GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Cara Mengatasi Kejenuhan Pelanggan Bisnis ala 2080 Burger

Merasakan bosan saat mengembangkan usaha merupakan sesuatu yang wajar. Apalagi, jika Anda terus menjalani rutinitas yang sama setiap harinya, bukan tidak mungkin nantinya Anda akan merasakan kebosanan. Namun faktanya, rasa bosan itu tak hanya dirasakan oleh pengusaha seperti Anda saja, lho. 

Di sisi lain, kejenuhan ini juga dapat dialami pelanggan Anda. Salah satu cirinya adalah banyak pelanggan setia yang kini mulai tidak lagi membeli produk Anda. Tak heran jika pendapatan Anda semakin hari semakin berkurang. 

Nah, untuk mengatasi hal ini, Heru Dwi Soesilo pemilik resto 2080 Burger sekaligus mentor GoFood akan membagikan cara praktis mengatasi kejenuhan pelanggan yang bisa Anda coba. Namun sebelum itu, yuk kenalan dulu dengan resto 2080 Burger!


Kenalan dengan 2080 Burger, yuk!

2080 Burger awalnya didirikan karena ingin mencoba berpartisipasi dalam ajang festival yang diadakan oleh Bank Mandiri di Nusa Dua pada akhir tahun 2019. Festival ini juga dimanfaatkan oleh 2080 Burger untuk menguji pasar dengan mencoba menjual produknya dengan harga Rp35.000 dalam waktu 3 hari.

Hasilnya ternyata memuaskan. Seluruh produk yang disiapkan selama festival selalu habis setiap harinya. Bahkan 2080 Burger berhasil terpilih menjadi Tenant Favorit di event tersebut. 

Keberhasilan dalam festival tersebut membuat Heru menjadi lebih yakin untuk membuka resto di wilayah Uluwatu, Bali. Saat itu, 2080 Burger memutuskan untuk menjual produknya dengan harga Rp45.000.

Dengan harga tersebut, target pasar produk ini menyasar untuk para peselancar dan warga lokal yang ingin menikmati hidangan burger enak tanpa perlu menguras kantong. 


2080 Burger Berkembang bersama GoFood

Meski awalnya hanya melayani pesanan yang ingin makan di tempat, lambat laun 2080 Burger inipun mendaftarkan restonya ke GoFood melalui GoBiz agar dapat menerima pesanan melalui online

Dengan GoFood, tamu-tamu atau pelanggan yang sedang malas keluar rumah atau hotel dapat dengan mudah menikmati burger favorit mereka tanpa perlu mengunjungi resto secara langsung. 

Untuk memanjakan pelanggan yang memesan secara online, resto yang memiliki akun instagram @2080burger ini juga membuat banyak promo agar pelanggan merasa senang saat melakukan pesanan. 

GoFood juga membuat 2080 Burger memiliki citra yang baik di mata pelanggan. Hal ini dikarenakan antrean kendaraan Mitra Driver yang masuk-keluar dari resto membuat pelanggan tertarik dan menilai bahwa produk burger yang dijual memiliki rasa yang enak.

Apalagi, kondisi resto juga dipenuhi tamu yang makan secara dine-in sehingga sangat membantu tingkat penjualan resto terus meningkat setiap harinya. 

Tidak hanya itu, GoFood juga mendorong penjualan semakin bertumbuh, bahkan mencapai 3x lipat selama weekdays dan 5-6x lipat di weekends di tiap cabangnya. 

Peranan paling besar yang GoFood alami, yaitu saat terjadinya pandemi. Banyak pengusaha kuliner di wilayah Bali yang akhirnya memutuskan untuk tutup karena tidak berhasil survive

Meskipun begitu, 2080 Burger tetap memutuskan untuk buka seperti biasa walau memiliki banyak keterbatasan, seperti tidak melayani makan di tempat dan hanya buka pada jam tertentu saja. Beruntungnya, banyak pelanggan yang juga tetap mendukung untuk membeli dan menikmati produk burger ini. 

Untuk mempertahankan penjualan, resto yang memiliki 4 cabang di wilayah Bali ini selalu mengikuti promo dan mencoba GoAds untuk memasarkan produknya. 

Menurut Heru, GoAds menjadi pilihan yang tepat untuk memasarkan produk dibanding dengan menggunakan Instagram atau Facebook yang sudah terlalu ramai. Menariknya, setelah dicoba, 2080 Burger berhasil masuk ke dalam daftar 20 besar penjualan di Bali saat ini, lho! Keren, ya?

Cara lain yang digunakan untuk melakukan promosi, yaitu dengan mengunggah foto produk melalui komunitas yang ada di Instagram dan Facebook. Beberapa komunitas Facebook tersebut yakni Uluwatu Community Group, Canggu Community Group, Bali Expat Community Group, dan komunitas lainnya. 

Setelah mengalami berbagai proses tersebut, 2080 Burger kini sukses memiliki 5 cabang, dengan 4 cabang yang berada di wilayah Bali yaitu berlokasi di Uluwatu, Canggu, Seminyak, dan Nusa Dua. Sementara itu, satu cabang lainnya berada di Jakarta, yakni di Beach City Jakarta, Ancol. Meskipun berada di Jakarta, lokasi cabang ini juga memiliki pemandangan pantai yang indah seperti layaknya di Bali. 


Keunikan Resto 2080 Burger

Memulai usaha dari sebuah festival membuat menu 2080 Burger berasal dari hasil riset dan pengembangan yang dilakukan selama 6 bulan. Heru sangat ingin membuat konsumennya merasa kagum terhadap cita rasa, kualitas, dan konsep yang ditawarkan. 

