GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Bongkar Alasan Kang Tipu Selalu Minta Kode OTP, Pahami agar Jangan Sampai Ketipu!

Selayaknya kasus begal motor yang mencuri motor korban, begal akun GoBiz juga marak dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Pada kasus begal akun GoBiz, biasanya Kang Tipu akan meminta kode OTP sebagai kunci untuk mengambil alih akun GoBiz korban. 

Bagi Anda yang masih belum familiar, Kode OTP merupakan kode keamanan RAHASIA sekali pakai yang digunakan untuk verifikasi saat login atau saat melakukan transaksi tertentu. Kode OTP menandakan bahwa transaksi atau login tersebut dilakukan dan diketahui oleh pemilik akun. 

Fakta di lapangan menunjukkan ada banyak modus kejahatan yang bermula dari kode OTP. Beragam cara biasanya dilakukan Kang Tipu untuk mendapatkan kode OTP, seperti melalui WhatsApp, telepon, dan lainnya.

Di sisi lain, bisa jadi  Kang Tipu akan menyamar menjadi pihak GoBiz agar dapat mengelabui Anda. Namun sebenarnya, apa alasan Kang Tipu selalu meminta Kode OTP? Apa yang bisa dilakukan Kang Tipu dengan Kode OTP?


Bongkar Alasan Kang Tipu Selalu Minta Kode OTP, Pahami agar Jangan Sampai Ketipu!

1. Kode OTP dapat Digunakan untuk Mengambil Alih Akun GoBiz

Kode OTP merupakan kunci masuk untuk dapat mengakses akun GoBiz. Dengan Kang Tipu memiliki kode OTP Anda, Kang Tipu mendapatkan akses untuk mengetahui semua informasi dan mengambil alih kepemilikan dari akun tersebut. 

2. Membuka Akses untuk Menarik Semua Uang di Akun GoBiz

Setelah mendapatkan akses untuk mengambil alih akun, Kang Tipu jadi punya kesempatan untuk menarik semua saldo uang yang terdapat dalam akun GoBiz Anda. Bahkan pada beberapa kasus, korban harus kehilangan semua saldo hingga beberapa kali karena akses yang Kang Tipu telah miliki. Tak mau hal ini terjadi pada Anda, kan?

3. Mendapatkan Kesempatan untuk Mengubah Informasi pada Akun GoBiz

Tak sampai di situ saja, Kang Tipu juga jadi memiliki kesempatan untuk mengubah informasi dalam akun GoBiz. Misalnya, Kang Tipu mengubah nomor rekening tujuan pencairan pendapatan sehingga setiap kali Anda mengajukan pencairan dana, akan ditransfer.dialihkan ke akun bank Kang Tipu. 

Kang Tipu juga dapat mengganti kategori “Menu” menjadi formulir palsu untuk mengumpulkan data pribadi seperti nomor rekening, nomor kartu ATM, CVV, dan lainnya. Informasi ini kemudian akan digunakan untuk menarik uang lebih banyak lagi dari akun bank Anda. 

4. Menggunakan Informasi di Akun GoBiz untuk Mengancam sesuai Kebutuhan Kang Tipu

Dengan semua akses informasi di akun Anda, Kang Tipu jadi punya alasan untuk mengancam Anda. Pada salah satu modus penipuan, ia  mengganti nama akun toko dengan tulisan “Akun Dinonaktifkan Sementara” sehingga Kang Tipu dapat mengancam korban untuk membayar sejumlah uang, walaupun sebenarnya akun tersebut TIDAK dinonaktifkan.  

Sekarang, sudah tahu betapa pentingnya menjaga kerahasiaan data pribadi, termasuk Kode OTP Anda, kan? Oleh karena itu, pastikan Anda tidak membagikan kode OTP kepada siapa pun juga, ya!


Lakukan 5 Hal Ini Jika Telanjur Membagikan Kode OTP

Mitra Usaha tak perlu khawatir. Jika Anda telanjur mengalami kejadian tersebut atau mendengar pemilik usaha lain mengalami hal serupa, segera lakukan 4 hal ini.

  1. Segera laporkan melalui gjk.id/LaporPenipuan atau klik menu “Bantuan” di halaman “Lainnya” pada aplikasi GoBiz. Laporan Anda akan digunakan tim GoBiz untuk mencatat kejadian tersebut dan menindaklanjuti pelaku.
  2. Ganti password akun GoBiz Anda agar akun tidak dapat diakses kembali oleh Kang Tipu.
  3. Pastikan kembali detail penting di akun GoBiz Anda tidak ada yang berubah. Biasanya, informasi yang kerap kali berubah adalah nomor rekening tujuan pencairan pendapatan, nama resto, menu, dan lainnya. Jika ada perubahan, segera sesuaikan dengan data yang tepat.
  4. Hati-hati dengan formulir bodong! Pastikan Anda tidak mengisi data pribadi penting seperti 16 digit nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, kode PIN dalam aplikasi, ya!
    5. Terakhir, selalu terapkan JAGA di mana pun dan kapan pun, ya!
J: Jangan transfer uang ke siapa pun.
A: Amankan data usaha & data pribadi, seperti kode OTP, 16 digit nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, kode PIN, dll.
G: Gunakan fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda.
A: Adukan hal mencurigakan lewat menu Bantuan di halaman Lainnya pada aplikasi GoBiz.

Ikuti juga sesi IG Live JAGA setiap bulannya di @gobizindonesia dan selalu terapkan JAGA agar usaha Anda senantiasa #AmanBersamaGojek!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Resume adalah: Pengertian, Tips Membuat, dan Contohnya

Resume adalah salah satu dokumen yang dibutuhkan saat melamar pekerjaan. Ketika Anda selengkapnya

15 Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha, Sudah Tahu?

15 Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha – Memulai usaha selengkapnya