GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Cara Menghitung Laba Bersih Perusahaan & Rinciannya

Laba bersih = Laba Kotor – Beban usaha

Beban usaha = Beban Operasional + Beban Non-Operasional

Kemudian, kita akan menghitung laba bersih nya jika menggunakan perhitungan di atas maka laba kotornya adalah Rp20 juta. Laba kotor ini akan dikurangi beban usaha. Misalkan, katakanlah beban usahanya sebagai berikut:

Komponen Beban Usaha Besaran
Beban OperasionalRp3.000.000
Beban Non-OperasionalRp1.500.000
Total Beban UsahaRp4.500.000

Jadi, untuk laba bersihnya dari contoh di atas adalah Laba Kotor – Beban usaha. Maka Rp20 juta – Rp 4.500.000 = Rp15.500.000

Di atas adalah beberapa cara menghitung laba usaha milik Anda, salah satunya menghitung laba bersih. Menghitung laba biasa dilakukan secara manual oleh bisnis.

Akan tetapi, ini tidaklah efektif karena rawan terjadi kesalahan dan ini akan mengganggu proses audit. Sebab, ketika jumlah tidak sama dengan apa yang sebenarnya terjadi tentu ini akan berakibat fatal.

Maka dari itulah, Anda memerlukan sebuah aplikasi dan software untuk mengelola keuangan bisnis. Termasuk dalam menghitung laba.

Sebab dengan menggunakan aplikasi maupun software khusus ini akan lebih mudah karena semuanya dikerjakan secara otomatis dengan sistem komputasi. Dengan demikian, dapat mengurangi risiko kesalahan.

Kini, ada banyak aplikasi dan software yang digunakan untuk mengelola sekaligus mengotomatisasi cara menghitung laba bersih perusahaan.

Ya, apa lagi kalau bukan aplikasi GoBiz? Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang terbaik. Misalnya, dengan menggunakan GoBiz, Anda bisa rekap penjualan dan pengeluaran untuk tahu laba dengan layanan GoKasir, terima pembayaran nontunai GoPay, bahkan mengetahui tipe pembayaran apa yang paling sering digunakan pelanggan.

Baca juga: Diamond Dental Care: Lindungi Kesehatan Bersama dengan Layanan Pembayaran Nontunai

Jadi, tunggu apa lagi Anda bisa menggunakan aplikasi GoBiz untuk beragam keperluan usaha. Tidak hanya untuk bisnis kuliner saja tetapi sangat cocok pula diterapkan untuk bisnis-bisnis lainnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3 4

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya