GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Tips dan Cara Membuat Es Pisang Coklat untuk Dijual

Cara membuat es pisang coklat untuk dijual ternyata tidaklah sulit seperti anggapan banyak orang. Camilan khas sekolah ini sangat diminati oleh orang Indonesia.

Selain enak dan menyegarkan, es pisang coklat juga bernutrisi karena mengandung buah pisang yang kaya akan potassium, serat, dan zat besi yang baik untuk kesehatan.

Jika Anda lagi mencari ide usaha kuliner yang baru, maka cara membuat es pisang untuk dijual bisa jadi inspirasi bagi Anda. Berikut ulasan selengkapnya untuk Anda. 

Menu Es Pisang Coklat yang Enak

Selain cara membuat es pisang coklat untuk dijual versi original, sebenarnya ada beberapa variasi menu atau rasa lainnya yang juga tidak kalah enak dan disukai pembeli.

Mulai dari es pisang coklat dengan taburan topping wafer teh hijau, kismis, kacang, hingga es pisang yang dibuat dengan lelehan coklat warna-warni.

Dengan menggunakan beberapa pilihan rasa ini, pembeli pun jadi semakin tertarik untuk mencoba semua rasa yang ada. Selain beberapa pilihan varian rasa yang tadi disebutkan, Anda juga bisa memodifikasi sendiri varian rasa es pisang coklat versi Anda.

Semakin unik menunya, pastinya akan semakin baik. Bukan tidak mungkin usaha es pisang coklat Anda jadi viral di media sosial berkat menu yang tidak biasa, lho


Resep Es Pisang Coklat

Tips dan Cara Membuat Es Pisang Coklat untuk Dijual

Sebelum memodifikasi rasa menjadi beberapa pilihan varian es pisang coklat, Anda bisa mencoba dulu cara membuat es pisang coklat untuk dijual. Bahan-bahan serta cara membuatnya tidak sulit, berikut resepnya yang bisa Anda coba.

Bahan-Bahan:

  • 6 buah pisang Ambon
  • 50 gram coklat bubuk
  • 50 gram margarin
  • 100 gram gula pasir
  • Stik es krim/tusuk sate

cara Membuat Es Pisang Coklat untuk Dijual:

  • Blender gula pasir, bubuk coklat, dan sedikit air. Sisihkan sampai terbentuk adonan halus.
  • Kupas pisang, belah memanjang jadi dua. Tusuk masing-masing belahan pisang dengan stik.
  • Masukkan pisang ke dalam freezer. Tunggu hingga 1 jam.
  • Sementara menunggu, panaskan wajan lalu masukkan margarin hingga meleleh. Tuang cairan coklat yang sudah diblender tadi. Aduk sampai kental, lalu biarkan hingga dingin.
  • Ambil pisang beku lalu celupkan ke dalam adonan coklat yang sudah dingin. Kemudian, masukkan kembali ke dalam freezer. Es pisang coklat siap disantap saat masih dingin dan renyah.

Perhitungan Modal dan Untung

Dilihat dari resepnya saja sudah sangat menggiurkan, ya? Sekarang, mari kita hitung modal serta keuntungan dari cara membuat es pisang coklat untuk dijual ini. Seperti ini kira-kira perhitungannya.

Biaya peralatanJumlahHarga Total
Blender1 buahRp350.000
Wadah penyimpanan2 buahRp70.000
TotalRp420.000

Biaya peralatanJumlahHarga Total
Blender1 buahRp350.000
Wadah penyimpanan2 buahRp70.000
TotalRp420.000
Biaya bahan (operasional)JumlahHarga Total
Stik es krim100 buahRp50.000
Pisang ambon5kgRp100.000
Coklat bubuk3 kgRp280.000
Gula pasir2 kgRp25.000
Margarin1 kgRp20.000
Air2 galonRp30.000
Teh hijau bubuk1 kgRp50.000
Kismis½ kgRp50.000
Kacang tabur½ kgRp30.000
Coklat putih1 kgRp60.000
TotalRp695.000

Dari perhitungan di atas, total modal awal mencapai angka Rp1.115.000. Apabila satu potong es pisang coklat dijual dengan harga Rp10.000, maka untuk 100 stik es yang terjual dalam sebulan, Anda bisa memperoleh pemasukan sebesar Rp1.000.000.

Ini berarti laba bersih per bulannya sekitar Rp305.000. Dalam tiga bulan saja, Anda sudah bisa balik modal dan meraup untung.


Tips Jualan Es Pisang Coklat

Setelah tahu cara membuat es pisang coklat untuk dijual serta perhitungan modal awal dan keuntungannya, satu hal lagi yang Anda butuhkan adalah beberapa tips untuk berjualan es pisang coklat.

Salah satu tips penting yang tidak boleh terlupa adalah mengkreasikan varian rasa es pisang coklat versi Anda sendiri. 

Tips lainnya, Anda bisa membuat bundle atau paket hemat. Biasanya konsumen lebih suka membeli lebih dari satu stik es, sebagian besar lebih suka menyantapnya bersama teman dan keluarga.

Nah, Anda bisa menawarkan paket es pisang coklat dengan gratis minuman kekinian atau satu box isi 5 es pisang coklat dengan harga yang lebih murah. Ini bisa membantu meningkatkan pembelian dan profit usaha Anda.

Terakhir, tips yang wajib dilakukan adalah memastikan usaha es pisang coklat ini adalah memiliki layanan pesan antar online. Bagaimana caranya?Gampang, yuk daftar GoFood sekarang juga!

Dengan begini, pembeli juga dipermudah untuk membeli es pisang coklat yang Anda jual. Termasuk memilih menu paket dan mendapatkan harga promo. Tinggal klik, es pisang coklat pesanan pun bisa sampai ke rumah pembeli. Selamat mencoba!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tips dan Cara Membuat Pisang Crispy untuk Dijual Online

Pisang goreng yang gurih dan kriuk saat digigit adalah jajanan yang enak disantap kapan selengkapnya

Apa Perbedaan UKM dan UMKM?

UKM dan UMKM merupakan dua badan usaha yang mempunyai peranan penting dalam membangun selengkapnya