Ia juga berharap konsumen yang memesan produknya tidak merasa bosan dan menyesal meskipun harus menikmati burger setiap harinya. Hal ini diwujudkan Heru dengan cara menyediakan berbagai rasa burger tergantung dari perasaan konsumen.

Untuk konsumen yang sedang melakukan diet, resto ini juga menyediakan varian vegetarian burger dan melayani custom isi sesuai dengan selera. 

Untuk menghasilkan produk berkualitas sekaligus membangun lingkungan bisnis yang baik, 2080 Burger selalu membeli bahan baku yang berasal dari petani lokal dan UMKM kecil yang perlu dibantu dengan cara membeli produknya.

Hal ini juga sebagai salah satu dukungan untuk membantu pengusaha lainnya agar dapat berjuang bersama melewati masa sulit pandemi. Dari segi konsep, 2080 Burger ini memiliki menu burger Smoked yang dibuat dengan cara diasap selama 18 jam menggunakan arang dan daging brisket untuk menghasilkan kualitas terbaik.

Dalam mengeksplorasi ide-ide, menu burger juga akan berganti setiap 3-4 bulan sekali. Menu tersebut biasanya dihasilkan dari kombinasi ide yang belum sempat dicoba atau rasa yang mungkin belum pernah ada di Indonesia. 

Untuk berpartisipasi dalam menjaga lingkungan, kemasan dari setiap produk 2080 Burger juga dibuat dengan bahan yang eco-friendly

Sementara dari segi bisnis, Heru bersyukur restonya berhasil menduduki Top 80 Asia dalam kategori TOP Restaurants & Hotels Asis Beach City Entertainment Center. Meskipun pencapaian tersebut tidak mudah, Heru beserta 3 rekan lainnya memiliki harapan untuk membawa usaha 2080 Burger ini dapat menjadi salah satu bisnis terbaik di dunia. 


Menjaga Loyalitas Pelanggan bersama GoFood

Untuk menjaga loyalitas pelanggan, pastinya ada usaha khusus yang harus dilakukan. Beberapa kebiasaan yang diterapkan resto 2080 Burger dalam menjaga loyalitas pelanggan antara lain: 

1. Mengingat dan memberi perhatian khusus kepada pelanggan setia

Di resto 2080 Burger, setiap staf di tiap cabangnya akan dilatih untuk selalu mengingat nama pelanggan yang melakukan pemesanan melalui GoFood maupun makan di tempat.

Salah satu konsumen yang sampai saat ini menjadi pelanggan setia 2080 Burger, yaitu Mr. Max yang berasal dari Rusia. Suatu waktu Mr. Max mengalami kecelakaan yang membuat kakinya patah hingga harus dirawat di rumah sakit.

Saat mengetahui kabar tersebut melalui Instagram Story yang diunggah oleh pelanggannya, Heru memutuskan untuk mengirimkan burger untuk Mr. Max beserta istrinya selagi berada di rumah sakit. Hal ini membuat Mr. Max merasa senang. Bisa dibilang, ini adalah salah satu bentuk perhatian kepada para pelanggan setia resto. 

2. Memberikan recovery service pada pelanggan yang tidak puas

Hal lain yang juga diperhatikan oleh 2080 Burger adalah ketika terdapat pelanggan yang tidak menerima pesanan sesuai yang mereka pesan atau rasa dari produk yang disajikan terdapat kekurangan.

Untuk memberikan perhatian kepada pelanggan dengan kasus tersebut, biasanya pelayan resto akan menawarkan dan mengirimkan burger, kentang goreng, atau chicken wings sesuai keinginan pelanggan.

Layanan ini sudah berjalan selama 3 tahun sejak 2080 berdiri. Melalui pelayanan langsung kepada konsumen serta melakukan recovery service inilah yang meyakinkan Heru agar dapat terus mempertahankan kepuasan pelanggan. 

3. Membuat daftar tamu reguler

Biasanya, 2080 Burger ,encatat biodata singkat setiap tamu reguler, seperti nama, pesanan yang mereka sukai, hal yang tidak mereka sukai, dan catatan perilaku tambahan selama memesan di resto.

Seluruh catatan ini akan dibagikan di masing-masing grup cabang resto. Dengan cara ini, membuat pegawai lebih mudah mengingat nama-nama yang sering mengunjungi resto.

Pelanggan yang sering berkunjung ini juga nantinya akan berkesempatan untuk diberikan produk gratis jika terdapat menu baru. Pemberian produk gratis ini juga biasanya dibarengi dengan kartu ucapan terima kasih. 

Bagaimana, seru sekali ya perjalanan usaha 2080 Burger ini? Apakah Anda tertarik untuk menerapkan tips di atas?

Untuk tahu tips-tips lainnya dalam mengembangkan resto, yuk, gabung di Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) sekarang! Banyak materi edukasi serta kemudahan berjejaring dengan sesama pengusaha kuliner se-Indonesia, lho!

CTA Banner KOMPAG Komunitas Partner GoFood

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Kunci Sukses Jalani Promo di GoFood

Jumlah transaksi di GoFood masih naik turun? Tapi jalani promo rasanya transaksi nggak selengkapnya

Strategi Membuat Halaman GoFood yang Menarik Ala Wakil Ketua KOMPAG Jakarta

Banyaknya kompetitor dengan jenis makanan yang sama menjadi salah satu tantangan selengkapnya