GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

15 Cara Mudah untuk Mendapatkan Modal Usaha

11. Kredit Tanpa Agunan

Tren mendapatkan modal usaha tanpa jaminan memang sedang digandrungi sebagian masyarakat Indonesia. Salah satu produk yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan modal usaha tanpa jaminan adalah dengan mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA). KTA sendiri merupakan satu produk perbankan yang memberikan kemudahan Anda dalam mendapatkan kucuran dana. 

Selain tanpa agunan, KTA juga umumnya memiliki bunga yang relatif rendah, bahkan bisa mencapai hanya 1%. Dengan bunga rendah dan jangka waktu pelunasan yang lama, beberapa bank bahkan menyanggupi untuk memberi pinjaman sampai ratusan juta. Hanya saja, tetap ada proses verifikasi apakah seseorang layak untuk mendapatkan modal usaha atau tidak.

12. Modal Ventura

Modal Ventura adalah sebuah lembaga non perbankan yang bisa memberikan Anda modal usaha tanpa jaminan. Produk ini hampir sama dengan KTA, hanya saja Modal Ventura mengharuskan Anda untuk terikat pada suatu kerja sama. Bisa dibilang, basic dari sistem pinjaman ini sama seperti saham, tetapi diberikan oleh perusahaan ventura.

Modal Ventura sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu equality financing atau pembiayaan langsung, semi equality atau pinjaman sebagian, dan bagi hasil. Bagi hasil adalah sistem yang telah disepakati dari awal, berapa persen keuntungan yang akan diberikan pada pihak yang memberikan pinjaman, yaitu perusahaan ventura.

13. P2P Lending

Cara yang satu ini sudah banyak diminati masyarakat perkotaan dalam mendapatkan dana pinjaman untuk modal usaha. P2P Lending sendiri adalah singkatan dari Peer-to-Peer Lending, yang mana pihak penyedia pinjaman, Fintech Company, memungkinkan Anda mengajukan proses pinjaman secara Online. Semua proses akan dilakukan secara virtual, tanpa perlu tatap muka. 

Dari mana Fintech Company mendapatkan dana untuk dipinjamkan? Mereka adalah sebuah wadah bagi pemilik modal yang mana seseorang dapat menggunakan dana tersebut. Jumlah pinjamannya pun variatif. Hanya saja, ada risiko besar yang harus ditanggung jika Anda terlambat membayar angsurannya. 

Hal terpenting sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan cara yang satu ini adalah memerhatikan apakah platform P2P Lending tersebut telah tersertifikasi oleh pemerintah.

14. Cari Investor

Jika Anda tidak mau terlibat dalam perjanjian dengan pihak ketiga yang menyalurkan dana dari investor, Anda bisa mencari sendiri investor tersebut. Belakangan ini, muncul istilah angel investor atau investor malaikat, yaitu seseorang dengan banyak uang yang berkenan menginvestasikan beberapa dananya pada usaha seseorang. 

Anda bisa mendapatkan modal usaha dari angel investor ini tanpa perlu ada pihak perantara atau pihak ketiga. Tetap saja, selalu ada hitam di atas putih sebelum pinjaman dana diberikan. 

15. Modal dari Konsumen

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha adalah memanfaatkan konsumen. Anda bisa mengambil modal dari konsumen. Ada banyak jenis usaha yang bisa memungkinkan Anda mengambil modal darinya. 

Salah satu yang marak dilakukan adalah jenis usaha dengan sistem pre-order. Anda akan menerima uang muka sebelum memproses transaksi itu. Cara ini terbilang cukup efektif untuk mendapatkan modal usaha yang cepat. Hanya saja, Anda diharuskan tetap bekerja secara profesional, dan menjaga kepercayaan mereka.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya