi 100% dengan maks. Rp5.000.

Pada hari Rabu, pelanggan setia Anda memesan paket nasi + ayam goreng + es teh manis dengan total harga Rp49.000 (belum termasuk ongkir). Ongkir dari resto ke lokasi pelanggan sebesar Rp5.000. Bila ditotal menjadi 54.000.

Pertanyaannya, berapa harga yang harus dibayarkan pelanggan dan berapa besar diskon yang ditanggung oleh resto Ayam Goreng Berkah?

Penghitungan promo:

1. Mega Promo

Karena pembelian pelanggan melampaui jumlah minimum pembelian Rp45.000, maka pelanggan bisa mendapatkan diskon Mega Promo sebesar Rp15.000.

  • Mitra Usaha menanggung 60% diskon = Rp9.000
  • GoFood memberi subsidi 40% diskon = Rp6.000

2. Diskon Ongkir Rabu

Karena pelanggan order di hari Rabu, ia juga berhak mendapatkan Diskon Ongkir Rabu.

  • GoFood memberi subsidi ongkir 100% = Rp5.000

Dengan demikian,

Total diskon yang ditanggung oleh GoFood sebesar Rp11.000 (Mega Promo Rp6.000 + Diskon Ongkir Rabu Rp5.000), sedangkan yang ditanggung Mitra Usaha sebesar Rp9.000.

Total uang yang dibayarkan pelanggan: Rp54.000 – (15.000 + 5.000) = Rp34.000

Total yang didapatkan Mitra Usaha Rp34.000 + subsidi GoFood dari Mega Diskon Rp6.000 = Rp40.000. Perlu diingat, harga tersebut belum dikurangi oleh komisi 20% dari GoFood.

Bagaimana, sudah memutuskan promo yang akan dipasang di resto Anda? Yuk, segera daftarkan resto Anda untuk ikut  Mega Promo supaya transaksi makin meningkat. Pasang promo tak perlu khawatir rugi lagi, deh!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Mau Jadi yang Pertama Dapat Informasi Seputar GoBiz? Ke BizTips Aja!

Memanfaatkan teknologi pendukung seperti GoBiz demi kelancaran operasional tentu bisa selengkapnya

Aktifkan Pembayaran Kartu Kredit di GoBiz PLUS dan Nikmati Keuntungannya!

Bisa dibilang, pembayaran dengan menggunakan kartu kredit di Indonesia cukup menjanjikan selengkapnya