Pusat Pengetahuan

30 Bisnis Waralaba yang Menjanjikan & Kekinian

Bisnis waralaba di Indonesia kini seolah menjadi ladang usaha baru bagi masyarakat. Ini karena bisnis waralaba tidak membutuhkan modal yang cukup besar dan keuntungannya pun dirasa cukup tinggi.

Waralaba sendiri baru populer di tanah air ketika memasuki dekade 1990-an, yang ditandai dengan kemunculan department store dan bisnis makanan cepat saji.

International Franchise Association (IFA) mengartikan waralaba sebagai hubungan kontrak di antara franchisor dengan franchiseeFranchisor ini memiliki kewajiban menjaga kepentingannya secara berkelanjutan untuk usaha yang dijalankan franchisee. 

Contohnya melalui pelatihan, pengelolaan, dan segala hal yang berkaitan dengan proses operasional bisnis waralaba. Franchise ini akan menanamkan investasinya terhadap usaha tersebut melalui sumber dananya sendiri.

Waralaba tersebut ada yang bergerak di bidang kuliner maupun non-kuliner seperti jasa dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Contoh Ide Waralaba Makanan dan Minuman

Bisnis waralaba bidang makanan dan minuman banyak dipilih oleh masyarakat karena modalnya yang tidak begitu besar dan memiliki keuntungan timbal balik yang menjanjikan. Ada beberapa bisnis waralaba dalam bidang makanan dan minuman yang bisa dicoba, yaitu:

1. Teh Tongji

Teh Tongji bisa dibilang sebagai bisnis waralaba yang sukses di Indonesia dengan menjual produk utama berupa teh. Ada beberapa modifikasi teh Tongji dengan varian rasa menarik dan bisa ditemukan di beberapa lokasi strategis.

Untuk membuka waralaba ini memang tidak begitu besar modalnya. Penjualan satu cup Tongji biasanya dibanderol mulai Rp5.000. Apabila Anda akan bergabung dengan kemitraan ini, maka di tiap booth-nya akan dibekali dengan 1.000 cup yang bisa Anda tawarkan.

2. Bubble Tea

Selain Tongji yang beraneka ragam rasa, modifikasi teh kini mulai berkembang. Salah satunya adalah bubble teaBubble ini adalah sebuah butiran tapioka dengan varian rasa tertentu seperti rasa buah, cokelat, hingga kopi.

Memulai usaha bubble tea pun tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Tersedia paket modal sebesar Rp3.500.000 untuk paket lengkap dengan booth. Sedangkan jika tanpa booth hanya Rp2.700.000 saja dan untuk harga satu cup minumannya bervariasi, mulai Rp6.000 hingga Rp10.000.

3. Kedai Kopi

Berbicara mengenai bisnis waralaba minuman, kedai kopi juga marak dipilih masyarakat dan mampu mendatangkan omzet yang tentu tidak sedikit. Di sini kita bisa ambil contohnya adalah Semerbak Coffe.

Jika Anda tertarik ingin membuka bisnis waralaba ini, paket yang bisa dipilih mulai dari Rp9.500.000 saja. Anda harus membayar DP terlebih dahulu sebesar 70% atau Rp6 juta maupun langsung dengan pelunasan.

4. Bisnis Kebab

Meski kebab merupakan makanan khas Timur Tengah, masyarakat Indonesia mulai menyukainya dan menjadi salah satu makanan favorit yang harus dicoba. Maka dari itu, tidaklah mengherankan jika bisnis waralaba kebab menjadi menjamur saat ini.

Sebut saja seperti merek Kebab Baba Rafi yang memiliki gerai di beberapa kota tanah air. Harga untuk memulai usaha waralaba kebab memang bervariasi. Paket yang paling murah adalah Rp3.000.000.

5. Donat Bakar (Dokar)

Berikutnya adalah bisnis waralaba Donat Bakar atau yang biasa dikenal dengan sebutan Dokar. Bisnis yang diprakarsai oleh Iwan Chrismanto ini mulai berdiri pada tahun 2008 lalu.

Perkembangan bisnis ini cukup pesat, bahkan kini sudah ada 66 cabang di seluruh Indonesia. Bisnis waralaba ini bisa Anda coba dengan modal mulai dari Rp7.500.000 hingga Rp9.300.000. Sedangkan untuk perhitungan satuan harga donatnya, satu buah sekitar Rp1.500 hingga Rp3.000. Hal tersebut tergantung pada topping yang dipilih pelanggan.

Read more about:

1 2 3 4 5 6

Artikel Terkait

6 Prediksi Ide Bisnis Kuliner Potensial untuk Tahun 2020

Dalam membangun sebuah bisnis kuliner, pengetahuan akan tren yang sedang berlangsung selengkapnya

Manisnya Peluang Tren Bisnis Minuman Boba

Tren kuliner terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Tahun ini, kuliner di selengkapnya