GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

15 Cara Mudah untuk Mendapatkan Modal Usaha

Modal adalah komponen utama yang harus dimiliki sebelum memulai sebuah bidang usaha. Tak sedikit orang yang kebingungan mendapatkan modal, meski telah merancang konsep usaha yang akan dirintis.

Padahal, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal, termasuk modal usaha tanpa jaminan. Simak 15 cara berikut untuk mendapatkan modal usaha.

Sedang Mencari Modal Usaha?

1. Modal Usaha dari Bank

Cara yang satu ini sudah banyak dilakukan oleh sebagian besar orang. Bukan tanpa alasan, modal dari bank pada umumnya sangat mudah untuk didapatkan, serta tidak membutuhkan proses yang lama.

Tidak hanya itu, saat ini, sudah banyak bank yang menyediakan program pinjaman untuk mendirikan usaha. Hanya saja, tidak semua orang bisa mengajukan pinjaman kepada bank untuk mendapatkan modal. Hanya beberapa orang yang telah terverifikasi saja yang akan mendapatkan kucuran pinjaman dana. 

2. Modal dari Keluarga

Cara selanjutnya yang bisa dicoba untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan meminjam dana kepada sanak saudara atau kerabat. Cara ini banyak ditempuh beberapa orang, karena memungkinkannya untuk mendapat modal usaha tanpa jaminan.

Berbeda dengan pinjaman di bank, Anda bisa mulai menjalin komunikasi yang intens dengan kerabat untuk mendapatkan dana pinjaman. Modal dari keluarga pada umumnya bebas dari bunga, sehingga tidak akan memberatkan. Yang penting, tetap kembalikan dana yang telah dipinjam sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati.

3. Penggalangan Dana 

Mendapatkan modal dengan penggalangan dana, apakah bisa? Nyatanya, hidup di era serba teknologi memungkinkan semuanya bisa terlaksana. Penggalangan dana, atau yang lebih populer dengan istilah crowdfunding, sudah umum dilakukan di kota-kota besar.

Sudah ada banyak platform yang telah menjadi wadah bagi pengusaha muda dalam mendapatkan modal usahanya. Crowdfunding sendiri akan menghubungkan Anda dengan orang yang mau memberikan dana investasinya kepada Anda. Hanya saja, tetap ada perhitungan setelah proses berlangsung. Misalnya, tentang pembagian untung.

4. Menjual Aset

Terdengar serius, tapi memang itulah faktanya. Anda bisa mendapatkan modal usaha tanpa jaminan dengan menjual aset yang dimiliki. Aset adalah barang atau sesuatu yang Anda miliki. Misalnya, motor, mobil, perhiasan, perabotan, dan lain sebagainya. Anda dapat menjual motor, mobil, atau perhiasan, untuk mendapatkan modal agar bisa menjalankan sebuah usaha kecil. 

Meski terdengar mudah, Anda tidak bisa serta merta menjual aset yang dimiliki. Pikirkan tentang untung rugi dari penjualan aset tersebut, lalu bandingkan potensi atau peluang usaha yang akan dijalankan.

5. Menggadaikan Aset

Jika Anda tidak mau untuk menjual aset yang dimiliki, cara lain yang bisa Anda lakukan dengan barang-barang Anda adalah dengan menggadaikannya. Anda bisa menggadaikan aset atau barang kepada pihak ketiga untuk mendapatkan modal.

Meski cara ini dapat mendatangkan modal, tapi mungkin jumlahnya tidak terlalu banyak. Menggadaikan barang yang dimiliki itu artinya Anda harus siap dengan segala risikonya. Jika Anda tidak berhasil menebus aset yang telah digadaikan dalam jangka waktu tertentu, bukan tidak mungkin Anda akan kehilangan barang berharga kesayangan Anda. 

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya