GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Cara Memulai Bisnis Rumahan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan bulan baik untuk memulai bisnis. Cara memulai bisnis rumahan di bulan Ramadhan juga sangat mudah. Siapa pun bisa mencoba, baik bagi Anda yang masih anak sekolah, mahasiswa, ibu rumah tangga, bahkan pegawai sekali pun. 

Berbagai cara memulai bisnis rumahan berikut bisa Anda coba untuk menambah kegiatan di bulan Ramadhan atau untuk mencari pengalaman berbisnis.


Sebelum Mengetahui Cara Memulai Bisnis Rumahan di Bulan Ramadhan, Ketahui apa itu Bisnis Rumahan?

Bisnis rumahan adalah usaha atau bisnis kecil-kecilan yang dimulai dari rumah. Produksi dan semuanya dilakukan dari rumah, baik oleh diri sendiri maupun bersama keluarga dan pegawai. Usaha rumahan yang bisa dilakukan ada berbagai macam, mulai dari jualan makanan, minuman, jasa, dan lain sebagainya.

Kebanyakan bisnis rumahan dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk menambah pemasukan. Namun, kini bisnis rumahan tidak hanya untuk ibu-ibu saja, lho. Siapa pun bisa mulai berjualan makanan, seperti kue, jajanan, minuman, dan baju. Tidak ada salahnya menambah pemasukan dari segala arah. Lalu apa manfaat dan bagaimana cara memulai bisnis rumahan di bulan Ramadhan ini? 


Manfaat Bisnis Rumahan

Cara Memulai Bisnis Rumahan di Bulan Ramadhan

Bisnis rumahan bisa menjadi sumber pemasukan tambahan maupun yang utama. Meskipun sebagai sampingan, bisnis rumahan bisa menghasilkan pemasukan yang sama, bahkan melebihi penghasilan utama Anda, apalagi jika ditekuni dan dilakukan dengan serius. 

Selain menjadi sumber pendapatan, bisnis rumahan juga bisa menjadi pengisi waktu luang saat libur panjang. Daripada hanya rebahan dan scroll media sosial, Anda bisa jadi lebih produktif dengan menjalankan bisnis rumahan. 

Baca juga: 5 Tips Membangun Relasi di Komunitas Bisnis Online


Cara Memulai Bisnis Rumahan di Bulan Ramadhan

Berikut ini berbagai cara memulai bisnis rumahan yang bisa Anda terapkan. Selain menambah penghasilan, proses berbisnis ini juga bisa menjadi salah satu pengalaman tak terlupakan selama bulan puasa, lho.

1. Cari dukungan keluarga

Cara Memulai Bisnis Rumahan di Bulan Ramadhan

Cara memulai bisnis rumahan yang pertama adalah dengan mencari dukungan dari keluarga agar bisnis Anda lebih lancar dan berkah. Dukungan keluarga juga bisa menjadi salah satu motivasi terbaik untuk menjalankan bisnis setiap hari. Bisnis rumahan yang dijalankan pun menjadi lebih menyenangkan dan mudah dilakukan. Keluarga tentunya juga akan membantu ketika bisnis sedang sulit, baik dukungan secara material maupun emosional. 

2. Cara Memulai Bisnis Rumahan di Bulan Ramadhan yang Penting adalah Siapkan modal

Berikutnya, persiapkan bisnis matang-matang, mulai dari rencana menjalankan bisnis hingga modal pertama. Perhitungkan baik-baik, berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk jangka waktu tertentu. Kemudian, bagaimana perputaran uang modal dan keuntungan akan berjalan. Pastikan memiliki buku catatan khusus terkait modal dan penghasilan. Kebanyakan pengusaha atau pebisnis gagal karena tidak memahami hal ini. Jadi, siapkan modal yang cukup dan uang cadangan untuk berjaga-jaga. 

Baca juga: 7 Tips Bisnis Frozen Food Online & Rincian Modalnya

3. Tentukan jenis usahanya

Dengan sejumlah modal yang dimiliki, tentukan jenis usaha rumahan yang sesuai bagi Anda. Menentukan jenis usaha merupakan salah satu cara memulai bisnis rumahan yang paling penting. 

Ketahui kebutuhan masyarakat di bulan Ramadhan dan pilihlah salah satunya untuk dijadikan usaha. Sebagai contoh, Anda bisa menjual takjil karena di lingkungan rumah banyak orang berpuasa, tapi minim penjual takjil.

4. Maksimalkan dengan media sosial

Cara Memulai Bisnis Rumahan di Bulan Ramadhan

Cara memulai bisnis rumahan di bulan Ramadhan berikutnya adalah dengan memaksimalkan penjualan Anda lewat promosi di media sosial. Buat posting-an secara rutin baik di story, reels, video, maupun foto. 

Semakin sering bisnis dan produk muncul di timeline, semakin banyak orang yang mengetahui dan akhirnya membeli. Berikan update setiap hari agar pelanggan lebih familiar dan tahu kelebihannya.

Baca juga: 15 Bisnis Makanan Online & 7 Tips Menjalankannya

5. Daftarkan di GoFood agar lebih laris

Terakhir, bagi yang memilih menjual makanan sebagai cara memulai bisnis rumahan di bulan Ramadhan, wajib mendaftarkannya di GoFood. Cara daftar GoFood sendiri sangat mudah, Anda hanya perlu download GoBiz, ikuti alur pendaftarannya, dan bisa langsung jual secara online

Menjual makanan di GoFood dapat memudahkan Anda dalam menghitung penjualan harian karena terintegrasi dengan GoKasir. Perkembangan bisnis, pemasukan dan menu terbaik bisa Anda lihat dari data di GoKasir. 


Segera coba cara memulai bisnis rumahan di bulan Ramadhan di atas. Daftarkan juga bisnis makanan atau minuman ke GoFood untuk memudahkan penghitungan penjualan, pemasukan, dan berbagai menu favorit. Mulai bisnis rumahan sekarang dan buat bulan Ramadhan lebih berkesan dan produktif dengan mendapatkan penghasilan tambahan!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Kripik Balado Shirley, Oleh-oleh Khas Padang yang Mendunia

Bicara soal oleh-oleh khas Padang, pasti tak lengkap tanpa Kripik Balado Shirley. Snack selengkapnya

Ide Bisnis Unik Anti Mainstream Saat Puasa, Potensi Untung!

Ingin memanfaatkan bulan puasa untuk mendapatkan keuntungan maksimal lewat ide bisnis selengkapnya